Wednesday, January 3, 2018

Bersendiri Bertahun-tahun

awet hidup tak berwarna
hitam kamar membutakan pesona
kapan jadi purba?

Anggap saja itu sebuah sajak dari penyair yang tak termasyhur, atau sebuah sajak dari seseorang yang mengalami penderitaan batin demikian, sampai ia bertanya. "Kapan jadi purba?"

Aku pikir ia: seorang laki-laki. Yang mengalami tekanan hidup, berkenaan dengan perempuan. "Warna" dan "hitam" dan "kamar" tampak jelas seperti menyinggung ketiadaan perempuan, dalam jangka waktu yang lama. Kelihatannya: bersendiri bertahun-tahun.

Pemakaian "Membutakan pesona" seperti memberi tahu: telah melebihi masa seharusnya bermain cinta. Di atas 30 tahun, atau di bawah 35 tahun, di antara usia itu. Dalam antara usia itu, ia tampak belum pernah menikmati surga sentuhan wanita (hingga persetubuhan), sementara di dunia tempat ia hidup: barangkali sebagian besar laki-laki sudah pernah merasakan itu dengan cara sebelumnya berhasil meminang seorang istri (ambil ideal). Di sini kita bisa ambil radikal, bahwa ia: laki-laki tak laku-laku. Mengenai bertahun-tahun, waktu yang lama itu ia memakai satu kata ini: awet.

Hadirnya "kamar" di sana, seperti ada penekanan, barangkali tentang sebuah kehidupan di dalam kamar, tampaknya ada sesuatu di dalam kamar. Barangkali ia: laki-laki kamar. Atau terangnya: laki-laki kamar yang bagai tersudutkan dunia sekaligus ingin menaklukan dunia itu. Seperti mengasingkan diri, atau diasingkan dunia. Sehingga "kamar" itu menjadi sebuah kehidupan sehari-hari yang ia jalani. Jika ia bisa tetap bertahan hidup, pasti ada kekuatan mimpi di dalamnya, harapan yang memberi energi kepadanya. Sajak itu sendiri ditemukan pada tahun 2017, di zaman ini tak menutup kemungkinan, sebuah kamar bisa jadi sebuah kantor.

Kesepian hidup yang ia jalani, tampaknya terasa menyayat ketika malam jumat, dengan bumbu yang menggelitik ini: malam jumat adalah malam sunah rosul. Itu ia gambarkan di sepenggal sajak berikutnya ini:   

cabar hati tiada betina yang meronai
jadi sepi
akulah jantan yang muram
di kamar hitam

#Haha :D

Silakan baca juga ini: Senyuman Manis Perempuan di Kosan Seberang.

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon