Tuesday, July 11, 2017

Roma mencari bek kiri dalam bayang-bayang

Emerson Palmieri bek kiri roma cedera
Image by Il Messaggero - Sport
Kalau ini sebuah novella, maka judulnya bisa saja ini For Roma Left Back of Shadows, sebab pencarian bek kiri ini masih dalam bayang-bayang, Roma masih terlihat meraba-raba, siapakah wakil Emerson Palmieri (yang masih cedera) di pos ini setelah kuat kepergian Mario Rui ke Napoli. Di samping bayangan akan bek tengah Juan Jesus (dan juga bek tengah Hector Moreno) bisa ditempatkan sebagai bek kiri. Namun tepat, atas situasi ini, Roma memang perlu mencari bek kiri murni satu lagi.

Aku pernah membaca nama-nama ini sebagai pemain incaran AS Roma di pos bek kiri. Ada Adam Masina bek kiri Bologna. Ada Arthur Masuaku bek kiri West Ham. Ada Juan Bernat bek kiri Bayern Munich. Ada Jose Gaya bek kiri Valencia. Itu kabar kudengar ketika Mario Rui masih galau bila tidak main di Roma kira-kira mau main di mana. Sementara saat Mario Rui sudah mengetahui kira-kira ia akan main di mana yaitu kuat kemungkinan bermain di Napoli setelah terlihat bagai tidak masuk dalam rencana Roma dalam arahan pelatih Di Francesco. Barulah muncul nama-nama lain di pos bek kiri sebagai pemain incaran AS Roma, seperti ada Alberto Moreno (serius sempat kubaca juga ia digosipkan diincar Roma, komunikasi tercipta konon saat Roma dan Liverpool sedang membicarakan transfer Mohamed Salah), ada Jonny Castro bek kiri Celta Vigo, ada Yannick Gerhardt bek kiri Wolfsburg, dan ada Konstantinos Stafylidis bek kiri FC Augsburg.

Bisa jadi masih ada nama-nama lain yang belum kusebutkan sebagai pemain incaran AS Roma untuk pos bek kiri yang terbaca dalam pemberitaan media-media, dan tapi paling tidak sudah ditemukan sebuah gambaran mengenai bayang-bayang bahwa manajeman Roma memang sedang dalam rangka pencarian pemain untuk profil bek kiri.

Dalam bayanganku, tetap bahwa Emerson Palmieri adalah pemain utama untuk pos bek kiri Roma. Sehingga yang menjadi target Roma untuk pos bek kiri ini adalah sebagai bayang-bayang Emerson Palmieri. Bagaimana Emerson Palmieri memainkan sepakbola di Roma, begitulah juga gambaran umumnya untuk profil bek kiri yang sedang diincar oleh manajeman Roma, dan sebagai bayang-bayangnya adalah nama-nama bek kiri yang tadi kusebutkan.

Beginilah yang terbayang olehku mengenai gambaran bagaimana Emerson Palmieri bermain bola: Offensive Fullback yang mengandung arti bek kiri yang rajin membantu serangan (untuk nama-nama bek kiri yang sebagai bayang-bayang hampir semuanya memang termasuk tipe pemain seperti ini), lalu Early Cross yang mengandung arti mempunyai kecenderungan untuk memberikan umpan (dalam hal ini umpan silang dari sayap kiri), lalu punya kecepatan (yang walaupun tidak cepat-cepat amat).

Jika kemudian, yang menjadi bayangannya adalah sosok yang paling bagus dalam hal memberikan umpan (dalam hal ini berarti keahlian Early Cross), maka nama-nama yang telah kutuliskan itu menjadi mengerucut: ada Arthur Masuaku bek kiri West Ham, dan ada Jose Gaya bek kiri Valencia, dan ada Konstantinos Stafylidis bek kiri FC Augsburg. Inilah yang menjadi bayang-bayang untuk pos bek kiri sebagai bayang-bayang Emerson Palmieri--paling tidak menurut pengamatanku yang bukan pengamat bola profesional namun sebagai penggemar AS Roma yang memang suka nonton bola. Dan aku sebagai itu, aku membayang bahwa, mengamati situasi, sepertinya akan bagus (ini karena menimbang harga beli) bila yang menjadi bayang-bayang Emerson Palmieri di pos bek kiri Roma adalah Konstantinos Stafylidis bek kiri FC Augsburg (yang membaca juga kenyataan bahwa Konstantinos Stafylidis, ditulis namanya sebagai Kostas Stafylidis, itu artinya benar bahwa aku kemudian membayang akan tercipta DUO KOSTAS di Roma).

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon