Sunday, July 9, 2017

Carlos Vela boleh juga sebagai penyerang sayap kanan dan penyerang murni

Aku membayang ada yang nanya kepadaku. "Bagaimana dengan Carlos Vela?" Ia bertanya karena ia tahu bahwa saat ini Carlos Vela masuk ke dalam salah satu pemain incaran AS Roma. "Apakah setuju sebagai pengganti Mohamed Salah di Roma?"

Carlos Vela memang nama yang tidak asing di kepalaku, sepengetahuanku ia pernah berseragam Arsenal, dan mengalami kerutinan bermain di karir senior bersama timnya saat ini Real Sociedad, secara yang terlintas dalam pikiranku demikian adanya, selain pula seingatku ia merupakan penyerang yang cukup lincah atau gesit. Tapi sebentar, mungkin anda bertanya-tanya terlebih dahulu, siapakah kira-kira yang bertanya, kuberitahu saja namanya sebagai Rukmini--perempuan yang dalam bayanganku serupa dengan presenter cantik di televisi dan atau yang membawakan acara kuisnya sebelum pertandingan sepakbola dimulai. Jadi jawabanku untuk pertanyaan Rukmini itu, singkat saja. "Boleh juga."

Karena Rukmini yang nanya, sehingga aku jadi kepikiran untuk tahu lebih luas mengenai Carlos Vela yang menjadi pemain incaran AS Roma. Setidaknya dari sisi bagaimana seorang Carlos Vela memainkan sepakbola, walaupun dalam bentuk gambaran sekilas-sekilas, setidaknya jawabanku disertai alasannya kenapa aku bisa sampai menjawab: Carlos Vela boleh juga untuk AS Roma.

Menurut sudut pandangku. Jika disangkut pautkan dengan pemain incaran AS Roma di dalam rangka mencari pengganti Mohamed Salah di pos penyerang sayap kanan dan mencari wakil Edin Dzeko di pos penyerang murni, maka Carlos Vela tak ubahnya pemain incaran AS Roma lainya dalam diri Defrel Sassuolo dan Muriel Sampdoria. Ia bisa dijadikan sebagai penyerang sayap, pun bisa dijadikan sebagai penyerang murni, bedanya adalah kalau Defrel serta Muriel yang menjadi posisi murninya adalah sebagai penyerang murni, sementara Carlos Vela yang menjadi posisi murninya adalah sebagai penyerang sayap kanan. Sehingga akan lebih tepat bila menyebut bahwa profil Carlos Vela adalah untuk pos yang ditinggalkan oleh Mohamed Salah, namun disertai keuntungan bisa pula dijadikan sebagai wakil Edin Dzeko--ini kalimatnya seperti bertele-tele ya tetapi mesti ingat bahwa di sini aku sedang berpura-pura menjelaskan ini kepada Rukmini.

Sebagai seorang penyerang sayap kanan, Carlos Vela termasuk lincah juga, terlihat punya teknik dan kecepatan. Menjadi menarik, jika disangkut pautkan dengan Roma arahan pelatih Di Francesco, aku berani memastikan kalau Carlos Vela merupakan pemain kaki terbalik, jika dimainkan di posisi murninya sebagai penyerang sayap kanan maka ia akan menjelma menjadi pemain kidal di sebelah kanan, bukannya apa-apa karakter pemain seperti ini, sebagaimana kutahu dari baca-baca, adalah sesuai dengan gaya serang arahan pelatih Di Francesco. Dan apabila, kucoba membayang bagaimana pemainan Mohamed Salah, paling tidak satu gaya saja, yaitu gaya main ini: penyerang sayap yang tiba-tiba masuk ke dalam celah di antara barisan pertahanan lawan untuk menyambut umpan lambung terobosan dari tengah menuju jantung pertahanan lawan, dibarengi dengan kecepatan berlari tingkat tinggi untuk kemudian tinggal berhadap-hadapan dengan kiper lawan dan lantas mensonteknya bagai sekilas saja guna mengelabui kiper lawan hingga bola bersarang di jala gawang lawan. Gaya main seperti ini, kamu (aku memakai kamu bukan anda sebab aku ingin terasa lebih dekat dengan Rukmini) bisa menemukannya juga pada diri seorang Carlos Vela, apalagi bila kita mengingat bahwa Carlos Vela bisa juga dijadikan sebagai penyerang murni--yang mengandung arti bahwa naluri demikian sesungguhnya bagian daripada karakter seorang penyerang murni. Jangan salah pula, bahwa Carlos Vela pun terlihat, bertipe sebagai penyerang sayap yang suka memotong dari sayap untuk masuk ke ruang kosong di antara lini pertahanan lawan, dan tentu saja manuver demikian adalah di dalam rangka untuk menimbulkan masalah dalam sistem pertahanan lawan. Jika Carlos Vela berhasil didapatkan Roma, maka Hector Moreno setidaknya akan punya teman sesama orang Meksiko.

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon