Sunday, June 11, 2017

Permainan Antonio Rudiger dalam sudut pandangku

Antonio Rudiger Pemain AS Roma
Bagaimanakah aku menggambarkan permainan Antonio Rudiger dalam memainkan sepakbola?

Paling tidak acuanku adalah penampilan Antonio Rudiger bersama Roma di musim kemarin--musim 2016/2017--yang kutonton secara live streaming.

Sebagai seorang bek, Antonio Rudiger merupakan sosok yang fleksibel, bisa ditempatkan sebagai bek tengah, tetapi bisa juga ditempatkan sebagai bek kanan maupun bek kiri--walaupun dalam sebuah wawancara Toni pernah berkata bahwa ia adalah bek tengah, dan bagai menyiratkan keberatan kalau ditempatkan di pos bek kanan atau bek kiri. Namun apa yang terjadi dalam skema permainan Roma di musim kemarin di bawah arahan pelatih Spalletti, Antonio Rudiger bukan sekali dua ditempatkan sebagai bek kanan dalam formasi empat bek di belakang.

Perawakan yang tinggi dan kurus--bukan kerempeng melainkan liat, intinya tidak seperti body Arnold namun tetap kokoh. Tinggi badan 190 cm dan berat badan 85 kg. Membuatnya dinamis dalam menjaga pertahanan. Bagaimana ia berduel dengan lawan, adalah sesuatu pertarungan yang elegan. Ia bisa bertarung dalam perebutan bola udara. Ia bisa melakukan tekanan kepada pemain lawan yang sedang memegang--oleh kaki--bola. Beradu bodi bisalah diadu. Dan jangan salah, beradu lari juga boleh-boleh saja. Sebagaimana telah kusebutkan ditulisan terdahulu mengenai Antonio Rudiger, bahwa sebagai bek, Toni kuat, liat, dan memiliki kecepatan.

Profil Antonio Rudiger dalam memainkan sepakbola bersama AS Roma, merupakan bukti konkret bahwa timbul pengaruh yang bagus bagi kekokohan sistem pertahanan--dan berkontribusi positif juga dalam membantu tim saat membangun serangan. Dipertegas bagaimana cara ia mengabdikan diri di lapangan, terlihat mempunyai semangat bertarung yang tinggi--mempunyai tingkat determinasi yang bagus. Maka tidaklah heran sekiranya banyak klub lain yang menginginkan jasa Toni.

Di luar lapangan pertandingan, semisal saat latihan, kelihatannya Toni pun mempunyai 'kekonyolan' yang mencairkan suasana sehingga atmosfer latihan menjadi terasa segar. Aku pernah lihat bagaimana Kevin Strootman becanda kepada Antonio Rudiger dalam sebuah foto--di mana Kevin tidak segan untuk menangkupkan telapak tangannya kepada Toni.

Coba kau baca ini saudaraku: Becanda Kevin Strootman dan Antonio Rudiger

Intinya aku ingin mengatakan. "Dengan menguatnya Toni pergi dari Roma di bursa transfer, kepada Roma aku merasa khawatir."


#OpiniBuatHiburan :D


Image: Tz

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon