Wednesday, April 26, 2017

Kupaksa untuk melangkah bagi Anchor Man Grzegorz Krychowiak

Grzegorz Krychowiak, dalam tulisan ini statusnya adalah sebagai incaran AS Roma di bursa transfer--dari Football Italia dilaporkan bahwa AS Roma sedang dalam rangka membidik Grzegorz Krychowiak dari Paris Saint Germain. Akan tetapi, di sini pun aku ingin melupakan terlebih dahulu apa yang menimpa Grzegorz Krychowiak di Paris Saint Germain--ada kabar jarang diturunkan bermain walaupun dalam keadaan sehat-sehat saja.

Marilah kuberitahukan kepadamu siapakah Grzegorz Krychowiak. Ia adalah pemain sepakbola berkebangsaan Polandia yang saat ini bermain untuk Paris Saint Germain. Berposisi sebagai gelandang tengah. Saat ini ia berumur 27 tahun--kelahiran 29 Januari 1990.

Grzegorz Krychowiak mengawali karir seniornya bersama Bordeaux di tanah Perancis, selanjutnya ia bermain untuk Reims, sebelum bergabung dengan Sevilla di tanah Spanyol dengan harga transfer sebesar 3,5 juta euro pada tahun 2014. Pada bursa transfer musim panas 2016, atau tepatnya pada tanggal 3 Juli 2016, ia kembali hijrah ke tanah Perancis untuk bergabung dengan Paris Saint Germain dengan harga transfer yang dirahasiakan--akan tetapi ada kabar diperkirakan sebesar 33,6 juta euro. Sebelum berhasil didapatkan PSG, sebelumnya Grzegorz Krychowiak jadi rebutan klub-klub besar Eropa lainnya--itu artinya ia menemukan nama mentereng saat masih bermain bersama Sevilla.

Dalam karir timnas Polandia, Grzegorz Krychowiak sudah mencatatkan lebih dari 41 caps sejak debut internasional di tahun 2008. Di UEFA Euro 2016 kemarin, ia merupakan salah satu figur penting timnas Polandia.

Gaya main Grzegorz Krychowiak adalah tipe pemain gelandang bertahan Anchor Man. Ia bisa dikatakan sebagai tipe pemain gelandang jangkar. Berperan untuk menjaga pertahanan di awal-awal ketika lawan datang menyerang, boleh dikatakan tipe pemain Anchor Man adalah orang pertama yang memutus serangan lawan. Ditambah pula, Grzegorz Krychowiak pun ditunjang kemampuan Enforcer, yaitu kemampuan Man Marking yang bagus--ketat bikin frustasi lawan. Selain daripada itu, Grzegorz Krychowiak pun bisa ditempatkan di posisi bek tengah.

Secara karakter kepribadian dalam memainkan sepakbola, Grzegorz Krychowiak mempunyai jiwa kepemimpinan--bisa berperan sebagai kapten tim salah satu indikatornya. Ia pun mempunyai Fighting Spirit. Ditambah pula mempunyai prabawa yang elegan--lihatlah penampakkan Grzegorz Krychowiak, ia bertinggi badan 186 cm dan berberat badan 83 kg. Dan jangan salahlah pula, ia pun piawai dalam menempatkan posisi dalam melakukan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti lawan--Long Langer.

Baiklah. Marilah kemudian kuhubungkan Grzegorz Krychowiak dengan AS Roma. Sebagaimana kudengar kabar berita dari Football Italia, bahwa Grzegorz Krychowiak masuk dalam target transfer AS Roma--apalagi setelah Monchi resmi jadi direktur olahraga AS Roma.

Kupikir ada situasi yang menyebabkan diriku berkata begini: Kupaksa untuk melangkah bagi Anchor Man Grzegorz Krychowiak. Diriku di sini berperan sebagai salah satu penggemar AS Roma.

Di AS Roma, menurut pengamatanku, yang murni punya tipe gelandang bertahan Anchor Man adalah Daniele De Rossi--tentu saja Daniele De Rossi merupakan nama besar dalam kasus ini. Kemudian, sebetulnya Leandro Paredes pun bertipikal yang sama. Begitu pula dengan Kevin Strootman, Strootman juga bisa berperan sebagai tukang sapu. Adakah kau tahu bahwa nama-nama tersebut, kudengar berpotensi untuk meninggalkan AS Roma di musim depan.

Pengetahuan ini kuketahui sampai aku menuliskan konten ini, atau berikut ini sebagaimana yang kutahu saja. Kutahu bahwa Daniele De Rossi masih dalam proses pembaharuan konrak. Lalu, kutahu bahwa Leandro Paredes adalah aset berharga AS Roma, kudengar banyak yang meminati Leandro Paredes di bursa transfer, kalau harganya cocok bisa saja AS Roma jadi menjual Leandro Paredes. Begitu pula dengan Kevin Strootman.

Nah, maka dari itu, jika sampai AS Roma kehilangan salah satu gelandang tengah berkualitas di bursa transfer pada musim depan, maka mestilah penggantinya pun dengan profil yang berkualitas pula. Dan kupikir, Grzegorz Krychowiak, memang memenuhi profil yang dimaksud.

"Kulangkahkan kakiku yang rapuh tinggalkan sepi kota asalku," Iwan Fals.


sumber tulisan: Wikipedia, Football Italia, PES Database
sumber foto: Polsat Sport

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon