Sunday, April 30, 2017

Denis Suarez dalam harapan bagai buku ini aku pinjam

Denis Suarez. Percayalah kepadaku saudaraku, bahwa saat ini ia merupakan salah satu target transfer Roma di bursa transfer musim panas ini, untuk menatap kompetisi musim depan. Kutahu kabar tersebut dari situs Spanyol Don Balon: Roma sedang melakukan komunikasi transfer dengan Barcelona berkenaan dengan Denis Suarez melalui opsi pinjaman dengan opsi membeli diakhir musim.

Belakangan kemudian aku tahu mengenai bagaimanakah cara ia memainkan sepakbola--paling tidak dalam sebuah video di youtube yang kutonton. Terlihat bahwa Denis Suarez memiliki keahlian bermain bola yang bagus. Ia kelihatannya mempunyai visi yang bagus dalam memberikan umpan, ia seolah tidak mau kehilangan momentum untuk memberikan assist. Sebagai seorang gelandang tengah, tentu saja, keahlian early cross punya pengaruh penting dalam skema permainan tim yang dibelanya dalam rangka kerja sama untuk menciptakan gol.

Cara Denis Suarez memainkan si kulit bundar terlihat punya teknik, ia kelihatannya sanggup untuk mempertahankan bola yang sedang berada di kakinya dalam incaran pemain lawan, ia bisa dibilang gesit dalam melakukan pergerakan sembari menggiring bola setelah sebelumnya melewati pemain lawan yang mengawalnya. Aku cukup terpesona kepadanya--saat menonton sebuah video Denis Suarez berseragam Barcelona di youtube. Selain daripada tadi, karena ia punya visi bagus dalam memberikan umpan.

Kupikir, bila disangkut pautkan dengan skuad Roma pada musim ini, maka tipe permainan Denis Suarez cenderung seperti Clement Grenier. Tidak persis benar. Akan tetapi kelihatannya mendekati. Dan kalau dihubungkan dengan target transfer Roma sebelumnya, maka, curiga mempunyai kemiripan dengan semisal Hakim Ziyech dan Oguzhan Ozyakup.

Dari situ kemudian kubisa tarik kesimpulan, terutama menyangkut hubungannya dengan Clement Grenier--karena Clement Grenier merupakan pemain Roma tapi masih status pemain pinjaman dari Lyon. Maka dengan menjadinya Denis Suarez sebagai target transfer Roma, kuatlah kumenduga bahwa Clement Grenier tidak akan dipermanenkan oleh Roma di akhir musim.

Setujulah aku jika Denis Suarez didatangkan Monchi ke Roma. Ibarat sebuah buku, maka Denis Suarez kupikir salah satu buku bagus yang layak dibaca untuk mencerahkan pikiran dan perasaan. Itu artinya, bilamana Roma berhasil mendapatkannya di bursa transfer musim panas ini, maka Denis Suarez berpotensi untuk menjadi salah satu cahaya permainan Roma di musim depan. Sejauh ini, bersama Barcelona, dalam 35 pertandingan yang sudah dilakoni oleh Denis Suarez, ia telah mencatatkan 3 gol dan 5 assist, dan sebetulnya di Barcelona jam main Denis Suarez masih terbilang terbatas.

Denis Suarez mengawali karir mudanya bersama Celta dan Manchester City, pada tahun 2013 ia pindah ke Barcelona B. Sempat dipinjamkan ke Sevilla, kemudian ia pindah ke Villareal, pada musim panas tahun 2016 ia kembali ke Barcelona. Memang saat ini pun usia Denis Suarez masih terbilang muda--saat ini ia masih berumur 23 tahun, kelahiran 6 Januari 1994. Sebagai seorang gelandang tengah--yang menjurus serang--berkebangsaan Spanyol, ia pun bisa bertugas di bagian sayap. Namun begitu, sebetulnya karena sudah ada catatan bermain di Barcelona, maka bisa dibilang ia adalah pemain muda yang sudah berpengalaman di kompetisi ketat.

"Buku ini aku pinjam kan kutulis sajak indah tentang mimpi-mimpi malam," Iwan Fals.


sumber tulisan: Football Italia, Don Balon
sumber foto: FC Barcelona

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon