Sunday, April 23, 2017

Clement Lenglet dalam Sebuah Kisah Klasik untuk Masa Depan

Bagaimanakah bisa kugambarkan Clement Lenglet?

Kepadaku Clement Lenglet seperti menampilkan bayang-bayang masa depan untuk AS Roma.

Clement Lenglet merupakan pemain berkebangsaan Prancis, lahir di Beauvais. Ia saat ini bermain untuk salah satu klub sepakbola di tanah Spanyol, yaitu di Sevilla. Sebagai pemain sepakbola ia berposisi sebagai bek tengah. Ia saat ini masih berumur 21 tahun--kelahiran 17 Juni 1995.

Pada tanggal 27 September 2013 merupakan debut pertamanya berkarir di tim senior Nancy di Ligue 2. Pada paruh pertama musim 2016/2017, Clement Lenglet membuat 18 kali pertandingan bersama Nancy di Ligue 1. Pada tanggal 4 Januari 2017, ia pindah ke tanah Spanyol, menandatangani kontrak bersama tim La Liga Sevilla hingga tahun 2021, dengan dana transfer sebesar sekitar 4 sampai 5 juta euro.

Sebagai bek tengah, kulihat Clement Lenglet mempunyai perawakan yang rupawan. Tinggi badannya, 186 cm. Berat badannya, 81 kg. Postur demikian kupikir berpotensi untuk membikin dirinya menjadi tangguh dalam berduel dengan lawan, baik dalam perebutan bola darat maupun perebutan bola udara. Janganlah pula salah, dari data yang kutemukan, bahwa selain jadi bek tengah, ia pun bisa ditempatkan sebagai bek kiri dan juga bek kanan.

Ada yang mengatakan bahwa Clement Lenglet seperti menyerupai Giorgio Chiellini--Giorgio Chiellini adalah bek tengah timnas Italia yang bermain untuk Juventus, selain jadi bek tengah ia pun bisa ditempatkan sebagai bek kiri. Penyerupaan Clement Lenglet dan Giorgio Chiellini digambarkan begini: sebagai defender yang amat terampil di udara dan terlihat piawai dalam Man Marking. Sementara di Sevilla itu sendiri, Clement Lenglet disama-samakan dengan Julien Escude--mantan defender Sevilla.

Dari gambaran itu jelaslah terbayang bahwa terdapat tanda-tanda bahwa Clement Lenglet bakalan menjadi sosok defender yang besar di masa depan--sebagaimana kita tahu bersama bagaimanakah sosok Giorgio Chiellini atau pun Julien Escude.

Tentu saja--sebagai penggemar AS Roma--aku mengamati bagaimana perkembangan sepakbola AS Roma, setidaknya dalam pergulatan gossip transfer saat-saat sekarang. Di mana salah satu gossip yang beredar, satu di antaranya adalah AS Roma disinyalir bakalan kehilangan sosok bermutu di belakang, yakni ditenggarai bek tengah tangguh Kostas Manolas akan pergi meninggalkan Roma di musim depan. Itu artinya, mestilah ada pewaris Kostas Manolas selanjutnya di AS Roma.

Memang Clement Lenglet sudah kudengar masuk perhitungan manajemen AS Roma untuk ancang-ancang sekiranya nanti misalkan kehilangan Kostas Manolas--Menurut Corriere dello Sport, dikabarkan bahwa AS Roma telah mempersiapkan tawaran sekitar 8 sampai 10 juta euro untuk Clement Lenglet dari Sevilla.

Justru kupikir di situlah letak menariknya, curiga manajemen AS Roma tidaklah berbuat kesalahan dengan menjadikan Clement Lenglet sebagai salah satu kandidat pewaris Kostas Manolas. Menurut pandanganku, benarlah kalau Clement Lenglet sebagai pertaruhan yang bagus untuk masa depan AS Roma.

"Sampai jumpa kawanku, semoga kita selalu menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan," Sheila on 7.


sumber tulisan: Wikipedia, La Colina de Nervion, Corriere dello Sport
sumber foto: Voetbal International

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon