Friday, April 28, 2017

Adam Masina, Italiano yang lahir di Maroko

Bek sayap kiri yang ada dalam skuad utama AS Roma musim ini, paling tidak ada dua orang, yaitu: Emerson Palmieri dan Mario Rui. Dan kudengar untuk menatap kompetisi musim depan, menurut Football Italia, Adam Masina sedang dalam radar AS Roma. Notabene Adam Masina adalah bek sayap kiri yang saat ini bermain di Bologna.

Adam Masina. Ia berkebangsaan Italia, namun lahir di Maroko--akan tetapi terdengar kabar bahwa sudah sejak kecil kemudian ia berada di tanah Italia. Memang kalau dilihat dari riwayat karir sepakbola, tidak ada tercatat bahwa ia pernah bermain di tanah Maroko. Melainkan, sejak tahun 2001, ia tercatat mengenyam karir muda bersama Bologna. Sempat dipinjam ke Giacomense, namun kembali ke Bologna pada tahun 2013.

Pada bulan November 2015 ia mendapatkan panggilan membela timnas Italia U21 dari pelatih Luigi Di Biagio. Adam Masina melakukan debut bersama timnas Italia U21 pada tanggal 17 November 2015 dalam pertandingan melawan Lithuania di kualifikasi Euro 2017.

Aku curiga ketertarikan AS Roma kepada Adam Masina karena dua hal. Pertama, karena Adam Masina memang punya kualitas sebagai bek sayap kiri. Kedua, karena sesuai dengan kebutuhan tim Roma berkenaan dengan posisi bek sayap kiri.

Baiklah kuterangkan situasi mengenai bek sayap kiri di AS Roma, namun ini sebagaimana yang kutahu saja sampai aku menuliskan konten ini.

Melihat performa hebat di musim ini dalam skema permainan 3-4-2-1 Luciano Spalletti, pantaslah Emerson Palmieri mendapatkan panggilan dari Ventura pelatih timnas utama Italia. Itu artinya, ditenggarai, posisi Emerson Palmieri di AS Roma sebagai bek sayap kiri, seharusnya aman untuk masa depan AS Roma.

Berbeda halnya dengan bek sayap kiri AS Roma lainnya, yaitu Mario Rui. Sepengetahuanku, status Mario Rui masih pemain pinjaman dari Empoli sampai 30 Juni 2017--namun dengan opsi pembelian wajib sesudah kuota penampilan terpenuhi sebagaimana disepakati. Setahuku, sejak didatangkan Roma di bursa transfer musim panas 2016 lalu, Mario Rui cukup lama dibekap cedera, dan kemudian setelah sembuh hanya terlihat beberapa kali saja tampil soalnya pilihan utama untuk pos bek sayap kiri jatuh kepada Emerson Palmieri.

Atas situasi tersebut, bukannya Mario Rui kutak suka, melainkan apabila kemudian kudengar ada nama Adam Masina sebagai target transfer Roma untuk musim depan dalam pos bek sayap kiri. Sejujurnya, bila kuharus memilih, maka aku memilih untuk melepas Mario Rui dan mendapatkan Adam Masina. Oleh sebab, Adam Masina adalah seorang Italiano. Tahulah aku bahwa, pada musim ini, sebetulnya, di tim utama Roma, masihlah kurang pemain pribuminya--pemain Italia maksudnya.

Akan tetapi, sebagaimana dilaporkan Football Italia, bahwa Adam Masina pun menjadi incaran klub-klub papan atas Serie A lainnya:  Juventus, Napoli, Milan, dan Inter. Itu artinya, mestilah aku berdoa semoga Roma--dengan direktur olahraga Monchi--berhasil mendatangkan Adam Masina di bursa transfer musim panas ini. Untuk nanti, Adam Masina bersaing secara sehat bersama--Italiano lainnya--Emerson Palmieri di skuad AS Roma musim depan.

Semoga saja.


sumber tulisan: Wikipedia, Football Italia
sumber foto: Gazzetta Giallorossa

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon