Tuesday, March 7, 2017

Tips Persiapan Menghadapi Roma Day Kick Off Dini Hari

Hatiku mendadak senang ketika mendengar kabar Roma Day, seperti mendengar kata Holiday. Demikian seolah menawarkan berjuta kegembiraan. Terbayang seolah demikian bisa menjelma menjadi energi memupus kelelahan keseharian. Terbayang akan tiba waktunya sebuah hiburan.

Tidak jarang--karena kuhidup di Indonesia yang notabene termasuk negara di Asia--kalau mau menonton Roma Day waktunya itu bagai tidak bersahabat: suka dini hari mainnya--di saat orang-orang di sekitar sedang pada terlelap tidur. Tapi kita adalah orang beriman, dalam jam segituan, kita mesti dalam keadaan terjaga untuk menyaksikan pertandingan Roma. Beriman? Sebab pertandingan Roma merupakan suatu hiburan yang menyenangkan, dan aku yakin itu--iman dalam artian keyakinan.

Tidak jarang dalam perjalanannya meraih keimanan, banyak teman-teman yang mengalami kejatuhan: niat nonton roma day jam dini hari tapi mau tidur dulu eh bangun-bangun salat subuh juga kesiangan, dan lain yang serupa yang pada akhirnya tidak nonton pertandingan Roma. Nah, maka dari itu, menghadapi Roma day kick off dini hari bukanlah perkara mudah, sehingga diperlukan persiapan. Inilah Tips Persiapan Menghadapi Roma Day Kick Off Dini Hari:

1. Kalau mau tidur dulu mendingan satu jam setelah azan isya menggelegar dan jangan lupa pasang alarm seolah engkau mau salat tahajud

Aku pernah punya teman--dan sekarang juga masih berteman namun kami sudah jarang bertemu akhir-akhir ini akibat kesibukan masing-masing--seorang pemuda masjid, dan ia rajin salat tahajud. Sebut saja namanya si Fulan.

Si Fulan dulu pernah menginap di rumahku, dan aku heran ketika mendengar ia pamit mau segera tidur padahal malam masih jam delapanan--sekitar sejam sesudah azan isya menggelegar di masjid samping rumahku.

Saat itu aku tidur jam sebelasan tapi terbangun jam dua-an karena ingin kencing. Ketika aku keluar dari kamar tidur kutak sadar kalau si Fulan tidak ada, sadar-sadar ketika kusukses keluar dari kamar mandi sebab kutemukan si Fulan sedang salat--jadi di rumahku tempat salatnya berada di dekat pintu kamar mandi.

Nah, metodologi si Fulan yang terbangun untuk menunaikan salat tahajud kelihatannya bakalan selaras bila dipergunakan untuk nonton Roma day kick off dini hari. Metodologi tersebut kutafsirkan menjadi kalimat sederhana ini: Kalau mau tidur dulu mendingan satu jam setelah azan isya menggelegar dan jangan lupa pasang alarm seolah engkau mau salat tahajud.

Jika kita tidur dulu sejam sesudah kumandang azan isya maka disinyalir ketika kita terbangun oleh bunyi alarm demikian akan bikin performa kita fit saat nonton kick off pertandingan Roma--apalagi terus menyeduh segelas kopi yang airnya masih panas di dalam termos.

Jelas masuk akal brother. Tidur cukup. Dan ditenggarai tidak akan kebablasan soalnya pasang alarm--bunyi alarmnya yang kenceng volumenya brother.

2. Kalau mau begadang jangan salah doping--jangan minum susu tapi minum kopi

Aku pernah menggelar acara nonton bareng bersama beberapa teman--yang tidak semuanya menggemari satu klub yang sama--di rumahku. Kami akan menonton pertandingan sepakbola dini hari. Rencana kami, acara nobar akan dilangsungkan secara begadang. Dan aku selaku tuan rumah tidak memfasilitasi para peserta nobar dengan makan minum gratis sebab acara nobar tersebut tersaji gratis, sehingga bila ingin makan dan minum yang ringan-ringan untuk menemani kami begadang tentunya kami harus mengeluarkan kocek masing-masing--beli patungan.

Berbeda dengan yang lain, itulah si Fulan--tapi bukan si Fulan dalam poin 1, si Fulan yang satu ini curiga jarang melaksanakan salat tahajud malahan kuat diduga belum pernah sekalipun menunaikannya. Ia malah membeli susu alih-alih kopi atau kopi susu--sungguh terlalu! (harganya lebih mahal loh ya, tapi patungan si Fulan yang paling kecil budgetnya)

Kalau kami kebetulan memang kompak pesan kopi hitam--tadi yang beli ke warungnya adalah si Fulan sebab patungannya yang paling kecil.

Tapi tidak apalah, terpenting kami semua mendapatkan doping masing-masing agar kuat begadang sampai kick off pertandingan bola dini hari nanti. Kami tepatnya berjumlah empat orang.

Dan acara begadang kami diisi oleh kegiatan utama: kompetisi main PES. Jadi dua orang tampak sedang main PES, dua orang lagi tampak sedang berbincang-bincang sembari ngopi sesekali kedua orang ini melongok ke layar monitor mencari tahu apakah tiba giliran bermain sebentar lagi ataukah masih lama--jadi murni bukan karena ingin nonton pertandingan kedua rekannya yang sedang main.

Tidak terasa malam semakin larut malam dan hari pun menjelang dini. Dini hari tiba waktu di mana kick off pertandingan bola akan segera dimulai. Kami pun bersiap pada nongkrong di depan tivi.

Kecuali si Fulan, kami duduk bersila--Si Fulan sembari tiduran bersandarkan bantal. Memang perangai si Fulan sejam sebelumnya sudah--ibaratnya kalau lampu--spaneng, tak terhitung sudah berapa kali ia menguap tadi bahkan pada saat sedang giliran dirinya bermain PES.

Ketika tim kesayangan si Fulan kebobolan duluan pada menit-menit awal pertandingan--pada menit ke '4. Serta merta kami semua menoleh ke arah si Fulan untuk melihat bagaimana ekspresinya. OMG, bagaimanakah ekspresinya? Begini: bagai Nobita yang sedang tidur di film kartun Doraemon. Serta merta kami pun tertawa lepas melihatnya sembari kemudian sepakat menuding ini: gara-gara dopingnya susu.

Kalau Bung peka, maka Bung patut menduga bahwa si Fulan ditenggarai adalah seorang penggemar Juventus dan pertandingan bola yang kami tonton pada saat itu adalah Final Liga Champions 2014/2015 Juventus vs Barcelona.

Nah, brother. Jangan sampai kita mengalami kejadian yang dialami oleh si Fulan dalam alkisah di atas. Yang kala kurenungkan mendalam maka menghasilkan filosofi ini: Kalau mau begadang jangan salah doping--jangan minum susu tapi minum kopi.

Begitulah kira-kira brother. Mengenai Tips Persiapan Menghadapi Roma Day Kick Off Dini Hari. Semoga bermanfaat.

"Begadang jangan begadang kalau tiada artinya, begadang boleh saja kalau ada perlunya," Rhoma Irama.

sumber foto: asroma.com

Comments
2 Comments

2 komentar

tapi kalo susu di tambah kopi jadi jos kan teuh begadang nya hiks hiks :)


EmoticonEmoticon