Friday, March 3, 2017

Aku Sayang Kamu Alisson

Aku masih menunggu kamu, cintamu dan cintaku biasa saja, aku relakan bila kusayang padamu. Demikian merupakan penggalan lirik lagu Aku Sayang Kamu yang nyanyi D'Time. Kupikir demikian amat cocok dengan perasaanku yang disangkut pautkan dengan kiper Roma Alisson Becker.

Alisson Becker--akrab dipanggil Alisson--merupakan pemain berkebangsaan Brasil. Ia saat ini berumur 24 tahun--kelahiran 2 Oktober 1992. Didatangkan Roma sejak musim ini--2016/2017--dari Internacional dengan biaya transfer permanen sebesar 8 juta euro. Alisson mendapatkan kontrak di Roma berdurasi 5 tahun--sampai 30 Juni 2021.

Sepengetahuanku secara gambaran umumnya: Alisson diproyeksikan untuk menjadi kiper utama Roma sebab kiper utama Roma sebelumnya Wojciech Szczesny merupakan kiper pinjaman dari Arsenal. Kedatangan Alisson di Roma seiring habisnya masa pinjaman Szczesny selama semusim. Tapi ternyata coach Spalletti masih ingin menggunakan jasa Szczesny, sehingga Roma pun mengusahakan untuk memperpanjang masa pinjaman Szczesny di Roma walaupun sudah sukses mendapatkan Alisson secara permanen dari Internacional. Jadilah, di musim 2016/2017, Roma mempunyai kiper dua di antaranya Szczesny dan Alisson. Kedua orang ini jelas merupakan kiper bagus--pantas menjabat sebagai kiper utama.

Kalau Szczesny kita sudah lihat bagaimana prestasinya di Roma sejak musim 2015/2016 kemarin. Marilah sekarang kufokuskan perhatian pada seorang Alisson.

Kedatangan Alisson kali pertama di Roma sebelumnya sembari berbekal prestasi ini: membawa Internacional meraih kejuaraan negara bagian empat kali berturut antara tahun 2013 sampai 2016, dan telah bermain 83 penampilan bersama Internacional di semua kompetisi. Pada bulan Oktober tahun 2015, Alisson yang pada saat itu berumur 23 tahun, telah melakukan debut di timnas senior Brasil--di Copa Amerika 2016 kemarin, Alisson adalah kiper utama timnas senior Brasil dalam arahan coach Dunga. Tersirat jelas bahwa Alisson merupakan kiper muda berbakat Brasil--kiper berumur masih di bawah 25 tahun yang bertalenta dan sudah ada pengalaman bermain di timnas senior Brasil.

Meninjau kualitas seorang Alisson dan mengacu kualitas seorang Szczesny, jelas demikian merupakan pilihan yang sulit untuk menentukan siapa gerangan yang pantas untuk menjabat sebagai kiper utama di Roma pada musim ini 2016/2017. Namun dalam kasus ini, sepertinya Szczesny menang pengalaman bermain di kancah Serie A, itulah juga barangkali alasan coach Spalletti ingin memperpanjang pinjaman Szczesny (yang didukung peran serta masih aktifnya Petr Cech di Arsenal), sebab Alisson yang notabene sudah permanen milik Roma belum punya pengalaman bermain di kancah Serie A. Tersajilah ide ini sejauh ini: Szczesny merupakan kiper utama Roma di kancah Liga Italia Serie A, sementara Alisson merupakan kiper utama Roma di Piala Coppa Italia dan Piala Europa.

Ketika Roma akan menjamu Villarreal dalam UEFA Europa League Round of 32 leg 2, ketika itu--sedang tanggal tua--aku sedang tidak punya kuota internet banyak-banyak, sehingga kupikir untuk Roma day saat itu kuputuskan untuk mendingan tidak menonton saja, lagi pula dalam partai tersebut Roma sudah mendapatkan tabungan empat gol kala bertandang ke Villarreal dalam UEFA Europa League Round of 32 leg 1. Bulat sudah niatku untuk tidak melakukan live streaming pada pertandingan tersebut, melainkan kuberniat untuk mendapatkan kabar dari teman-teman--sesama romanisti--di fesbuk.

Belakangan kemudian, ketika kutelusuri hasil pertandingan antara Roma vs Villarreal dalam UEFA Europa League Round of 32 leg 2. Roma kalah kosong satu tetapi hasil tersebut sudah meloloskan Roma untuk terus berkiprah di kancah Piala Europa sebab hasil agregat jadinya begini: Roma 4 vs 1 Villarreal. Itu artinya, kapal selam Villarreal tenggelam di lautan dicabik Serigala Roma.

Kemudian ada yang menarik dari postingan beberapa temanku di fesbuk menyangkut Roma vs Villarreal dalam UEFA Europa League Round of 32 leg 2--selain melaporkan FT Roma 0 vs 1 Villarreal. Yakni hampir semua sepakat meneriakan ini: Daje Alisson dan membully Vermaelen.

Daje Alisson. Merujuk kepada performa Alisson dalam pertandingan FT Roma 0 vs 1 Villarreal. Sebagaimana dilansir laman resmi AS Roma dalam laporan pertandingan:

33' - Sepakan keras Hernandez mampu diselamatkan secara brilian oleh Alisson.

40' - Alisson kembali melakukan penyelamatan gemilang, kali ini giliran usaha Soriano digagalkan kiper Brasil itu.

48' - Lagi-lagi Alisson melakukan penyelamatan krusial hasil dari serangan balik Villarreal!

89' - Alisson sekali lagi menyelamatkan gawang Roma dari usaha Soriano.

Merujuk lirik lagu D'Time. Aku masih menunggu kamu, itu artinya aku menunggu pemainan kiper Alisson di Roma. Cintamu dan cintaku biasa saja, itu artinya memang begitulah adanya sebab kujarang menyaksikan Alisson bermain secara rutin di Roma--pun karena fokus kuota internetku mengutamakan Roma day kancah Liga Italia Serie A. Aku relakan bila kusayang padamu, itu artinya walaupun kujarang menyaksikan Alisson bermain namun hatiku kelihatannya akan terus jatuh cinta--dari kabar yang kudengar dari teman-teman fesbuk yang bilang Daje Alisson saat mereka nonton Roma Day Piala Europa Round of 32 leg 2, dan sebelumnya kutahu status Alisson yang sudah masuk menjadi bagian skuad timnas senior Brasil yang notabene demikian tentunya menunjukkan kualitasnya sebagai seorang kiper berkelas.

Cukup bagiku. Kumelihat Alisson. Sekarang kutunggu. Hatiku semakin dibikin bergairah menjelang Semi Final Coppa Italia Leg 1 Lazio vs Roma--kuat diduga yang menjadi kiper utama Roma adalah Alisson, dan pada saat itu sedang tanggal muda sehingga kubisa isi kuota buat menonton live streaming. Walaupun kemudian hasil pertandingan tersebut mengecewakan, namun belakangan kemudian kutahu bahwa menurut beberapa media di Italia, terkait rapor para pemain, Alisson mendapatkan nilai yang bagus dibanding para pemain Roma lainnya pada pertandingan tersebut walaupun gawangnya kemasukan dua gol.

"Aku masih menunggu kamu, cintamu dan cintaku biasa saja, aku relakan bila kusayang padamu," D'Time.


sumber yang kubaca: asroma.com, beritaroma.com, wikipedia
sumber foto: newsday.com

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon