Tuesday, February 14, 2017

6 Hal Tentang Strootman Sebagai Gelandang Tengah Roma

Nama lengkapnya Kevin Strootman. Ia merupakan pemain berkebangsaan Belanda. Didatangkan Roma sejak tahun 2013 dari PSV Eindhoven. Dulu dibeli Roma--hasil kubaca-baca browsing internet--dengan biaya transfer diperkirakan sekitar 20 juta euro--konon kabarnya agak dirahasiakan harganya. Ia didatangkan Roma di musim pertama Rudi Garcia melatih Roma.

Menarik menyimak mengenai musim pertama Rudi Garcia melatih Roma yang senada dengan kehadiran Strootman kali pertama di Roma, pada musim 2013/2014. Di luar dugaan banyak pengamat sepakbola kelihatannya, bahwa Roma mampu tampil superior di tangan Rudi Garcia--sebab di musim-musim sebelumnya Roma tidak tampil bagus pasca kehilangan Luciano Spalletti yang pergi ke Rusia untuk melatih Zenit Saint Petersburg tahun 2009. Roma di tangan Rudi Garcia pada musim itu sejak giornata 1 berhasil meraih kemenangan 10 kali berturut-turut Liga Italia Serie A 2013/2014. Demikian tidak terlepas dari kontribusi wajah baru, salah satunya Kevin Strootman yang menjadi andalan.

Kevin Strootman dalam kiprahnya bermain di Roma sempat terkena musibah didera cedera panjang--kubertanya pada Admin Halaman FanPage Tifosi As Roma Indonesia di facebook mengenai ini, dan dijawab begini: sejak 9 Maret 2014 kala bentrok lawan Napoli--kutelusuri lebih lanjut--browsing internet--untuk menguatkan data, dan benarlah hampir semua data sepakat bahwa Strootman absen panjang karena cedera dari tahun 2014. Di musim 2015/2016, bisa dikatakan Strootman total absen bermain untuk Roma akibat cedera panjang.

Musim ini: 2016/2017. Merupakan musim kembali bangkitnya Kevin Strootman sudah sembuh dari cedera dan bisa bermain kembali untuk Roma--di musim ini pelatih Roma kembali ditangani oleh Luciano Spalletti. Setelah didera cedera yang panjang, Kevin Strootman kelihatannya mampu untuk mengembalikan performanya ke bentuk semula sebelum ia dibekap cedera lama. Kontribusi Strootman untuk Roma yang selalu teringat di kepalaku adalah saat Strootman mencetak gol ke gawang Lazio dalam Derby della Capitale 4 Desember 2016: Lazio 0 vs 2 Roma. Strootman berhasil memanfaatkan Wallace Error di depan gawang Lazio--Wallace Error adalah kesalahan yang dilakukan oleh pemain lawan bagai joy stick PES yang error. Strootman sukses menyerobot bola yang tadinya berada dalam kontrol Wallace, giring bola sesaat, sejurus kemudian melesakkan bola ke gawang Lazio, gol gol gol. Strootman berlari ke tribun penonton yang dipadati oleh tifosi Roma. Gairah membara dalam perayaan gol Strootman, suka ria terbaca jelas di sana.

Sebagai gelandang tengah Roma, inilah 6 Hal Tentang Strootman:

1. Gaya main Strootman perpaduan The Destroyer dan Talisman

Dulu Van Marwijk pernah berkata begini. "Penampilannya tidak terlalu konservatif, tidak pula terlalu ofensif. Perpaduan antara Nigel de Jong dan Rafael Van der Vaart," menyangkut Kevin strootman.

Nigel de Jong merupakan tipe gelandang tengah The Destroyer: tukang sapu. Bertugas untuk aktif mengejar dan berusaha merebut bola. Untuk menjadi gelandang tengah the destroyer tidak dibutuhkan teknik dan umpan yang menonjol, tapi diperlukan antisipasi membaca permainan lawan saat lawan melakukan serangan dan juga keahlian dalam melakukan tekel untuk menghadang laju pergerakan pemain lawan.

Rafael Van der Vaart merupakan tipe gelandang tengah Talisman: atau playmaker. Untuk menjadi gelandang tengah Talisman dibutuhkan kualitas teknik yang mumpuni dan juga operan yang matang, dan tidak diperlukan keahlian tekel yang menonjol.

Bila kutafsirkan perkataan Van Marwijk, maka gaya main Strootman perpaduan The Destroyer dan Talisman. Jadi kalimat sederhananya kurenungkan begini: Strootman merupakan tipe gelandang tengah The Destroyer tapi mempunyai kualitas teknik yang mumpuni dan umpan yang brilian layaknya seorang Talisman.

2. Strootman memiliki Captaincy

Strootman mempunyai jiwa kepemimpinan. Ia cocok untuk menjabat sebagai kapten. Dulu di PSV Eindhoven ia sudah menjabat sebagai kapten tim di usia muda, 23 tahun. Di timnas Belanda ia sudah menjabat sebagai kapten. Di Roma, ban kapten melingkar di lengannya setelah: Totti, De Rossi, Florenzi, Nainggolan.

3. Strootman mempunyai Fighting Spirit

Strootman mempunyai semangat bertarung yang elegan. Kita bisa melihat bagaimana seorang Kevin Strootman bermain bola di lapangan, ditunjang dengan postur tubuh sepadan antara tinggi badan dan bobot tubuh--tinggi badan 186 cm dan berat badan 78 kg--ia punya nyali untuk merebut bola dari pemain lawan dan ia pun berani melakukan umpan lambung kepada kawan sebab tahu punya kualitas dalam hal operan. Ia pun tak segan untuk berteriak guna membangkitkan semangat rekan-rekan--pemain kalem tapi sekali berteriak bisa bikin rekan berdiri motivasinya dan kalau mau guyon bisa bikin pemain lawan kencing berdiri.

4. Strootman mempunyai Long Ball Expert

Masih kuingat bagaimana Nainggolan mencetak gol indah bagai bunga di tepi jalan ke gawang Udinese Giornata 20 musim ini, demikian berkat umpan lambung akurat dari Kevin Strootman. Nah, itu dikarenakan Strootman mempunyai keahlian Long Ball Expert.

5. Strootman mempunyai Long Ranger

Pernah kulihat juga Kevin Strootman menciptakan gol melalui tendangan jarak jauh di luar kotak penalti--tapi kulupa lagi kejadian persisnya. Demikian disebabkan lantaran Strootman mempunyai Long Ranger.

6. Nomor punggung 6. Strootman di Roma merupakan warisan Aldair

Roma sebelumnya selama 10 tahun terakhir telah memensiunkan nomor punggung 6. untuk penghormatan terhadap jasa legenda Roma Aldair. Jadi, setelah kepergian Aldair dari Roma tahun 2003, nomor 6. di Roma telah dikeramatkan oleh il lupi, barulah di tahun 2013 ketika Roma mendapatkan amunisi baru dalam diri Strootman, Strootman mendapatkan keistimewaan untuk mengenakan jersey nomor 6. warisan Aldair.

Demikianlah kira-kira.

Aku menulis konten ini di hari valentine, berarti kemarin Kevin Strootman yang lahir 13 Februari 1990 telah genap berumur 27 tahun. Selamat ulang tahun kevin. Semoga bisa membawa Roma juara dengan pertarungan yang gentleman. Dirgahayu 27 tahun Strootman.

Dulu sepupuku Ko Bil Lee sering bernyanyi bahasa Korea ketika aku sering bermain ke rumahnya pada sore hari. Setelah kutelisik, belakangan kutahu bahwa lagu yang sering dinyanyikan Ko Bil Lee adalah lagu berjudul Happy Birthday OST Drama Korea Dream High yang dinyanyikan oleh Bae Suzy. Nah, terakhir ijinkan aku bernyanyi Happy Birthday OST Drama Korea Dream High untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada Meneer Strootman. Tapi reffnya saja:

Saengil chukhahamnida, saengil chukhahamnida
Saengil chukhahamnida. Dangsinui saengireul

Happy birthday to you
(Happy birthday to you)

Happy birthday to you
(Happy birthday to you)



sumber yang kubaca dari berbagai sumber terutama untuk poin-poin mengenai Strootman dari pesdb.net

sumber foto: pinterest.com

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon