Wednesday, January 4, 2017

Atas Nama David Pizarro Baru

Sebelumnya kita tahu bahwa coach kita Spalletti pernah melatih Roma, dari tahun 2005 sampai 2009. Dari Januari 2016 kemarin, bisa dibilang ini adalah era kedua Luciano Spalletti melatih AS Roma. Di era pertama melatih Roma, Luciano Spalletti punya gelandang tengah bernama David Pizarro, jujur saya kurang tahu betul tapi yang saya tahu bahwa sosok David Pizarro kala itu punya peran penting untuk taktik Spalletti di Roma, turut membantu meraih dua gelar Coppa Italia berturut 2006/2007 2007/2008 dan Piala Super Italia 2007. Nah, di bursa transfer januari musim ini, sebagaimana diberitakan, bahwa coach kita Spalletti mendamba David Pizarro, tentu saja bukan David Pizarro yang asli yang notabene sudah tua melainkan sosok David Pizarro Baru yang notabene secara skill bisa dibilang mendekati.

Marilah kita berbicara mengenai skill yang dimiliki oleh David Pizarro. Perkenankan saya untuk memakai data pes stats guna menjelaskan bagaimana David Pizarro bermain sepakbola.

David Pizarro adalah pemain yang ber-technique tinggi. Ia mempunyai dribble accuracy yang bagus. Ia mempunyai umpan yang akurat. Ia mempunyai ball controll yang good. Selain teknik tinggi yang menonjol, ia pun mempunyai teamwork yang mantap, itu artinya ia bermain untuk tim, ia bagus sekali dalam kerja sama tim. Dan sebagai gelandang tengah, dalam hal ini DMF dan CMF, ia mempunyai kelebihan ini: Pinpoint Pass, Talisman, Turning Skills, Weighted Pass.

Ia punya kemahiran dalam melakukan umpan jarak jauh, baik umpan terobosan maupun umpan lambung, inilah kelebihan Pinpoint Pass yang ia miliki, jika tim memainkan possesion game maka ia bisa menjadi poros dalam permainan.

Ia pun bisa berfungsi sebagai playmaker, di sini maksudnya adalah kelebihan Talisman. Bila ia sedang giring bola maka akan bikin pemain lain bagai spontan ikut aktif menyerang, seolah-olah pemain lain menunggu untuk diberi umpan terobosan yang jitu olehnya.

Kalau Turning Skills, ketika melakukan Cross Over Turn, maka akurasinya good. Kalau Weighted Pass, nah ini penting dalam melakukan umpan terobosan jauh, misalkan umpan lambung jauh dari tengah, nanti bola yang diumpan tidak akan melenceng jauh dari target. Sehingga, bisa dikatakan, khususnya untuk Pinpoint Pass ditunjang dengan Weighted Pass, bahwa David Pizarro terbilang master dalam melakukan umpan terobosan jarak jauh baik pelentung maupun datar.

Bila mengacu pada sosok David Pizarro yang seperti diungkap di atas, maka gaya main sepakbola David Pizarro cocok untuk mengemban amanat sebagai deep-lying playmaker. Nah, dulu di era pertama Spalletti melatih Roma, ambil contoh pada musim 2007/2008, Spalletti punya kecenderungan untuk memainkan deep-lying playmaker dalam permainan AS Roma.

Nah, di era kedua Spalletti melatih Roma, paling tidak acuannya musim ini, Spalletti mencoba memberi kesempatan pada diri Leandro Paredes sebagai David Pizarro Baru. Sebagai gelandang tengah, Leandro Paredes adalah gelandang yang berkualitas, khususnya dari segi teknik, sebagaimana David Pizarro ia adalah gelandang tengah yang ber-technique. Leandro Paredes mempunyai dribble accuracy yang bagus, dan ball controll yang bagus. Akan tetapi, mungkin masih muda saat ini umurnya 22 tahun dan masih butuh jam terbang yang lebih untuk bisa menjadi David Pizarro Baru di Roma, Leandro Paredes belum punya kelebihan yang stabil paling tidak di Pinpoint Pass.

Itulah mungkin yang mendorong coach kita Spalletti untuk dicarikan gelandang tengah baru di bursa transfer januari, memang sebagaimana diberitakan bahwa Roma mencari sosok David Pizarro Baru, dan Spalletti sendiri menyodorkan dua di antaranya nama ini untuk direkrut: Milan Badelj dari Fiorentina atau Lucas Torreira dari Sampdoria.

Secara fisik, Lucas Torreira, memang paling mendekati David Pizarro, David Pizarro mempunyai tinggi badan 170 cm dengan berat badan 65 kg sementara Lucas Torreira mempunyai tinggi badan 168 cm dengan berat badan 64 kg. Namun secara skill, saya pikir masih jauh ya apabila dibandingkan dengan sosok David Pizarro, tapi bisa mendekati memang benar, soalnya umurnya masih muda saat ini berumur 20 tahun tapi ball controll sudah bagus, tapi kerja sama tim juga sudah terbilang bagus, dan walau masih muda namun Torreira sudah punya kelebihan One Touch Play.

Nah, kalau Milan Badelj, secara skill main bola memang yang paling mendekati sosok David Pizarro. Ia merupakan gelandang yang ber-technique. Ia bagus dalam kerja sama tim. Ia mempunyai kelebihan Pinpoint Pass dan One Touch Play. Ditunjang umurnya sudah matang. Maka apabila Milan Badelj ditugaskan sebagai deep-lying playmaker, maka ia akan fasih mengemban amanat tersebut.

Sebagaimana kita dengar bahwa akan ada ide strategi transfer menjual Leandro Paredes guna mendapatkan modal untuk mendapatkan Milan Badelj atau Lucas Torreira, ATAS NAMA DAVID PIZARRO BARU. Jujur, sesungguhnya saya tidak setuju dengan ide strategi transfer Roma tersebut. Sebab saya pikir, permainan Roma sejauh ini good ya, tidak ada masalah dengan permainan Roma, buktinya Roma berhasil menjadi tim yang paling produktif di kancah Serie A mengalahkan Juventus yang notabene di papan klasemen sementara Serie A Juventus bertengger di posisi satu. Yang perlu diperbaiki Roma adalah mungkin perkara mental saja. Sehingga, jika dibanding dengan mencari sosok David Pizarro Baru di bursa transfer januari, mendingan coach kita Spalletti memaksimalkan pemain tengah yang telah dimiliki Roma, mendingan coach kita Spalletti fokus pada penguatan mental para pemain. Begitu. Save Leandro Paredes.

"Sejenak kutermenung berpikir tentangmu..." Superglad. Saya Diar Nurhakim, aku hanya berpendapat. FORZA ROMA! :D

sumber foto: jugandofuera.com

Comments
1 Comments

1 komentar so far

Menurut gua nih yang cetek soal seri a, selama manajer roma cerdas kayak sekarang, dia nggak butuh gelandang baru di bursa transfer January... Soalnya... Roma udah mampu ngalahin juve, bukan sesuatu yang mudah untuk ngalahin juve untuk beberapa tahun terakhir dengan kekuatan financial yang siap merengguti kekuatan klub penantangnya dan Napoli udah ngerasain hehe, sok keren nih opini gua ckck


EmoticonEmoticon