Wednesday, July 20, 2016

Ngomongin Tipe Pemain Classic No. 10 Bersama Bung Bo-Ol

Di era sepakbola modern kali ini tampaknya tipe pemain classic no. 10 termasuk langka. Paling tidak itulah yang saya rasakan ketika saya mencari-cari tipe pemain yang punya player index cards Classic No. 10 di PES 2013 updetan terbaru kok ya masih bisa dihitung dengan jari, bahkan tidak lebih dari lima, catatan saya cuman ada tiga pemain: Francesco Totti, Miralem Pjanic, dan Ganso. Saya tidak tau kabar main di mana sekarang Ronaldinho dan Juan Roman Riquelme, kalau dua orang ini masih aktif bermain di zaman sekarang alias belum pensiun, maka catatan saya jadinya ada lima pemain. Baiklah pemirsa, selama tujuh menit ke depan kira-kira, saya dan Bung Bo-Ol akan coba Ngomongin Tipe Pemain Classic No. 10 ini. So, jangan kemana-mana dulu pemirsa, setelah yang satu ini, kami akan kembali hanya untuk anda hehe.

Ini Iklannya Pemirsa: Ngomongin Tentang Tipe Pemain Gelandang Box to Box Bersama Bung Bo-Ol

Kita kembali lagi pemirsa. Dari namanya sebenarnya istilah ini sudah ketahuan. Classic No. 10. Nomor sepuluh klasik. Klasik pasti ada hubungannya dengan tempo dulu. Tempo dulu ada hubungannya dengan legenda. Dan kalau mengacu pada keterangan tentang Classic No. 10 di dalam permainan PES 2013, maka di bawah ini adalah keterangannya:

"An old-style static playmaker who makes use of deft touches and passes rather than pace or movement."

Untuk menafsirkan istilah Classic No. 10 yang berbahasa Inggris di atas. Maka marilah kita membahasnya sambil bincang-bincang bersama Bung Boy Ole. Tapi setelah yang satu ini pemirsa, jadi jangan kemana-mana dulu pemirsa, kami akan kembali hanya untuk anda hehe.

Ini Iklannya Pemirsa: Pemain Baru Juventus Miralem Pjanic dan Medhi Benatia Bakalan Bikin Juventus Jadi Scudetto Lagi

Baiklah kita kembali lagi pemirsa. Kita langsung sapa aja Bung Boy Ole. "Apa kabar Bung Bo-Ol?.. Salam olahraga!"

"Kabar baik Bung, salam olahraga."

"Bung Bo-Ol.. Langsung saja catatan anda mengenai tipe pemain Classic No. 10?"

"Sepengetahuan saya, di era sepakbola modern seperti sekarang ini Bung, tipe pemain Classic No. 10 ini sepertinya nyaris punah Bung, ini disebabkan karena taktik sepakbola modern yang sudah bagai tidak punya tempat lagi untuk sosok yang memangku jabatan sebagai pemain Classic No. 10.. Tipe pemain Classic No. 10 ini adalah seorang playmaker yang bukan playmaker biasa melainkan ia adalah seorang trequartista atau fantasista.. Di mana posisinya biasanya berada di belakang dua penyerang depan. Misalkan dalam pola 4-3-1-2 atau 3-4-1-2. Nah, itu yang angka 1 disitulah biasanya pemain Classic No. 10 posisinya. Tipe pemain Classic No. 10 inilah yang biasanya menjadi roh atau nyawa tim Bung.." Penjelasan Bung Bo-Ol belum selesei, lanjutannya ada di bawah ini.

"..Aplikasinya di lapangan, tipe pemain Classic No. 10 cenderung diam atau mencari posisi kosong di luar kotak penalti, dan kalau timnya keserang, dia biasanya tidak turut membantu bertahan, akan tetapi apabila tim mau menyerang biasanya yang pegang bola suka langsung umpan kepadanya, dari situlah kemudian dia menjadi otak serangan daripada tim, ialah yang mengontrol permainan tim Bung.. Dan tipe pemain ini biasanya diberi kebebasan di dalam berkreasi Bung, ia adalah dirigen tim Bung.. Sekalinya ia menyentuh bola, maka selanjutnya mahakarya akan tercipta Bung.. Ia punya kemampuan mengalirkan bola ke depan, ia punya kemampuan mendobrak pertahanan lawan, dan ia pun punya kemampuan untuk mencetak gol sendiri lewat aksinya Bung, intinya ia adalah sosok yang punya visi yang luas di lapangan sebagai jenderal tim.." Penjelasan Bung Bo-Ol belum beres, lanjutannya ada di bawah ini.

"..Sehingga tipe pemain Classic No. 10 ini haruslah pemain yang punya teknik tinggi, punya dribble accuracy yang tinggi, ball control yang tinggi, punya umpan yang akurat, tapi kalau top speed nggak perlu cepat juga nggak apa-apa.. Sehingga tipe pemain Classic No. 10 ini, karena kalau kata orang sunda bisa dibilang ngageboy gitu Bung ya, sehingga ia kecenderungannya tidak mencari celah untuk menerima umpan terobosan.. Gitu Bung kira-kira."

"Contoh-contoh tipe pemain ini Bung?"

"Kalau dulu ada yang namanya Roberto Baggio Bung di Brescia, terus ada nama Rui Costa di AC Milan, terus ada Zinedine Zidane di Juventus, terus ada Ronaldinho di PSG, Juan Roman Riquelme di Boca Juniors.. Kini mungkin yang tersisa hanya Francesco Totti di AS Roma."

"Bagaimana dengan Miralem Pjanic?.. Saya tau dari data pes stats doi punya player index Classic No. 10?"

"Iya kalau pelatih memakai skema untuk menempatkan Pjanic pada posisi Classic No. 10.. Maka ia punya kompetensi untuk mengemban tugas tersebut.. Karena kita tau bersama bahwa, Pjanic mempunyai teknik yang tinggi, dribble accuracy yang tinggi, umpan yang akurat, dan walaupun larinya kalau kata orang sunda boyot Bung its no problem."

"Dulu juga ada yang namanya Alessandro Del Piero ya Bung?"

"Penjelasannya ya hampir serupa dengan penjelasan saya mengenai Miralem Pjanic.. Del Piero tidak jadi tersisihkan karena doi mampu beradaptasi dengan baik dengan peranan sebagai second striker atau pernah juga jadi penyerang sayap di sebelah kiri di era sepakbola modern."

"Kalau Lionel Messi?"

"Ya, sama juga penjelasannya hampir serupa dengan penjelasan saya mengenai Miralem Pjanic.. Di samping itu pula Lionel Messi ibaratnya lahir di era sepakbola modern ini Bung."

Baiklah pemirsa. Demikianlah kultum bola kita kali ini mengenai Ngomongin Tipe Pemain Classic No. 10 Bersama Bung Bo-Ol. Terima kasih atas perhatiannya. Jayalah terus sepakbola dunia. Salam olahraga!

"Terima kasih Bung Bo-Ol."

"Sama-sama Bung."

Saranghaeyo.. Gomawoyo.. :D

sumber foto: cesololaroma.org

Comments
12 Comments

12 komentar

Ternyata kalau di kumpulkan semua banyak juga ya kang pemain classic no 10, ahi hi hi, tapi kalau saya mah kesukaannya no 7 kang.

ketahuan dehh yang ngefans sama francesco Totti mh :p

Haha benar kang harus punya skill dan dribling yang tinggi enggak ngageboy kan yah :D

Btw ngomong-ngomong dribling mh inget nya ke Ronaldinho kangg..

denger boca junior jadi inget dulu tuh kang waktu bagus-bagusnya boca, jadi dengan sepakbola modern tipe pemain classic no 10 jadi hilang ya kang diar :)

eh btw toti itu masih main ya sampai sekarnag, akus udah ajrang liat sepak bola. udah gak terlalu hobi haha

Saya nggak hobi sepak bola, jadi nyimak saja

sama kang, Saya hanya bisa nonton aja, kalo main udah kagak bisa lari, :D

Hehehehe Justru sedikit kang nurul wkwkwkwkwkw hehehe :D

Saya dulu ngefans sama Alessandro Del Piero Kang Effendi, masih satu angkatan sama Totti,,, :D

Hehehehehe... :D

Iya Ronaldinho punya kemampuan classic no 10, paling tidak menurut data pes stats hehehehehe :D

Iya kang hendri,,, soalnya ketika classic no 10 bisa dilumpuhkan secara otomatis tim itu akan mati alias kalah... Nah, seiring perkembangan zaman tentunya para pelatih berpikir dong ya apabila memakai taktik classic no 10 sebagai pusat maka tim akan ketebak... wkwkwkwkw hehehehehehehehe :D

Iya masih muhai... kabar terakhir musim ini adalah musim terakhir totti bermain.... :D

Hehehehehehehe... Iya siiippp makasih kunjungan akang-akang hehehehehe :D

baik coach diar saya mengerti sekarang :)


EmoticonEmoticon