Thursday, June 16, 2016

Tips Jadi Ayah Muda yang Soleh di Bulan Puasa

Tips Jadi Ayah Muda
Kalau kamu pernah nonton film mengenai Cristiano Ronaldo, waduh saya lupa lagi judul filmnya nih ya, maka kamu akan tau kalau salah satu impian Cristiano Ronaldo adalah menjadi ayah muda. Perlu ditekankan sedikit ya, ini bukan nikah muda ya tapi jadi ayah muda. O tentu dengan popularitas dan kegantengan dan harta yang dimiliki, doi bisa mengabulkan impiannya menjadi ayah muda tanpa perlu nikah muda. Zaman sekarang gitu lo. Iya kan? :D

Dan terbukti ya, dengan bangganya Cristiano Ronaldo ngomong bahwa ia adalah ayah muda, di usia dua puluh limaan sudah punya anak, walaupun belum punya istri. Kamu jangan heran dulu ya mengenai kasus Cristiano Ronaldo yang punya anak tapi belum punya istri, dan mendingan kita jangan kupas panjang-panjang mengenai masalah ini, biarlah urusan Cristiano Ronaldo, itu gaya hidup Cristiano Ronaldo, akan lelah sendiri apabila ngomongin gaya hidup seseorang. Iya kan? :D

Nah, tapi, marilah sekarang kita fokus ke menjadi ayah muda. Jujur, saya belum punya anak ya, dan juga belum menikah saat ini, semoga entar dong ya, karena hidup sendirian itu kalau mengutip kata pujangga di lagu Bang Haji Rhoma adalah taman tanpa bunga. Maka dari itu, entar juga saya kepingin kawin dong ya, biar hidup ini kayak taman yang berbunga. Iya kan? :D (((Ya Allah hamba memohon jodoh yang cantik dan solehah, amin)))

Nah, mengenai sosok ayah muda ini, saya punya contohnya nih ya, yaitu teman saya sendiri, namanya sebut saja Solihin, O tentu saja dong itu nama samaran, karena saya nggak kepingin bikin teman saya jadi terkenal di my blog ini, sehingga saya nanti nggak akan cantumkan fotonya di sini. Sehingga saya punya dasar nih ya untuk membahas mengenai tips jadi ayah muda. Karena ini masih dalam rangka atmosfer bulan ramadhan, sehingga judulnya jadi gini: Tips Jadi Ayah Muda yang Soleh di Bulan Puasa.

Solihin mengaku, atau pernah cerita sama saya, berkat menjadi seorang ayah, ia jadi kepingin menjadi ayah yang baik bagi anaknya, ia ingin hidup menjadi lebih baik lagi, ia kepingin jadi suri tauladan bagi anaknya. Nah, atas dasar pengakuan tersebut, sehingga, kita bisa menilai dong ya, kalau Solihin, dengan niatnya itu, menjadikan dirinya menjadi sosok ayah muda yang soleh. Ini setuju kan dong. Setuju aja deh biar cepet. O tentu sosok Solihin, berbeda sekali dengan Cristiano Ronaldo, walaupun keduanya sama-sama berstatus sebagai ayah muda, perbedaan yang paling mencolok adalah ini: Solihin nikah dulu baru bisa kemudian punya anak, kemudian jadi ayah muda. Gitu. Ini mengerti kan dong.

Baiklah, sekarang, kayaknya, bisa langsung saya sambungkan dengan judul. Ini dia Tips Jadi Ayah Muda yang Soleh di Bulan Puasa:

1. Harus puasa dong

Iya dong. Untuk menjadi ayah muda yang soleh di bulan puasa, maka yang pertama harus dilakukan adalah harus puasa dong ya. Kecuali ada hal-hal yang bikin jadi nggak bisa puasa, misalkan karena sakit gitu ya. Seorang ayah kan nggak akan dilanda haid, sehingga, kalau nggak sakit ya tentunya nggak ada alasan lain gitu deh. Betul nggak?

Nah, Solihin, sebagai seorang ayah muda, yang usianya masih sekitar 28 tahunan, dan sudah punya anak satu yang usianya sekitar 3 atau 4 tahunan. Solihin juga puasa ya. Karena ia kepingin jadi contoh yang baik bagi anaknya.

Solihin bagai nggak mau jadi cela bagi anaknya ketika misalkan anaknya sedang bermain dengan anak-anak yang lain. Soalnya dulu, ia pun pernah kecil ya, sehingga ia tau guyonan-guyonan anak kecil ketika sedang bermain bareng sesama, suka mengolok-ngolok ayah apabila kedapatan sang ayah nggak puasa.

Misalkan ada tiga orang anak, sebut saja namanya ini: Dadang, Dudung, Diding. Nah, ayahnya Diding, ketahuan oleh Dadang dan Dudung, bahwa doi nggak puasa. Sehingga saat Dadang dan Dudung dan Diding sedang bermain bersama, tak pelak lagi, Diding jadi bulan-bulanan Dadang dan Dudung akibat ulah ayah Diding yang nggak puasa. "Ayahmu nggak puasa hey Diding.. Ole ole ole."

2. Memperkenalkan kitab suci Al-Quran sama anak yang masih kecil itu

Memang anak yang masih kecil itu sudah biasa belajar ngaji di TPA/TKA misalkan, atau sengaja mendatangkan guru ngaji gitu ya. Akan tetapi, di sini, peranan Bro sebagai seorang ayah, seorang ayah muda gitu ya, nggak serta merta berhenti sampai situ, nggak sampai berhenti di tahapan ngemodalin biaya belajar ngaji anaknya, tapi kudu ada sentuhan kamu juga dong. Paling enggak yang mengingatkan kembali mengenai hafalan mengaji anaknya. Ini juga termasuk doa-doa ya, seperti doa mau makan, doa mau bobo, dan lain-lain dan lain-lain.

Nah, sehingga, di sini, Bro mesti punya pengetahuan tersebut dong ya. Sehingga Bro kudu bisa mengaji Al-Quran. Hafal doa mau makan. Hafal doa udah makan. Hafal doa mau bobo. Hafal doa bangun bobo. Hafal doa masuk ke kamar mandi. Hafal doa keluar dari kamar mandi. Dan lain-lain. Dan lain-lain. Ini mengerti kan dong.

3. Memperkenalkan sholat pada anak yang masih kecil itu

Seperti halnya Solihin, ia suka ajak anaknya yang masih kecil itu untuk sholat berjamaah di masjid. Biarin anak yang masih kecil itu belum bisa sholat juga, ini kan dalam rangka memperkenalkan sholat, khususnya sholat berjamaah. Paling tidak itulah yang dilakukan oleh Solihin, teman saya, Si Ayah Muda.

"Ini seribu buat Jalu.." kata Solihin pada anaknya. "..Yang Seribu ini buat Papa."

Anaknya Solihin sebut saja Jalu namanya, soalnya anak laki. Jalu manggut-manggut sambil menerima uang seribu dari Solihin.

"Entar Jalu masukin uang yang seribu itu ke kencleng.. Entar Papa juga bakalan masukin uang Papa yang seribu ke kencleng."

Jalu tersenyum mengerti.

Itu kayaknya Solihin sedang mengajarkan anaknya untuk bersedekah. Dan kayaknya situasi tersebut, ada pada saat sedang sholat jum'at, atau bisa juga saat sedang sholat tarawih. Pokoknya situasi di dalam masjid, yang mana itu kencleng masjid suka disodor digilir. Gitu. Ini mengerti kan dong.

Sip ya. Itulah mungkin Tips Jadi Ayah Muda yang Soleh di Bulan Puasa. Semoga bermanfaat aja deh. O tentu saja tips di atas banyak sekali kekurangan, soalnya yang nulisnya belum kawin nih ya dan belum punya anak, makanya doain dong biar cepet-cepet kawin dan punya anak, amin. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Terima kasih atas perhatiannya. "Bulan puasa telah datang, udah dong jangan bimbang-bimbang."

Saranghaeyo.. Gomawoyo.. :D

Insert foto: Cristiano Ronaldo and Son.. :D

Comments
8 Comments

8 komentar

Whaha Cristiano Ronaldo hebat juga ya punya anak tapi gak punya istri :D apa Cristiano Ronaldo buat sendiri kali ya :D

Btw untuk menjadi ayah muda kita harus mempersiapkan segalanya ya kang ? Ya salah satunya mempersiapkan seorang istri :D masa mau jadi ayah muda gak punya istri :p Emangnya loe Cristiano ronaldo .wkwkwk

Kang Diar bohong ya bilang pujangga segala :p katanya dalam artikel sebelumnya mau di jodohkan sama Bae Suzy :D haha

Ini mirip cita-citaku. Aku ingin menjadi sosok ayah muda yang baik, tapi bukan sosok suamai yang baik. Karena aku doyan nikah. Maklum tergoda dengan rasa setiap wanita, rasa farfumnya ya ? Aku juga mirip dengan CR soal wajah.

serem juga yah kang udah jadi ayah tapi ga punya istri :D

lebih mistis dari film hantu ya :D

yaudah lah lakum dinukum aja yah kang hehehe lagian bulan puasa ga boleh ngomongin kejelekan orang yah,

saya setuju tuh sama 3 point diatas kang, taapi sayang sekali yah anak saya mah masih berusia 3 bulan ini teh :)

jadi belum bisa dipraktekin ya :)

Ya Allah keren sekali ini..
Ada Tips menjadi ayah muda di blog orang yang lagi jomblo..

Tips dari kang diar ini sangat bagus sekali sepertinya ini adalah salah satu tips terbaik deh kang.

sungguh luar biasa, ini dia tipe ayah muda dan soleha seryta membimbing keluarga dalam hal agama :D

Alhamdulillah kang, selama ini saya selalu menjadi panutan buat anak-anak saya dalam berpuasa. Secara gitu lho, anak-anak saya msh kecil2 dan dalam tahap belajar berpuasa, maka saya harus menjadi contoh yang baik buat mereka dalam berpuasa.

kemungkinan point diatas bkal berpengaruh jg loh kang ke istrinya. hayo apa cobaaa?? :D selain membuat anak mnjd sholeh dan baik budi.. pengaruhnya ke istri jg ada..


EmoticonEmoticon