Wednesday, June 1, 2016

Tips Berbuka Puasa Di Luar Biar Sholat Maghrib Nggak Kelupaan

Tips Berbuka Puasa Di Luar Biar Sholat Maghrib Nggak Kelupaan
Baiklah, kita sambut pembawa acara kita: Diiiaaarrrr. "Assalamualaikum wr. wb.. Bulan puasa yang lalu telah berlalu, jangan galau dulu karena bulan puasa akan kembali menghampirimu.. Baiklah jamaah hey jamaah yang dimuliakan oleh Allah SWT, setelah sebelumnya kita udah bahas mengenai Tips Berbuka Puasa Biar Sholat Maghrib Nggak Kekenyangan.. Kini kita akan bahas mengenai Tips Berbuka Puasa Di Luar Biar Sholat Maghrib Nggak Kelupaan."

Dulu, waktu bulan puasa, saya pernah lo ya berbuka puasa di luar, bersama teman-teman. Malahan udah beberapa kali lo ya, percaya deh. Nah, ada satu kejadian, yang suka kejadian gitu ya pada saat berbuka puasa di luar, yaitu suka kelupaan gitu ya menunaikan sholat maghrib, karena berbagai alasan.

Kalau kamu ketemu teman saya yang mantan Ketua Remaja Masjid di sekolahan dulu, dan setelah doi lulus kuliah, doi adalah calon ustadz gitu ya, terus mendengar kamu curhat gini sama doi. "Gila tadz.. Kemarin waktu bukber bareng temen-temen, gue kelupaan sholat maghrib, jadi gue sukses puasa hari itu full tapi gue nggak sholat maghrib."

"Astagfirulloh.. Itu hati-hati tuh, sholat maghrib itu wajib."

"Iya gue juga nyesel nih tadz."

Nah, itu curhat saya tuh sebenarnya, curhat sama temen saya yang di usia lulus kuliah doi sudah dipercaya jadi imam di masjid Pak Haji Dede, nah masjid yang terkenal dengan sebutan masjid Pak Haji Dede ini lokasinya bukan di samping rumah saya melainkan di dekat rumah nenek saya, dari rumah saya kira-kira jaraknya sekitar 500 meteran. Soalnya, doi, bacaan sholatnya bagus ya, panjang pendeknya itu pas gitu ya, dan nggak bikin ngantuk, punya lagam yang khas deh pokoknya, sehingga walau masih muda tapi yang tua-tua suka nyilahkan-nyilahkan doi untuk pimpin sholat di depan.

Nah, jadi gimana gitu ya, sukses puasa di hari itu tapi meninggalkan sholat wajib di hari itu, waduh. Saya lupa lagi nih ya waktu itu, teman saya yang suka saya panggil ustadz itu ngatain saya apa gitu ya, serius lupa lagi nih, namun intinya, bahwa apa yang terjadi sama saya adalah hal yang menurut doi tidak baik, dan saya akui itu.

Nah, saya ingat ya, waktu buka puasa bersama di luar itu saya kelupaan sholat maghrib karena saya pake celana jins selutut sementara di tempat makan itu, di tempat sholat yang kecil itu, nggak tersedia sarung. Gitu. Ini mengerti kan dong.

Nah, maka dari itu, di sini saya tertarik untuk berbagi mengenai Tips Berbuka Puasa Di Luar Biar Sholat Maghrib Nggak Kelupaan. Ini dia, cekidot:

1. Pastikan tempat makan buat berbuka terdapat tempat untuk sholat maghrib

Nah, jadi, sebelum kamu dan rombongan makan di situ, mendingan kamu tanya dulu deh, apa di sana terdapat tempat sholat apa enggak. Kalau misalkan ada, ya bagus tuh ya, sehingga nanti kamu dan rombongan bisa menunaikan sholat maghrib di situ. Sehingga berbuka puasa pun jadinya nyaman, karena kamu nggak akan resah entar sholat maghribnya di mana gitu, maklum kan di bulan ramadhan iman kamu lagi tebel-tebelnya.

Sip kan dong ini.

Oh iya, kalau misalkan nggak ada buat sholat, mendingan kamu terus bilang gini aja. "Wah kayaknya kami nggak bisa berbuka puasa di sini, soalnya kami nanti takutnya saat berbuka puasa jadi keinget-inget terus entar sholat maghribnya di mana ya." Percaya deh, entar juga, yang dari tempat makan itu akan mengerti. Sehingga mereka akan memperbaiki diri, ke depan bisa jadi mereka akan membangun tempat khusus buat sholat, insha Allah ya hehe, doain aja.

2. Pastikan, kalau kamu cowok pakailah celana panjang gitu ya, dan kalau cewek nggak ada salahnya untuk sedia mukena dari rumah biarin repot juga yang penting kan entar bisa sholat maghrib gitu

Nah, ini buat jaga-jaga aja gitu ya, seperti yang terjadi pada saya saat itu, tempat untuk sholat di tempat makan itu ada ya, tapi sayangnya nggak ada sarung gitu ya, sehingga saya jadi alpa sholat maghrib saat itu.

"Udah pake mukena aja tuh," saran teman saya yang cewek. Mungkin saat itu, iman saya sedang tipis, sehingga saya nggak ngikutin saran tersebut. Jadi pake mukena bawahannya aja, kan bisa kayak sarung tuh kan ya.

Tapi biasanya sih, kalau ada tempat sholatnya biasanya suka tersedia sarung dan juga mukena, tapi ini buat jaga-jaga aja. Sedia payung sebelum hujan gitu deh.

3. Harus ada niat dong ya

Maksudnya di sini adalah. Tempat makannya udah syariah gitu ya, ada tempat buat sholatnya lengkap dengan seperangkat alat sholat, eh tapi kamunya yang nggak niat untuk sholat maghrib, cuman buat untuk berbuka puasa aja biarin nggak sholat maghrib juga ah. Kalau kamu kayak gitu, waduh, entar kamu diketawain sama teman saya yang ustadz muda itu. Malu kan dong.

Sip ya. Apa yang barusan saya ungkap di atas, tolong jangan dianggap menggurui gitu ya, itu cuman sekedar untuk mengingatkan saya aja, bahwasanya saya dulu pernah begini: sukses full puasa hari itu, namun nggak sholat maghrib, gitu.

Baiklah, jamaah hey jamaah yang dimuliakan oleh Allah SWT. Kiranya itu yang bisa disampaikan mengenai Tips Berbuka Puasa Di Luar Biar Sholat Maghrib Nggak Kelupaan. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Terima kasih atas perhatiannya. "Bulan puasa yang lalu telah berlalu, jangan galau dulu karena bulan puasa akan kembali menghampirimu.. Wassalam."

Saranghaeyo.. Gomawoyo.. :D

Insert foto: pemain bola Mesir, Mohamed Salah, sedang sujud syukur, biasa doi lakukan kalau sudah sukses menciptakan gol.. :D

Comments
15 Comments

15 komentar

Boleh usul gak nih mas Diar ? menurut saya Niat di nomor satu'kan mas. kalau pertamanya niat pasti Mukena buat perempuan dan sarung buat laki-laki juga pasti di bawa :) kalau tidak ada niat percuma bawa sarung sama mukena tapi gak sholat. Btw bener juga tuh saran nya mas kalau ada rencana buat berbuka puasa di luar pastikan memilih tempat yang ada musholanya atau setidaknya tidak jauh dari tempat ibadah biar gak repot apalagi lupa :D hhe

Untungnya nih udah banyak lesehan yang menyediakan mushola, jadi kalau di luar kota pasti tujuan tempat bukbernya lesehan dengan makanan khas sunda, mantap deh.. mantap mahalnya.

iya saya juga pernah kang diar, waduh kayanya dulu saya percuma nahan puasa lama2 eh malah ga lupa solat magrib gara2 ikutan bukber ke tempat yang ga ada mushola nya.

kalo saya sih mendingan buka dirumah aja, kalo makan diluar kan bisa jam8an habis tarawih :)

banyak godaan meninggalkan maghrib kalo laagi bukber :)

Paling utama niatnya dulu diluruskan pak, hehehe... Kalo udah niat, langkah berikutnya pasti lebih mudah dan ikhlas. Ya betul yang cowok sebaiknya pake celana panjang, biar nggak repot kalo mau sholat.

wah tausiyah versi kang diar nih mantap nih ntar habis tarwih persiapan buat kultum bagi bapak bapak ibu ibu ya kang :D

Nah yg lebih penting shalat magribnya jgn sampe dilaksanakan pas waktu subuh

sip siip.. saya setuju dengan kang fendi..

Sholat 5 waktu dan puasa Ramadan itu wajib hukumnya, jadi jangan sampai ditinggalkan apapun alasannya ya kang, harus ada persiapan matang kalau memang ada acara2 tertentu.

@Kang Effendi: Oh boleh dong Kang Effendi, justru itu bagus, dan kayaknya saya setuju sama usul Kang Effendi tersebut... Mantep.. Siiiippppp... :D

@Kang Maman: Iya setuju kang... :D

hahahaha mantap mahalnya ya Mbak Dewi, hahahahahaha :D

Waaah kalo gitu, kita samaan nih kang Hendri... Iya kayak gitu...

Setujuuu.. bisa abis tarawih, atau saat yang lain sedang tarawih, soalnya kan tarawih kan sunat, bisa dilakukan sendiri di rumah,,, hehehehehe :D

Iya, contohnya ada paha ayam hehehehehehehehe :D

Iya betul mesti meluruskan dulu niat ya mas hendra, setujuuuu... :D

Bisa dipake buat kultum ya kang, hahahaha :D

Iya betul kayak gitu kang, idealnya kayak gitu... mantepppp... :D


EmoticonEmoticon