Thursday, June 2, 2016

Hal-hal yang Bisa Kamu Pelajari Kembali di Bulan Puasa

Hal-hal yang Bisa Kamu Pelajari Kembali di Bulan Puasa
Jamaah hey jamaah yang dimuliakan oleh Allah SWT. Mungkin jamaah hey jamaah ada yang masih bingung sekiranya entar dipertemukan kembali dengan bulan ramadhan yang penuh berkah, entar mengisi waktunya mesti ngapain aja ya kira-kira biar ibadah puasanya menjadi afdol, bosen kan dong kalau misalkan dengan menghabiskan waktu dengan tidur melulu dari adzan subuh sampai adzan maghrib maklum masih nganggur tadz hehe.

Baiklah kita sambut pembawa acara kita: Diiiaaarrr. "Assalamualaikum wr. wb.. Bulan puasa yang lalu telah berlalu, jangan galau dulu karena bulan puasa akan kembali menghampirimu.. Baiklah jamaah hey jamaah yang dimuliakan oleh Allah SWT, ini masih dalam rangka menyambut kedatangan bulan ramadhan ya.. Sekarang kita akan bahas mengenai Hal-hal yang Bisa Kamu Pelajari Kembali di Bulan Puasa."

Saya masih ingat, waktu malam minggu, waktu saya sedang berada di kamar karena sedang ngeblog gitu ya, sementara di masjid samping rumah saya sedang ada pengajian bapak-bapak, dan ceramah ustadznya menggelegar di speaker masjid, sehingga walaupun saya nggak ikut pengajian, dengan kebetulan saya jadi bisa mendengar ceramah sang ustadz. Samar-samar saya masih ingat kalau sang ustadz ngomong gini. "Pelajari kembali, apa sholat kita udah betul apa belum, bacaan dan gerakannya udah betul apa belum."

Baiklah, jamaah hey jamaah sekarang mendingan kita langsung aja deh, bahas mengenai Hal-hal yang Bisa Kamu Pelajari Kembali di Bulan Puasa. Ini dia, cekidot:

1. Kamu bisa pelajari kembali sholat kamu

Ini kita sedang ngomongin mengenai tata cara sholat ya. Ini saya ada pengalaman juga sih ya. Seingat saya, saya belajar sholat itu waktu kecil ya, tau mendapatkannya waktu di sekolah dasar, tau waktu suka disuruh ibu saya buat ngaji ke ustadz di sore hari bersama anak-anak yang lain.

Nah, pengetahuan itu sudah saya dapatkan sejak kecil, namun seiring bergulirnya waktu, jujur saya akui kalau kemudian sholat saya suka bolong-bolong gitu ya, malahan ada masa di mana saya suka tidak sholat full gitu ya dan itu adalah masa kegelapan tentunya dong ya. Sehingga bikin pengetahuan itu perlahan menjadi agak-agak lupa lagi. Dan terjadi pada saya lo ya. Waktu udah lama banget nggak pernah sholat, sekalinya sholat lagi saya lupa lagi bacaannya lo ya, waduh, tulung tulung.

Nah, maka dari itu, saya curiga, ada orang yang nggak jauh-jauh amat sama saya, sehingga kita mesti pelajari kembali sholat kita, apa udah bener apa belum.

Menurut pengalaman saya, sejauh yang saya tau bacaan doa iftitah aja ada 3 kalau nggak salah, ini bisa dipilih gitu ya, dan semuanya harus ada hadis-hadisnya, hadisnya yang sahih dong. Paling tidak itulah yang dikatakan sama teman saya yang ustadz muda saat saya bertanya mengenai bab bacaan sholat.

Entar, apabila kamu mempelajari kembali bab sholat, kamu akan jadi tidak heran apabila menemukan perbedaan-perbedaan di masjid yang pluralisme, dan kamu akan jadi bisa menghargai perbedaan tersebut. Insha Allah ya. Contohnya saat sholat subuh, ada yang pake doa qunut, ada yang enggak, sekali lagi kita harus menghargai perbedaan tersebut, tentunya itu ada dalil-dalilnya masing-masing.

Atau sederhananya gini aja deh. Kan suka ada gitu ya buku mengenai Tata Cara Sholat. Nah, kamu pelajari itu, kalau ada yang nggak ngerti, ya kamu tanya dong sama yang ngerti, di sini berarti sama ustadz ya.

Misalkan kamu sedang mengikuti kultum. Nah terus yang ceramah ngomong gini. "Ada yang ditanyakan?"

Nah, kamu ngacung tuh ya, tanyakan apa yang kamu nggak ngerti mengenai bab sholat itu, nggak apa-apa bertanya melenceng dari topik juga, misalkan tadi ceramah kultumnya bab sedekah. Percaya deh. Nggak akan apa-apa. Yang tadi kultum bakalan ngerti deh. Nggak akan kayak blogger deh pokoknya, kalau komen melenceng dari topik, suka dianggap spam hehe. Sip ya. :D

2. Kamu bisa pelajari kembali hafalan kitab suci Al-Quran kamu

Misalkan mengenai panjang pendeknya. Dan lain-lain dan lain-lain. Saya punya cerita nih ya. Dulu, saat saya udah dewasa ya, saya tertarik untuk belajar agama gitu ya, kebetulan saat itu sedang bulan ramadhan, saya tidak sendirian melainkan bersama dua teman saya yang sama-sama kepingin juga belajar agama.

Nah, di satu pertemuan, kita akan belajar membaca Al-Quran, guru ngajinya menyuruh kita-kita untuk membaca Al-Quran secara bergantian. Nanti kalau ada salah-salah bacanya, nanti langsung dibetulin sama guru ngajinya. Karena saya sudah belajar membaca Al-Quran sejak SD ya, dari mulai IQRA gitu ya, sehingga saya bisa membaca Al-Quran dong ya, akan tetapi ketika saya membacanya saya pun ada salah-salah ya mengenai panjang pendeknya soalnya kan sebelum-sebelumnya saya jarang-jarang suka baca Al-Quran atau malahan nggak pernah sama sekali baca Al-Quran, dan langsung dibetulkan sama guru ngajinya saat saya ada salah-salah itu.

Nah, tibalah kemudian giliran teman saya. Nah, teman saya yang satu ini, kok diam aja gitu ya, nggak mulai ngaji-ngaji. Tentulah karena diam aja sehingga bikin saya dan yang lain pada memandang ke arahnya. Tampak raut mukanya demikian cemas bagai anak SD yang boker di celana saat sedang pelajaran gitu ya tapi malu untuk ngomong ingin boker kepada guru. Dari dahinya keluar keringat dingin.

"Ayo silahkan giliran kamu yang baca," kata guru ngaji dengan lembut dan santun pada teman saya itu.

Tanpa melihat ke arah guru ngaji, sambil menundukkan pandangan, teman saya itu kemudian ngomong gini. "Maaf ustadz saya nggak bisa baca Al-Quran."

Tentulah jawaban dari teman saya itu jadi bikin saya dan yang lain terkekeh gitu ya. "Hehe.."

"Lu kemana aja waktu kecil, udah gede bongsor gini nggak bisa baca Al-Quran?" Goda saya saat pulang pengajian.

"Gue waktu kecil, saat gue disuruh oleh ibu gue untuk belajar ngaji, gue suka sembunyi di sawah gitu ya, jadi gue nggak belajar ngaji saat itu sampe sekarang."

"Waduh, pantesan tuh ya hehe."

Eh tapi, nggak ada kata terlambat dong ya untuk belajar membaca Al-Quran, walaupun udah gede nggak bisa baca Al-Quran akan tetapi apabila punya keinginan kuat untuk belajar, maka akan bisa nantinya. Dan terbukti ya. Teman saya itu, akhirnya bisa membaca Al-Quran, malahan saat taudz gitu ya, doi suka berlagak kayak mau ikut lomba MTQ.

Baiklah jamaah hey jamaah yang dimuliakan oleh Allah SWT. Kiranya itu mungkin ya yang bisa disampaikan mengenai Hal-hal yang Bisa Kamu Pelajari Kembali di Bulan Puasa. Semoga mendapat keridhoan-Nya aja deh. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata, dan saya menerangkannya membingungkan itu ya, maklum kan saya bukan ustadz tapi kepingin sotoy-sotoyan gitu ya posting mengenai hal-hal yang ada sangkut pautnya dengan pelajaran Agama Islam. Terima kasih atas perhatiannya. "Bulan puasa yang lalu telah berlalu, jangan galau dulu karena bulan puasa akan kembali menghampirimu.. Wassalam."

Saranghaeyo.. Gomawoyo.. :D

Insert foto: tuh liat dong Mohamed Salah juga kayaknya suka baca Al-Quran.. :D

Comments
15 Comments

15 komentar

Banyak hal positif yang bisa dilakukan saat puasa. meskipun beda kepercayaan, tapi I feel that bruh. selain semakin mempererat antara manusia dan Tuhan, puasa tahun ini mungkin akan kerasa lebih seru dengan adanya Euro 2016... huhuhuy

Ya, setuju jev, ngomong2 euro dukung mana? Curiga dukung Inggris, kalo gue Italia dong... hehehehehe

Makasih kunjungannya Jev... Makasih atas toleransinya jev... Siiiippppp :D

semua setuju kalau bulan puasa sangat penuh dengan hikmah, banyak hal yang baik yang dapat di petik dari bulan ramadhan tersebut, salam kenal brow,...

Benar kang diar hal-hal yang bisa kita pelajari kembali di bulan ramadhan tentu kalau bisa harus tentang keagamaan ya seperti belajar kembali sholat yang benar dan menghafal Al-quran serta rajin-rajin lah pergi ke pengajian walaupun hanya mendengarkan di dalam kamar dan masih samar-samar tapi kang diar ini masih bisa memberikan Tips seperti ini. Coba aja kang diar waktu itu mendengar nya di depan pa ustadz pasti bisa lebih dari ini :)
Untuk bulan puasa tahun ini kita kurangi ngBlog dan perbanyak mengaji :) hhe atau setidaknya seimbang ya kang .hhe

Pelajaran yang bermakna
Menyambut bulan puasa
Lebih taat perintah-Nya
Agar bebas dari segala dosa..

Mari kita muliakan bulan Ramadan yang akan segera datang, biasanya kita semangat di awal aja, mulai sekarang kita tekadkan agar semangatnya full.... satu bulan penuh ya kang....

Setuju kang.! Banyak halpositif yang dapat kita lakukan, seoerti halnya solat sudah benarkah solat kita.!

Nice share kang. Yang jelas di bulan puasa ini, kita tingkatkan lagi ibadah nya, kayak sholat dan ngaji juga lebih sering ya kang ya...

Pokoknya kita sambut Ramadhan dengan penuh suka cita

Iya salam kenal kembali bro siiiippppp :D

Hmn.. Ngeblog mesti dikurangi ya, dan perbanyak mengaji.. hmnnnnn hehehehehehehehehehehehehe :D

Curiga setuju sama Kang Effendi nih ya saya... Siiipppp Kangggggggg.... hehehehehehehe :D

Subhanalloh
Subhanalloh
Subhanalloh
Subhanalloh

Hehehehehehehe :D

Haha, iya bener kang semangatnya suka diawal-awal aja kebanyakan,,, iya dong mesti full semangatnya sampai takbiran...

Siiipppp kang nih.... :D

Yup, mas admin bos... Siiiipppp :D

Yup bener banget mas hendra,,, pokoknya kita sambut dengan suka cita bulan ramadhan.... mantaaaappppp :D

Datang lagi kang sambil nunggu sahur...


EmoticonEmoticon