Monday, May 30, 2016

Tips Menyambut Bulan Ramadhan dari Orang yang Bukan Ustadz

Tips Menyambut Bulan Ramadhan
Tips Menyambut Bulan Ramadhan ini disampaikan di sini, karena kata khotib jumat hari jumat yang lalu di masjid di mana saya jadi jamaah sholat jumat di sana di dalam khutbahnya beliau menyinggung-nyinggung yang intinya bentar lagi mau bulan Ramadhan, dan lagi pula saat saya blogwalking beberapa teman blogger sudah pada bikin konten yang berhubungan dengan bulan Ramadhan, maka dari itu, tidak ada salahnya apabila di sini pun kita meriahkan bulan puasa yang sebentar lagi akan kita jelang bersama-sama wahai kaum muslimin dan muslimat dengan bikin postingan yang berhubungan dengan bulan puasa.

Baiklah, kita sambut pembawa acara kita kali ini, Diiiaaaarrrr. "Assalamualaikum wr. wb.. Bulan puasa yang lalu telah berlalu, jangan galau dulu karena bulan puasa akan kembali menghampirimu." Itu saya sedang meniru gaya David Naif ya di acara Berpacu Dalam Melodi, bagus nih kata-katanya: satu hari kita berpisah, satu hari umur kita bertambah. Mendengarnya, saat sedang nonton Berpacu Dalam Melodi, selalu suka bikin saya terus tersenyum lo ya.

Baiklah jamaah hey jamaah, mendingan kita langsung aja nih ya, kita bahas mengenai tips menyambut bulan ramadhan, ini dia, cekidot:

1. Siapin mental dong ya

Pernah denger kan dong, kalau tujuan dari bulan ramadhan salah satunya adalah untuk meraih kemenangan. Nah, di mana-mana untuk meraih kemenangan, maka diperlukan mental juara, kalau nggak percaya coba kamu tanya deh sama Bung Towel atau Bung Binder Singh.

Pernah dengar ungkapan ini nggak: DNA Juventus. Jadi DNA Juventus ini adalah, sejauh yang saya tahu, adalah mental yang dimiliki oleh kesebelasan Juventus dalam menghadapi pertandingan, sebelum peluit berbunyi pertanda berakhirnya pertandingan maka tetap aja terus berjuang gitu ya untuk memenangkan pertandingan. Misalkan Juventus tertinggal kedudukannya, tapi dengan DNA Juventus, dengan mental juara gitu ya, saat peluit ditiup wasit pertanda pertandingan udahan eh kedudukan jadi malah berbalik: Juventus jadi berbalik unggul.

Begitupun saat kita sedang berpuasa di bulan suci ramadhan, sebelum bedug maghrib bertalu pertanda silahkan ayo berbuka puasa, kita harus kuat gitu ya menahannya sebelum-sebelumnya. Di siang hari kita jangan sampai tergoda oleh es cincau dan mie ayam dan lain-lain dan lain-lain.

2. Siapin doa-doa untuk dipanjatkan di bulan ramadhan

Kata ustadz pengajian ibu-ibu di masjid samping rumah saya, bahwa bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, di mana setiap amal soleh itu dilipat gandakan. Dan di bulan ramadhan itu ada satu malam yang disebut sebagai malam seribu bulan, di mana setiap doa suka dikabulkan gitu ya. Jadi penting banget untuk rajin-rajin memanjatkan doa di bulan ramadhan.

Contohnya buat yang masih jomblo, di saat teman-teman sebaya sudah pada kawin, boleh-boleh aja minta jodoh di bulan ramadhan, nah kalau yang ini, apabila kamu masih ragu ya mendingan kamu tanya sendiri dong sama ustadz terdekat. Kamu harus bergaul sama ustadz dong ya, biar kamu berada di jalan yang benar. Iya kan?

3. Siapin busana untuk sholat taraweh

Sah-sah aja apabila di dalam rangka kamu menyambut bulan ramadhan mempersiapkan busana untuk sholat taraweh, membeli sarung baru gitu ya, atau bagi cewek mungkin mukena baru kali ya, atau sajadah, dan perangkat untuk sholat taraweh lainnya, namun dengan catatan kamu mampu membelinya atau dengan kata lain nggak jadi kepaksa gitu, apabila merasa kepaksa ya mendingan jangan ya mendingan pake busana yang lama aja.

Dengan adanya persiapan di dalam rangka nyiapin busana untuk sholat taraweh ini, dengan begitu, akan terlihat niat kamu ya yang ingin menghidupkan suasana di bulan ramadhan, tentunya dengan nyiapin busana untuk sholat taraweh itu artinya kamu niat kan ya untuk menunaikan sholat taraweh. Iya kan?

4. Siapin buku-buku bernuansakan agama dan juga kitab suci Al-Quran

Bulan ramadhan ini bagusnya kamu jadikan sebagai momentum untuk kamu belajar agama dengan baik dan benar juga tekun. Nah, di situlah kemudian berperan buku-buku bernuansakan agama dan kitab suci Al-Quran menjadi berperan.

Jadi membaca buku bernuansakan agama dan membaca kitab suci Al-Quran bisa kamu jadikan sebagai semacam ngabuburit gitu ya, dan coba deh tanya sama ustadz, bahwa laku lampah demikian masuknya kepada amal soleh gitu deh, nanti pahalanya jadi berlipat-lipat, insyaAllah ya.

5. Sambutlah bulan ramadhan dengan happy

Pokoknya inget aja deh, kalau sesudah bulan ramadhan sukses dilalui, maka entar hari lebaran, mudah-mudahan dapat amplop yang banyak sehingga bisa kebeli gadget baru dan atau yang lainnya hehehe.

Baiklah, jamaah hey jamaah yang budiman, kiranya itu mungkin ya yang bisa disampaikan mengenai Tips Menyambut Bulan Ramadhan dari Orang yang Bukan Ustadz. Sehingga kamu semua jangan anggap serius apabila menemukan kesalahan-kesalahan yang disampaikan di atas, namun apabila menemukan kebenaran-kebenaran yang disampaikan di atas demikian semata-mata datangnya dari Allah SWT. "Wassalamulaikum wr. wb.. Semoga kita dipertemukan dengan bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah, amin, dan tentunya semoga kuat ya menjalani ibadah puasa tersebut., amin ya Rob."

Saranghaeyo.. Gomawoyo.. :D

Comments
20 Comments

20 komentar

Nice share mas. Jadi nggak sabar bulan puasa. Itu Bung Towel siapa ya, hehehe...

Emang sih semua persiapan di atas perlu banget, tapi yang penting niatnya ya.

Dah gitu aja...

cucok betul beberapa tips diatas dalam rangka menyambut bulan Ramadhan yang bentar lagai tiba,,,,pokoknya rajin dan perbanyak ibadah ya mas...

Mungkin yang memberikan tips ini adalah Song Hye Kyo ya mas ? haha tapi boleh juga sih tipsnya di terapkan kan beberapa hari lagi kita akan menghadapi bulan ramadhan :)

yang penting sebelum bulan puasa jangan lupa munggahan dulu

selamat siang kang diar, lama tidak berjumpa dan maaf sekali saya baru bisa mengunjungi kediaman blog kang diar ini.

Bukan tanpa alasan, kemarin saya habis ada perbaikan jadi sedikit ga keburu blogwalking
binder singh itu si kepala plontos ya kang kalo ga salah,hehe

kalo menyambut bulan ramadhan jadi inget ngabuburit, kalo ngabuburitnya sambil pacaran sama istri baatal ga yah kang?
witwiww saya udah punya istri dan anak :D

Jangan sia-siakan bulan Ramadan, isi dengan ibadah yang banyak selagi sempat, kalau saya terikat dengan jam kerja jadi blm bisa maksimal ibadah Ramadabnya...

bulan ramadhan bulan penuh ampunan,,maka bertaubatlah dengan sesungguh sungguh nya...perbanayklah membaca al quran...

menyambut bulan ramdan hati pun terasa senag dan bahagia ya kang :D marhaban ya ramdan

Jamaah hey jamaah (slogan ustad Maulana)
Tips menyambut Ramadhannya bagus semua Mas

Iya betul mas hendra, yang penting niat, dan niat ini, bisa masuk ke poin mental ya hehehehehehehe :D

Iya betul mas trik...

CoooCoookkkkk dehhhh... hehehehe :D

Bukan dari Song Hye Kong, tapi dari kekasih yang sangat dicintai oleh Song Hye Kyo, yakin Kang Diar hahahahahahahaha :D

Boleh kan ya Kang tips nya hehehehehehehe :D

Yup, betul Mbak Dewi, mungguhan dulu... hehehehehehe :D

Selamat pagi Kang Hendri, bisa OL pagi nih... Iya kemana aja Kang Hendri,,, kangeeeeennnnnnnn hehehehehehehehehe :D

Batal nggak tuh ya, tapi sepengatahuan saya, mendingan walaupun sama istri, mendingan gairah-gairah yang panas ditahan dulu dong Kang Hendri sampai bedug maghrib, wkwkwkwkwkwkwkwkwkw hehehehehe

Witwiw.... :D

Iya betul Kang, jangan disia-siakan...

Semoga ibadah puasanya entar lancar-lancar aja Kang, amin, hehehehehe :D

Ya betul Kang, Marhaban ya Ramadhan... :D

Iya betul slogan Pak Ustadz Maulana, sengaja nggak dikasih tau soalnya udah populer, jadi pasti udah tau....

Bagus ya Mbak Shinta, sip deh kalo gitu ya... hehehehehehehe :D

bahaya jugaa ya kang kalo udah ngomongin gairah-gairah gitu nanti saya bisa bataal dong puasanya :D

barang siapa yang bahagia datangnya bulan ramadhan sungguh sangat besar pahalanya. semoga amal ibadah kita selama bulan ramadan diterima oleh ALlah ya.. amin..


EmoticonEmoticon