Tuesday, May 31, 2016

Tips Berbuka Puasa Biar Sholat Maghrib Nggak Kekenyangan

Tips Berbuka Puasa
Tips Berbuka Puasa Biar Sholat Maghrib Nggak Kekenyangan ini disampaikan di sini karena dulu saat bulan puasa saya pernah ngalamin hal kayak gitu, dan ini buat menyambut kedatangan bulan ramadhan yang sebentar lagi akan datang.

Akan selalu tampak kebahagiaan bagi orang-orang yang sedang berpuasa ketika tiba waktunya berbuka. Paling tidak itulah yang menimpa saya ketika saya sedang menunaikan ibadah puasa. Ketika saya mendengar adzan maghrib mendadak bikin saya jadi sumringah, tidak lama kemudian saya pun minum segelas air putih untuk membatalkan puasa, tidak lama kemudian saya pun kemudian bersiap untuk makan bagaikan sudah nggak tahan lagi ingin segera makan, padahal kalau yang lain misalnya almarhum ayah saya suka makan dulu yang manis-manis seperti kolak.

Terus saya makan bagai sepuas-puasnya gitu deh ya, bagai balas dendam gitu deh karena dari tadi kan belum makan-makan, lagi pula makanannya enak-enak lo ya kesukaan saya semua tuh ya pokoknya, sehingga saya pun jadinya kekenyangan, alhasil saya pun jadinya nggak kuat berdiri untuk menunaikan sholat maghrib, soalnya kan tadi saya belum sholat maghrib gitu lo.

"Ah tunggu bentar lagi sholat maghribnya.. Tunggu perut rada enakan," seru saya dalam hati sambil goleran di kasur akibat kekenyangan sesudah tadi berbuka puasa.

Karena pada saat bulan puasa itu, iman suka rada menebal gitu ya, sehingga bikin saya jadi merasa sedih ketika tiba-tiba saya mendengar suara adzan isya di masjid samping rumah saya, itu artinya tadi saya nggak menunaikan sholat maghrib, waduh, ampun ampun.

Nah, supaya kejadian yang saya alami tidak terjadi pada kamu kamu di bulan puasa entar, maka di sini saya kepingin berbagi mengenai Tips Berbuka Puasa Biar Sholat Maghrib Nggak Kekenyangan. Ini dia, cekidot:

1. Bagusnya kamu menunggu berbuka di masjid aja mendingan

Kalau di tempat saya, di masjid samping rumah saya, kalau di bulan ramadhan, kalau menjelang maghrib, suka ada gitu ya yang namanya tajil, makanan-makanan seperti: kolak pisang, bala-bala, gehu, dan lain-lain dan lain-lain. Dan makanan-makanan itu adalah gratis ya, dikasih sama warga yang mau sedekah, warga yang bagai tau kalau memberi makan sama yang berpuasa, pahalanya itu sama dengan yang berpuasa itu, Subhanalloh ya jamaah ya. Dan saya pun curiga, di masjid dekat rumah kamu pun begitu kalau di bulan ramadhan itu. Iya kan?

Nah, maka dari itu, ada bagusnya tuh ya kamu menunggu berbuka di masjid aja mendingan. Jadi setengah jam mau bedug maghrib, ada baiknya kamu berada di masjid, eh ini buat cowok ya, kalau cewek mendingan di dapur aja wkwkwk bantu-bantu nyiapin makanan buat buka gitu deh dan inget hati-hati jangan kelupaan nyoba-nyoba masakan entar batal dong kecuali bilamana kamu sedang dilanda haid kan ya. Jadi entar, buat yang cowok, batalin puasanya di masjid aja, terus sholat maghrib dulu berjamaah, sehingga nanti sholat maghribnya nggak kekenyangan soalnya kan kamu malu juga jika makan kolaknya banyak-banyak, bakalan dilihatin orang lain tuh kan ya, malu dong sama ketua DKM kalo makan kolaknya banyak-banyak hehe.

Kapan lagi kan dong bro ya, elo-elo berlama-lama di masjid, ini momentum bro. So, bagusnya kamu menunggu berbuka di masjid aja mendingan. Entar, biar nggak kerasa nunggunya, boleh-boleh aja kamu ajak ngobrol Pak RT atau Ketua DKM tentang bola misalkan, tapi kalau ngobrol-ngobrol urusan keduniaan mendingan ngobrolnya di teras masjid aja jangan di dalam. Okey bro.

2. Mendingan jangan makan nasi dulu, tapi makan dulu tajil

Ini hampir mirip dengan poin satu pada dasarnya, namun bedanya, ini dilakukan apabila menunggunya di rumah. Dan menunggu berbuka jenis ini adalah kebanyakan. Iya kan?

Jadi saat tiba waktu berbuka. Setelah ngebatalin dengan minum segelas air putih, mendingan kamu jangan langsung makan nasi, melainkan mendingan makan kolak aja dulu dan lain-lain yang sejenis. Nah, terus setelah selesei makan kolak semangkok, kamu pun jangan terus makan nasi dulu, melainkan sholat maghrib aja dulu mendingan. Sehingga, insyaAllah ya, saat berbuka puasa jadi nggak bikin sholat maghrib kekenyangan. Iya kan?

Baiklah, jamaah hey jamaah yang dimuliakan oleh Allah SWT. Kiranya itulah yang bisa disampaikan mengenai Tips Berbuka Puasa Biar Sholat Maghrib Nggak Kekenyangan. Terima kasih atas perhatiannnya. "Bulan puasa yang lalu telah berlalu, jangan galau dulu karena bulan puasa akan kembali menghampirimu.. Wassalam."

Saranghaeyo.. Gomawoyo.. :D

Insert foto: entar berbuka, jangan lupa berdoa dulu, hayoo hafal nggak doanya? :D

Comments
8 Comments

8 komentar

saya mah sudah biasa langsung makan berat kalau buka, suka lemes kayak cumi-cumi kalau nggak langsung makan, hihih

Iya mas mending nunggu buka puasa nya di mesjid biar bisa nyuruh ustadz untuk cepet2 adzan :D
Kalau istilah kekenyangan menurut bahasa sunda tuh Kameurkaan mas :D hhaa
Di bulan puasa tahun ini saya akan coba tips dari kang diar yaitu berbuka puasa nya minum air putih sama makan tajil dulu :)

makasih tips nya sangat berguna nih

Hahaha... Tips nomor satu gue bangad. Apalagi kalau udah kena tanggal tua, takjil di masjid jadi incaran utama.

Hehehehehehe... :D

Waaah sama dong ya... wkwkwkwkwkw hehe :D

Hahahaha, iya namanya kamerkaan kang effendi, hehehehehe,,, :D

Iya boleh dicoba tipsnya Kang Effendi, tapi bagusnya Kang Effendi entar tanya-tanya lagi sama yang ngerti, sama ustadz gitu ya... hehehehehehe :D

Sama-sama kanggg.. Siiippppp... :D

Hehehehehehehe... :D

Waaahhhh mas Timur ternyata suka gitu ya, hehehehehehehehehehehehehe :D lanjutkan!!! :D


EmoticonEmoticon