Saturday, April 2, 2016

Tips Rajin Baca Buku Bagai di Serial Drama Turki

Tips Rajin Baca Buku
Rajin membaca buku tentunya adalah kegiatan yang positif, termasuk sebuah perilaku yang layak untuk mendapatkan keplokan. Sudah banyak yang bilang lo ya, bahwa dengan rajin membaca buku maka kita akan menjadi sosok yang terpuji. Sudah banyak yang bilang lo ya, bahwa dengan rajin membaca buku kita akan jadi bertambah wawasan. Dan sebagainya. Dan sebagainya. Yang positif-positif pokoknya. Oleh karena itu, saya jadi tertarik nih ya untuk membahas tips rajin baca buku di sini di my blog ini, yang coba akan saya kemas jadi bagaikan di Serial Drama Turki.

Karena mau dibikin kayak Serial Drama Turki maka mesti ada tokoh utamanya dong ya. Tokoh utamanya sebut saja namanya Volkan Diar. Setuju aja deh ya biar cepet.

Ceritanya Volkan Diar ini seorang anak SMA yang berprestasi di sekolahannya. Padahal sekolahannya itu adalah sebuah sekolah yang punya reputasi yang bagus di Istanbul, sehingga dengan begitu Volkan Diar bukanlah siswa yang sembarangan. Guru-gurunya banyak yang bilang kalau Volkan Diar suatu saat nanti bisa saja menjadi Menteri atau Presiden, karena nilai-nilai akademisinya bagus-bagus, ditunjang ia pun suka aktif acungkan tangan apabila sedang terjadi diskusi di dalam kelas.

Sebenarnya, karakter Volkan Diar di dalam kelas adalah kalem ya. Jadi pada saat Guru di depan kelas bertanya, dan tiba-tiba Volkan Diar acungkan tangan terus berhasil menjawab pertanyaan itu dengan benar, maka bisa dikatakan Volkan Diar ini jadinya sosok yang diam-diam menghanyutkan. Berbeda dengan kebanyakan teman-teman sekelasnya, kalau di kelas sedang nggak ada guru, kalau yang lain pada ribut mondar mandir ke sana kemari, tapi Volkan Diar diam saja di bangku yang didudukinya sambil baca buku. Untuk itulah, masuk akal, jika kemudian Volkan Diar seperti selalu jadi juara kelas setiap tahunnya.

Karena sering menjadi juara kelas, jadi bikin tertarik sebuah blog terkenal di Turki untuk meliput Volkan Diar ini. Jadi blog terkenal di Turki itu ingin bincang-bincang dengan Volkan Diar. Nah, perbincangan itu sampailah pada topik tips baca buku. Nah, sekarang kayaknya udah bisa saya sambungkan dengan judul nih ya. Inilah Tips Rajin Baca Buku Bagai di Serial Drama Turki:

1. Sebaiknya tau dulu mengenai manfaat dari membaca buku

"Sebaiknya tau dulu mengenai manfaat dari membaca buku.." tutur Volkan Diar saat ditanya mengenai tips baca buku oleh Admin dari Blog Terkenal di Turki itu.

"..Aku baca dari Kompas di internet, kalau artis cantik Indonesia Luna Maya pernah ngomong gini: Dengan membaca buku kemana-mana kita nggak kosong; Dengan membaca buku kita akan nyambung dengan orang, Dengan membaca buku kita akan selalu bisa adaptasi dengan baik; Dengan membaca buku kita juga akan diterima oleh orang banyak, komunitas, maupun kalangan; Dengan membaca buku saat kita sudah jadi kakek nenek, itu akan selalu ada pengetahuan itu," terang Volkan Diar sambil mengutip mamfaat membaca menurut artis Cantik Indonesia Luna Maya yang ia baca di internet, berita dari Kompas, biar terkesan intelek gitu deh ya.

Masuk akal ya. Apabila kepingin rajin baca buku, maka sebaiknya tau dulu mengenai manfaat dari membaca buku. Sehingga, demikian bisa dijadikan sebagai alat picu untuk kemudian mulai gemar membaca buku. Tanpa pengetahuan tentang manfaat membaca buku, maka wajar apabila jadi males malesan baca buku. Iya kan?

2. Bisa dimulai dengan membaca buku yang isinya sesuai dengan minat

Penjelasan Volkan Diar mengenai poin ini. Maksudnya begini. Jika minat kamu adalah main bola, tentu kamu bakalan terdorong untuk tahu lebih lanjut mengenai dunia bola, misalnya tentang sejarah masuknya sepakbola ke tanah Turki, atau siapa pemain bola Turki yang paling kesohor sepanjang sepuluh tahun ke belakang, dan lain-lain dan lain-lain. Nah, mulai dari situ, kamu cari-cari informasi itu, tentunya informasi tersebut akan kamu dapatkan dengan membaca kan ya. Dari sana, akan jadi semacam benih terhadap minat baca kamu ke depannya. Bisa jadi entar ada buku yang judulnya begini: Perbedaan Liga Inggris dan Liga Italia Secara Mendalam. Pasti kamu bakalan terdorong untuk membaca buku tersebut. Iya kan?

Dan contoh lainnya. Dan contoh lainnya. Intinya poin ini ketangkep kan ya maksudnya. Kalau nggak ketangkep itu tandanya kamu tipe orang yang nggak rajin baca buku, iya kan? Wkwkwk.

3. Bisa dimulai dengan membaca buku yang ringan-ringan

"..Berita di internet itu pun ngasih tau ini: bahwa artis cantik Indonesia Luna Maya ngasih saran biar jadi rajin baca buku dengan cara memulai dengan membaca buku yang ringan-ringan, misalkan yang ada gambarnya.. Gitu."

4. Punya tempat khusus untuk membaca buku

"Kalau aku punya tempat khusus buat baca buku.." lanjut Volkan Diar masih berkenaan dengan tips rajin baca buku. "..Di kamarku ada semacam sofa buat aku baca buku.. Sehingga nanti kalau bukunya bikin ngantuk, jadi aku bisa tidur di sana."

5. Punya idola penulis buku

"Kalau aku punya idola penulis buku, tepatnya penulis novel.. Aku paling suka novel-novel karya novelis terkenal Indonesia Ayu Utami.. Jadi aku rajin baca novel karya Ayu Utami.. Sehingga bisa menghibur hati juga soalnya aku kan udah ngefans sama Mbak Ayu Utami."

"O gitu ya."

"Iya, gitu."

"Baiklah kalau gitu, makasih ya Volkan Diar atas bincang-bincangnya," tutup Admin Blog Terkenal Turki itu.

"Sama-sama."

Sip ya. Itulah Tips Rajin Baca Buku Bagai di Serial Drama Turki. Semoga bermanfaat aja deh.

Terima kasih udah mau nyimak dan semoga sukses selalu! :)

Insert foto: itu ceritanya berita Volkan Diar yang terbit di blog terkenal Turki hehe.. :)

Comments
23 Comments

23 komentar

Baca buku emm seperti diu serial drama ya kang, memang kalo saya sering baca ketika suasana lagi suntuk nah, cari buku buku yang menginspirasi kang biar mantep :D

Dengan banyak membaca buku setidaknya bisa menambah wawasan. ada pepatah kuno yang sampai saat ini masih di pakai oleh banyak orang, bunyi pepatahnya seperti ini "buku adalah jendelanya dunia" karena dengan membaca kita tau segalanya tentang dunia tanpa kita harus berada ditempat tersebut.

itu point pertama, point selanjutnya adalah dengan membiasakan diri banyak membaca ilmu pengetahuan jadi bertambah. bukankah buku atau bacaan yg kita baca termasuk juga guru?

Sebenarnya banyak cara dalam menumbuhkan minat baca salah satunya yg disebutkan diatas "mulailah dengan membaca yg ringan-ringan dulu"

kalau soal penulis favorit, setiap orang pasti punya idola termasuk saya...Andre Hirata dan Alm Bastian Tito :)

Iya bisa juga tuh kang, buku-buku yang inspiratif, soalnya jadi bikin jiwa termotivasi, sehingga terasa menyenangkan,,, siiiipppp :)

Iya betul Kang Sonny, bukankah buku atau bacaan termasuk juga guru? hehehehe Siiiipppp :)

Saya juga suka karya Andrea Hirata, dan Alm Bastian Tito yang legend dengan Wiro Sablengnya... Siiipppp :) Curiga punya banyak serial Wiro Sableng nih ya Kang Sonny ini hehehehehehe :) Mushlihat Cinta Iblis punya nggak? :)

saya mau nonton drama turki dulu supaya rajin membaca buku :)

Membaca buku itu banyak sekali manfaat ya kang bisa menambah wawasan dan juga bisa menghilangkan rasa stress juga. Serial drama saya belum pernah membacanya, nanti saya mau coba, terima kasih ya infonya nice :)

idola saya ada di blog ini dong makanya saya suka baca nih komedi romantis kang diar dong, memang ya dari membaca buku itu banyak banget manfaatnya, pengetahuan yang paling pentingnya kang, akang suka buku apa?

Kalau saya sih mas tidak begitu menyukai baca buku apalagi kalau suasana hati saya lagi gak menentu tapi kalau yang saya sukai nonton video sih (video beranttem dan penuh adegan berbahaya gitu yang menantang untuk mencobanya sendiri).
Ahi hi hi.

hahahaha, saya ikutan mas hendry teuh :D

kok bagai drama turky sih mas....apa g ada drama dari nergeri lain ....ha...ha... oky mas...banyak manfaatnya lho rajin membaca selain nambah pengetahuan membaca juga cara pintar untuk pintar

Saya gx ketangkep kang, maklum lah saya lebih suka jadi gelandang tengah dariapada jadi penjaga gawang :)

dengan membaca setidaknya bisa lebih menambah wawasan, toh gx rugi juga ya Kang, apalagi bagi seorang blogger membaca itu sepertinya hal yang sangat penting, karena dengan rajin membaca kita juga bisa membuat tulisan, yaaa meskipun sama temanya dengan yang dibaca. :)

Okey sama-sama mas.. siiippp hehe :)

Witwiw makasih Kang Hendri dan Kang Cara bimbingan hehehehehehehehehehe :)

Saya suka buku-buku yang beraromakan sejarah.. hehehehehehe :)

jadi suka film action dong ya.. :)

Diganti jadi drama kroasia juga nggak apa-apa mas, wkwkwkw, tapi nama tokohnya jadi ganti jadi diar mandzukic wkwkwkw hehehehe :)

Hahaha, kalo nggak ketangkep berarti kesenggol nggak kang awan, soalnya kan jadi gelandang tengah wkwkwkw hehehehe

Yup betul Kang Awan, dengan rajin membaca seiring sejalan akan timbul hasrat untuk menulis,,,, siiipppp :)

Beruntung deh orang yang emang demen baca sejak kecil. Saya sih ga serajin itu. Sekarang memang suka membaca, tetapi dulu nggak begini. Bisa sampai jadi manusia yang gemar membaca ini, tahapannya lumayan panjang.

Sok tua yah, komentarnya. Hahaha.

Enggak sok tua komentarnya lulu, tapi so sweat deh hehehehehehehehehe :)

saya lagi sukanya buku komik nih kang :D

Kalau masalah buku Wiro Sableng sekarang sudah punya lagi kang..sudah hilang semua dipinjam orang tapi tak kembali...tapi aja..semua sudah saya posting di blog saya mulai dari episode pertama sampai yg terakhir...hehe

koq so sweat emangnya Lulu abis lari2 yah?

Haha, iya salah ketik tuh ya, maksudnya ini kali: so sweet... :)


EmoticonEmoticon