Friday, April 8, 2016

Debut Mainin AS Roma di PES 2013 dan Merayakan Ulang Tahun

Formasi AS Roma 4-2-3-1
Karir saya main PS bermula saat saya masih SMP. Kecintaan saya pada dunia main PS bisa dibilang ada pengorbanan juga. Saya masih ingat, dulu itu saya sengaja nggak jajan mie ayam saat istirahat soalnya duitnya buat entar pulang sekolah buat main PS. Buat main winning eleven bersama teman.

Saya lupa lagi dulu harga sewa main PS sejamnya berapa, tapi saya masih ingat kalau buat bayar sewa sejamnya saya suka patungan sama teman saya. Tapi terkadang juga suka iseng mendingan mainnya yang kalah bayar, buat seru-seruan aja bukan bermaksud kepingin jadi penjudi profesional. Istilahnya di sini 'lehyar' nu eleh bayar: yang kalah bayar. Biar tegang. Tapi keseringannya bayar patungan biar jadi bisa belajar mengenai gotong royong dan tolong menolong juga kan ya.

Saat SMA. Saya masih ingat waktu itu kelas 2. Saya punya ide buat ngadain ajang kompetisi PS Winning Eleven antar kelas. Tapi karena susah cari sponsor buat mendanainya jadinya saya cuman kepikiran untuk ngajak bertarung anak-anak kelas 2-6 saja, saya sendiri anak kelas 2-3. Bukannya apa-apa soalnya di kelas 2-6 ada cewek yang saya taksir, Bunga itu lho, masih ingat nggak, cek aja kalau mau tau di Labels ini: Cinta Saat SMA.

Kebetulan, di kelas saya, ada teman yang akrab banget dengan anak-anak kelas 2-6 sehingga ajang kompetisi PS Winning Eleven antara kelas 2-3 melawan kelas 2-6 dapat terwujud sepulang sekolah dengan catatan mesti ada penonton, anak-anak cewek juga mesti ikutan jadi penonton. Lokasi pertarungan mengambil tempat di Rental PS dekat rumah Ketua Kelas anak 2-6, biar entar sehabis bertarung bisa terus makan-makan di rumahnya Ketua Kelas anak 2-6 itu. Jadinya seru kan ya sekalian silaturahmi juga.

Di kampung halaman saya juga ada Rental PS, dan saya juga suka sering tuh ya kedapatan sedang main PS di sana saban sore hari pulang-pulang adzan maghrib. Nah, tentu waktu terus bergulir dong ya, demikian pula dengan perkembangan PS, ada PS 1 terus ada PS 2, dan terus saat saya kuliah saya punya komputer, saat masa-masa menganggur saya suka main PES di komputer bersama teman-teman yang sama-sama masih menganggur.

Jadi saat menganggur saya mainnya di rumah saja, soalnya kan jarang punya duit kalau masih nganggur itu, karena saya orangnya baik saya suka ajak teman-teman saya buat main PES di kamar saya. Sampai sekarang saya masih tetap suka sama PES 2013, meskipun sudah ada PES 2014, PES 2015, dan terbaru PES 2016. Tapi PES 2013 itu suka saya update dong ya sehingga bisa menampilkan fitur yang kekinian, para pemainnya yang saat ini.

Nah, sepanjang saya bermain PS baik itu Winning Eleven maupun PES, yang suka saya mainin cuman dua, yaitu: Juventus dan Italia. Kesini-kesini emang saya udah jarang-jarang ya main PES, tapi bukan berarti udah bosen melainkan karena sibuk aja kali ya, soalnya kan saya udah beranjak dewasa sehingga untuk hal-hal yang main-main rada-rada kudu dikurangi juga.

Nah, karena kemarin-kemarin saya sudah mendeklarasikan diri bahwa sekarang saya suka AS Roma pada Ko Bil Lee, sehingga bikin saya jadi semangat lagi untuk menyentuh permainan PES ini. Saya kepikiran untuk melakukan debut pertama di dalam rangka saya mainin AS Roma di PES 2013. Saya latihan dulu dong ya, biar debut saya memuaskan. Rencananya saya akan melakukan debut lawan Ko Bil Lee nanti pas saya ulang tahun.

Secara tim, tentu AS Roma dan Juventus berbeda ya, sehingga saya butuh pengenalan yang mendalam untuk AS Roma ini, seperti pengenalan mengenai kelebihan dan kekurangan para pemain AS Roma di PES 2013.

Update PES 2013 yang saya pergunakan adalah updetan saat tahun pertama Max Allegri melatih Juventus, namun para pemainnya yang terbaru soalnya sudah saya edit secara manual, saya pindah-pindahin gitu ya, sehingga pemain AS Roma terbaru di bursa transfer Januari lalu udah ada, Diego Perotti udah ada, El Shaarawy udah ada, Rudiger udah ada, dan yang lain juga udah ada dan yang lain juga udah ada.

Menurut saya, selain skill olah joystick, di PES 2013, skema atau formasi juga amat berpengaruh lo ya. Jadi anak kecil yang nggak ngerti taktik jangan harap jadi jagoan. Biasanya kan kalau anak kecil, saat main game, suka jagoan tuh ya, tapi ada pengecualian untuk main PES 2013, kalau main Naruto atau Teken bolehlah jagoan tapi tidak untuk PES 2013 soalnya dibutuhkan pemikiran yang dewasa. Iya kan?

Makanya kemarin- kemarin, ada waktu disengaja di mana saya nggak memikirkan untuk bikin konten blog ini, soalnya waktunya saya pergunakan untuk memikirkan taktik yang tepat untuk AS Roma, sekalian refreshing juga gitu ya dari aktifitas ngeblog. Biar entar saat debut melawan Ko Bil Lee, saya bisa sukses gitu ya membantai Ko Bil Lee, dan itu pastinya bakalan menjadi kado yang indah buat merayakan hari ulang tahun saya. Iya kan?

Saya coba dulu dengan skema permainan bawaan formasi Roma, berarti itu masih taktiknya Rudi Garcia. Saya coba uji tanding lawan Real Madrid, lawan komputer. Saya cukup kewalahan dengan formasi Roma yang ini, saya bingung bagaimana meredam pergerakan Cristiano Ronaldo yang suka tiba-tiba nendang dari jarak jauh, saya juga bingung bagaimana caranya melakukan counter attack yang langsung menusuk ke jantung pertahanan lawan, saya juga bingung bagaimana caranya memainkan possesion football untuk taktik ini, sehingga saya pikir formasi ini nggak sesuai ya dengan gaya permainan saya.

Saya coba taktiknya 3-5-2 Juventus, di mana taktik ini sudah saya kuasai ya, akan tetapi saya jadi kurang bisa mengoptimalkan peran dari Mohamed Salah dan Diego Perotti. Justru, di dunia nyata, kontribusi Mohamed Salah dan Diego Perotti sangatlah besar, sehingga saya merasakan adanya ketidakrealistisan, dan itu tidak menyenangkan bagi saya. Pola yang cocok untuk skuad AS Roma, dengan mengacu pada kelebihan dan kekurangan para pemainnya, maka formasi ini sebenarnya yang cocok: 4-2-3-1 atau 4-3-3.

Saya cari-cari formasi 4-2-3-1 dan 4-3-3 yang ada di PES itu. Saya udah coba formasi 4-2-3-1 Besiktas berarti itu masih taktiknya Slaven Bilic. Saya juga udah coba formasi 4-2-3-1 Mourinho. 4-2-3-1 Jurgen Klopp. 4-3-3 Roberto Donadoni. 4-3-3 Eusibio Di Francesco. 4-3-3 Paulo Sousa. Sampailah saya penasaran sama formasi AC Milan, berarti itu masih taktiknya 4-2-3-1 Filippo Inzaghi.

Saya heran gitu ya, saat saya coba uji tanding melawan AC Milan, tapi kok terasa lebih susah gitu ya ketimbang melawan Real Madrid atau Barcelona. Sebenarnya saya nggak kepikiran taktik AC Milan, soalnya Filippo Inzaghi di dunia nyata gagal waktu membesut AC Milan. Tapi setelah saya selidik formasi Inzaghi di PES, ternyata ada yang aneh lo ya, di mana penempatan pemain sayap kanan itu jadi posisinya ada di sebelah kiri, sementara pemain sayap kiri jadi posisinya ada di sebelah kanan. Tambah menarik, ketika saya coba ganti posisi RMP jadi LMP tapi itu nggak bisa lo ya, jadi pilihannya ada dua dirubah jadi AMF atau CMF, itu artinya secara manual taktik ini tidak bisa dirubah secara sembarangan, ini jadinya unik kan ya, nggak akan ada pemain PES 2013 yang bisa meniru taktik Inzaghi ini. Dan ini menarik ya, sehingga saya pun terdorong untuk mencoba formasi Inzaghi itu untuk saya aplikasikan di skuad AS Roma.

Dan ternyata saya merasakan adanya kecocokan lo ya. Dengan taktik 4-2-3-1 Inzaghi. Saya jadi bisa memainkan possesion football. Skema penyerangan yang saya gencarkan pun berbahaya lo ya dan tersusun secara cantik. Ada variasi serangan yang indah di antara trio ini: Mohamed Salah, Diego Perotti, dan Stephan El Shaarawy. Apabila mau main umpan lambung dari sayap maka Edin Dzeko selalu siap menyanbut bola dengan tandukan yang mematikan. Sip ya. Udah ketemu nih formasinya. Rencananya saya akan pake formasi 4-2-3-1 Inzaghi untuk AS Roma guna melakukan debut lawan Ko Bil Lee, sekalian merayakan ulang tahun saya.

Udah dulu ya. Hari ini. Tanggal 8 April. Saya ulang tahun lo ya. Saya mau ngajak Ko Bil Lee tarung main PES 2013 untuk merayakannya. Dan semoga ada yang mau ngucapin selamat ulang tahun sama saya di sini syukur-syukur ada yang ngado, amiiinnn. Hehe.

"Roma.. Roma.. Roma.."

Terima kasih udah mau nyimak dan semoga sukses selalu! :)

Insert foto: itu formasi Inzaghi AC Milan yang saya aplikasikan untuk formasi AS Roma, coba perhatikan kursor, Salah jadi posisinya ada di kiri dan El Shaarawy ada di kanan padahal posisinya untuk Salah RMF dan untuk El Shaarawy LMF.. :)

Comments
14 Comments

14 komentar

Mending pake formasi 8 1 1 kang
Biar kayak chelsea lawan barca
Hahaha
Sejem itu kalo g salah 3ribu kang
Kalo goceng dapat 2 jam kang

wahhh..!!! mantep, sama denga saya mas, kemarin 4 tahun kebelakang mainan ps 2 saya ada dua namun karena saya butuh doit untuk nambah ram, akhirnya saya jual, kapan lagi saya bisa beli ps2., mantep gamenya.

kenapa aku nggak suka bola yah! Kenapa coba gan!

formasi memang sangat di perlukan dalam permainan, membuat formasi harus sesuai dengan cara kita main, iya kan mas? saya enggak jago main pesnya wkwk

Punya bakat jadi pelatih nih, semoga saja PSSI membacanya sehingga akang bisa direkrut menjadi tukang sapu lapangan :)
Aku juga masih suka dengan PES 2013, terasa lebih mudah. Dan sulit untuk beradaptasi dengan game baru.

wah mantap teuh kang diar, kalo maslaah ps sampai sekarang nih hobi syaa juga, biasanya mainnya di pc kang ps2013 juga nantang nya adikku juga yg masih kelas smp coba, pande teuh dia kalah mulu saya :D

4231 itu mah kaya hitungan mundur atuh, awas nanti malah ada yang meledak di hitungan 1 nya :D
Hadeuh aya nu ulangtahun eummmm
sip lah semoga nikmat sehat selalu tercurah untuk Kita semua, khususnya untuk kang Diar :)

met ultah ya om, sorry telat sehari :D

saya gak pernah main PES nih. huhuhuhu

Kok yang ngucapin selamat ulang tahun cuman Kang Awan dan Kang Tukangcolong aja ya, hehehehehehehehe :)

Terima kasih teman-teman atas kunjungan dan komentarnya... Siiiiippppppp.... :)

Hanjiiiiiiir aku jarang main PES nih wkwkwk :D terakhir juga minggu kemarin, itu aja disela-sela jeda kuliah, lawan temen dan kalah -_- wkwkwk

Selamaat ulang tahun ya :)

Waduh saya sudah lama tidak main PS pegang setiknya aja saya lupa, apalagi mainnya .. xixixi HBD kang diar maaf saya telat ngucapin, soalnya saya sibuk banget xixixixi

Saya ga terlalu suka main PS bola kang...soalnya kalah terus...haha

mendingan main PS yg tembak-tembakan :D

Selamat merayakan hari jadinya ya kang semoga panjang umur dan diberikan kesehatan selalu.

Ngomong ngomong jago ga nih mainnya.


EmoticonEmoticon