Wednesday, March 2, 2016

Cerita Betapa Senangnya Hatiku: Alhamdulillah Diterima Google Adsense

Diterima Google Adsense
Apakah kamu pernah jatuh cinta? Bagaimanakah perasaanmu ketika kamu sedang jatuh cinta terus doi nerima cinta kamu? Cinta kamu tidak bertepuk sebelah tangan melainkan bertepuk tangan hore. Nah, itulah yang saya rasakan pada saat my blog ini diterima Google Adsense. Terima kasih Tim Google Adsense. Semoga hubungan kita langgeng ke depannya, dalam keadaan yang selalu bahagia. Amin. Sekali lagi, terima kasih atas kepercayaannya.

Di kesempatan kali ini, saya tidak ingin menyajikan cerita fiksi, tapi ini adalah cerita yang beneran lo ya. Saya sudah cubit pipi saya, dan rasanya sakit. Saya sudah tepuk jidat saya yang mencrang, dan rasanya sakit. Itu artinya saya tidak sedang bermimpi. Alhamdulillah diterima Google Adsense. Gomapta Tim Google Adsense, sungguh gomawo. Saranghaeyo. Aku cinta kamu, sungguh aku cinta kamu. Ai lap yu full.

Blog saya ini berdiri pada tanggal 24 Juni 2015, saya masih ingat saat itu lagi bulan puasa, sesudah pulang sholat taraweh saya minta dibikinkan blog sama saudara sepupu saya yang namanya sebut saja Ko Bil Lee. Dan sebelumnya saya punya informasi bahwa konon kabarnya blog bisa menghasilkan uang, informasi dari teman saya yang sudah terbukti bisa menghasilkan uang dari blog sehingga saya jadi percaya. Sehingga, dalam rangka mau mulai terjun ngeblog itu, tersimpan dalam hati saya sebuah harapan akan bisa menghasilkan uang dari blog suatu saat nanti, salah satunya dengan menjadi publisher google adsense. Sehingga ngeblog pun jadi fighting.

Sudah tiga bulan ngeblog, tadinya saya mau mencoba mendaftarkan blog saya ini, akan tetapi ternyata tombol mendaftar adsense belum bisa diklik, itu artinya blog saya ini belum bisa didaftarkan ke google adsense pada saat itu. Di situ dijelaskan bahwa apabila kepingin daftar adsense, maka salah satu syaratnya adalah blog mesti berumur setidaknya 6 bulan, soalnya saya pakai yang gratisan alias memakai blogspot ya, kalau pakai domain TLD denger denger udah bisa daftar tiga bulan juga. Dan walaupun begitu, saya tetap semangat ngeblog, buktinya saya terus posting kan ya.

Alhamdulillah pada tanggal 26 Januari 2016, itu artinya blog saya udah berumur 7 bulan, tombol mendaftar adsense di blogger sudah bisa diklik, itu artinya blog saya ini udah bisa daftar adsense, dua hari kemudian yaitu pada tanggal 28 Januari 2016 saya coba mendaftar adsense. Tentu saja harapan saya begitu besar blog saya ini bisa diterima oleh Google Adsense, soalnya harapan saya suatu saat nanti bisa menghasilkan uang dari blog peluangnya bisa terbuka gitu ya. Kalau entar saya bisa menghasilkan uang dari blog, setidaknya entar idul fitri saya jadi bisa berbangga diri dong sama kerabat. "Kumpul kumpul..." Ceritanya mau bagi-bagi duit tuh ya, wkwkwk.

Saya lolos tahap pertama, tandanya iklannya masih kosong, tetap tenang kalau iklan masih kosong, itu artinya saya harus menunggu tahap review kedua. Dan tahap review kedua ini harus ada kesabaran ya, soalnya saya mesti menunggu sekitar 20 hari-an, yaitu pada tanggal 28 Februari 2016 saya mendapatkan balesan melalui email: waduh ternyata blog saya ditolak tuh ya. Saya sedih dong. Dan saya baca alasan penolakannya, yang intinya bunyinya begini: pada saat ini situs tidak sesuai dengan kebijakan google atau mematuhi pedoman mutu webmaster.

Nah, saya pelajari dong ya, saya klik link yang menuju kebijakan program google adsense, waduh saya baru tau tuh ya, informasi tersebut. Setelah membaca kebijakan program google adsense, saya kok merasa kok memang bener tuh ya bahwa blog saya pada saat itu belum masuk kriteria kebijakan program google adsense. Saya curiga jangan-jangan di blog saya ada konten yang nggak aman untuk keluarga, baik itu berupa kata-kata maupun berupa gambar. Saya curiga sama gambar Al Pacino yang lagi udud, dan gambar aktor India yang lagi udud, soalnya di dalam kebijakan google adsense tercantum tidak boleh ada konten yang ada hubungannya dengan bab merokok. Dan curiga sama konten yang lain yang rada-rada dewasa gitu deh. Sehingga, tidak ada pilihan lain dong ya, saya pun jadi hapus konten-konten yang tidak sesuai dengan kebijakan google adsense. Konten di blog saya harus aman untuk keluarga.

Begitu pula dengan yang menyangkut pedoman mutu webmaster, saya baca juga. Saya curiga jangan-jangan gara-gara ada internal link di dalam konten saya tuh ya. Terus saya curiga sama link yang ada di komentar, takutnya ada yang berkomentar dengan mencantumkan link ke situs yang tidak sesuai dengan kebijakan google. Sehingga, apa boleh buat, saya coba hapus internal link, dan juga menghapus beberapa komentar yang ada di blog saya, tentu saya mohon maaf kepada komentar yang sudah saya hapus, dan ternyata memang ada komentar yang linknya itu menjurus ke situs yang tidak sesuai dengan kebijakan google, tapi kalau teman-teman blogger saya yang berkomentar yang menaruh link menuju blog mereka ini aman ya soalnya blog teman-teman blogger saya situsnya aman untuk keluarga, hehehe. Sehingga, saya menjadi sibuk banget tuh ya, mesti cek satu per satu gitu lo. Yang ini hapus. Yang ini hapus. Yang ini ganti gambarnya. Yang ini ganti gambarnya.

Terus saya juga ganti template, template simple bawaan blogger, karena denger denger template juga berpegaruh tuh ya. Oh iya, sebelumnya blog saya udah ada kolom ini: Tentang Saya, Privacy Police, Disclaimer, Kontak Saya. Dan ada widget ini: Google Plus yang ada foto saya pake kacamata hitam yang gaya itu lo hehe, Popular Post, dan Labels.

Okey, sudah dilakukan perbaikan, dua hari kemudian entah seminggu kemudian, karena nggak sabar gitu ya, saya coba daftarkan lagi, daftar ulang gitu deh. Nah, kalau daftar ulang nunggunya nggak lama tuh ya, sekitar tiga hari udah ada jawaban. Waduh, ternyata ditolak lagi dengan alasan yang sama, yakni pada saat ini situs tidak sesuai kebijakan program google atau mematuhi pedoman mutu webmaster.

Nah, kalau kegagalan kedua ini bikin mood ngeblog saya jadi melemah banget tuh ya. Soalnya saya curiga jangan-jangan konten saya tidak sesuai dengan kebijakan program adsense. Bukannya apa-apa. Serius konten saya bikinan sendiri ya bukan hasil copy paste, karena saya sangat menghargai karya orang lain, akan tetapi kalau bab gambar di postingan saya ambilnya dari kolom pencarian google dengan mencantumkan sumbernya, nah denger-denger kalau mau daftar adsense gambar juga harus asli jepretan sendiri bukan dari search engine karena itu bisa termasuk ke dalam pelanggaran hak cipta. Waduh. Saya jadi bingung tuh ya. Bukannya apa-apa, soalnya konsep blog saya, menyangkut gambar adalah orang-orang terkenal ya contohnya artis gitu ya, jadi saya mesti moto foto artis sendiri dong ya, saya mesti pergi ke Turki atau ke Korea Selatan dong ya soalnya konten blog saya ada hubungannya dengan artis di Drama Turki dan di Drama Korea. Waduh. Saya bingung beneran. Saya hampir putus asa.

Dalam bingung saya coba deh ganti warna template, warnanya dibikin kayak warna kostum AS Roma padahal saya seorang juventini, bukannya apa-apa saya berharap akan kejayaan Roma di masa Romawi Kuno hehe. Terus oh iya kolom navigasi perlu ditambahin kayaknya: pasang TOS, terus Recent Post, terus Blog Arsip. Udah ada perbaikan tuh ya. Dua hari kemudian. Saya coba daftarkan adsense lagi. Nah, kali ini semangat ngeblog saya udah menurun drastis ya. Soalnya ide menulis pun jadi buyar ya, inspirasi menulis bagai menghilang gitu deh, menulis pun jadi bagai nggak happy lagi. Saya pasrah aja deh. Mendadak saya jadi inget Tuhan lo ya, saya jadi berdoa sama Tuhan. "Ya Allah, semoga daftar adsense hamba diterima oleh tim google adsense, amin." Dan saya punya niat yang tulus ya, boleh percaya boleh enggak, kalau saya ingin mendedikasikan diri saya di dunia blogger ini. Kalau blog saya ada iklan adsensenya kan gaya tuh ya, sehingga saya pasti akan semangat ngeblognya, tapi kalau enggak ada ya mendingan saya nggak akan terlalu fokus ngeblog soalnya nggak semangat bahkan bisa jadi saya akan menghilang dari jagat maya hehe.

Alhamdulillah ya. Saya jadi spechless nih ya. Pokoknya terima kasih Tuhan. Terima kasih Google Adsense. Terima kasih sama semuanya deh ya. Di saat saya hampir putus asa, dua hari atau tiga hari kemudian, eh ternyata Alhamdulillah akhirnya blog saya diterima jadi publisher google adsense. Sekali lagi terima kasih tim google adsense, semoga blog saya ini nggak mengecewakan. Alhamdulillah saya semangat lagi ngeblog nih ya. Fighting!

Sebelum ngucapin terima kasih karena udah mau nyimak, saya coba ringkas intinya nih ya: umur blog sudah 7 bulan kemudian saya daftarkan adsense terus ditolak; saya perbaiki seminggu kemudian saya daftarkan ulang ditolak lagi; saya perbaiki sehari kemudian saya daftarkan ulang dan tidak lupa berdoa kepada Tuhan.. Bravo AKHIRNYA DITERIMA GOOGLE ADSENSE. Sip ya. Eh iya, ada catatan yang entah penting entah tidak nih ya, waktu diterima adsense, anehnya saya nggak sambil posting konten bagai menghindar dari ngeblog lo ya soalnya emang beneran udah nggak semangat ngeblog. Terus pas buka blog saya sekitar dua hari dari daftar adsense yang pasrah itu, eng ing eng.. surprise gitu lo, ada iklannya lo ya blog saya. Saya pun kemudian cek email, SELAMAT! 

Terima kasih udah mau nyimak dan semoga sukses selalu! :)

Insert foto: itu saya kepikiran digituin lo ya untuk gambar postingan sebelum tau kabar mengenai diterima adsense ini.. :)

Comments
27 Comments

27 komentar

Hadeuhh jadi pengen cepet" bulan april, kali aja ada yang nraktir :D
Sepertinya As roma memang jaya ditahun ini ya kang,heu syukur deh kalau udah keterima mah, saya juga ikut bahagia kang :)

Asik kang diterima google adsense
Wah traktirannya ini mah sambil traktiran blog yg pertama
Ga apa2 kang masih 4 bulan lagi
Diduluin aja

ya mudah-mudahan bulan April bisa PO kang Awan, hehehehe,,, tapi denger2 awal-awal katanya susah PO kang Awan, harus sabar aja kalau ada rezekinya kan rezeki nggak akan lari kemana, tapi harus kita kejar, hehehehe,,,, siiipppp makasih kang awan, jadi kita sama-sama senang nih ya,,, hehehehe :)

asik dong sob,,, maksudnya yang 4 bulan itu blognya kang niki baru umurnya 4 bulanan,,, kalo gitu iya saya duluin nih sob, wkwkwkwkw,,, hehehehe, soto babat enak kayaknya sob, hehehehehe,,, tapi sob tadi saya berkunjung ke blognya Niki, kontennya jangan pendek sob kalo mau daftar adsense, konten yang 29 Februari singkat banget tuh, minimal di atas 400 kata, atau cari aman 500 kata ke atas, atau bagusnya 600 kata ke atas, 2000 kata cocok tuh, wkwkwkwkwkwkw... hehehehe :)

waah syukur mas tak doain banyak yang klik iklanya....

tapi jangan lupa doain saya juga ya....

selamat mas diar, saya ikut nunggu PO nya yah... :)
jangan lupa traktir
siap menunggu dengan sabar, sambil membaca cerita2 berikutnya

harus ucapkan selamat kalo begitu saya ya. selamat mas.
kapan nih sukurannya. numpeng

wah selamat yah kang diar sarang heo, gimna sekarang udah semangat lagi menjalani aktivitas?cucian banyak tuh kang diar yah :D

oh asik ya udah diterima adsense, punyaku udah lama belum ketrima juga hahah, emang gak niat daftarin sih saya, pengunjungnya aja masih sedikit punya saya, apalagi saya jarang update, gak kayak kak diar yang selalu update satupossatu hari, selamt lah bro

Ya Kang saya juga ikut senang kang, semoga saja kalau kang diar mah PO nya mudah :)

Amiinnn.. yang kliknya sah.. amiiinnn hehehe :)

siap mas hehehehe tapi nggak janji wkwkwkwkw :)

Iya siap mas wong hehehehe menunggulah dengan sabar... hehehe makasih :)

harus dong mas rozak, mas rozak ini mang aduls ya? hehehe... kalo numpeng mending tunggu aja PO biar ada uangnya buat numpeng wkwkwkwkwkwkwkw hehehehe :)

Iya saranghaeyo kang Hendri, hehehe,,, semangat dong,,, iya banyak cucian kang Hendri euy hehehehehe :)

Okey Muhai makasih... harus punya niat dulu dong Muhai, cari-cari kabar mengenai Google Adsense misal tips diterima google adsense,,, terus dicoba daftar Muhai, biar tambah seru ngeblognya, ada bagusnya baca dulu KEBIJAKAN PROGRAM GOOGLE ADSENSE, ada infonya cari aja di search engine.. Semangat Muhai... hehehehehehehe :)

Sob doain blog gw juga, gw belum approve udah 14 kali ditolak dengan alasan sama kayak Admin, dan sekarang ke 15 kalinya semoga yang ke 15 kali gw di approve. padahal blog saya tentang kesehatan aja kok.

Iya semoga cepet keterima sob... Amiiinnnn :)

Hemm... Mantap nih buat pelajar blogger yang lain, selain soal hak cipta, tata bahasa dalam penulisan juga penting.

Oke, selamat sudah di terima adsense, semoga bisa segera PO, terus bagi-bagi deh sama saya.

Hemm... Mantap nih buat pelajar blogger yang lain, selain soal hak cipta, tata bahasa dalam penulisan juga penting.

Oke, selamat sudah di terima adsense, semoga bisa segera PO, terus bagi-bagi deh sama saya.

Amiin, makasih mas... :)

Hehehehehe :)

Amiin, makasih mas... :)

Hehehehehe :)

Kisah anda dalam meraih Full Approve,,,peerlu diacungi jempol,,selamat yach.Ohy Anda mengkisahkan cerita anda dengan gaya bahasa yang mengalir, sehingga saya enak sekali dalam membacanya.SELAMAT


EmoticonEmoticon