Sunday, October 4, 2015

Beberapa Alasan Minjem Duit ke Teman yang Patut Direnungkan

Sumber gambar: cinereview.forumcommunity.net
Saya masih inget betul ya kalau saya pernah minjem duit sama teman, soalnya perkara hutang ini bukan perkara main-main ya bagi saya, yah ini kali ya nasib punya kamar deket masjid sehingga tiap-tiap ada pengajian ibu-ibu suka kedengaran dengan jelas serta rebek ya itu ustadz ngomong apa, nah ustadz pernah membahas seputar utang piutang terdengar nyaring di speaker masjid yang rebek, saya masih inget betul ini: Si Fulan tertahan masuk surga gara-gara masih punya utang lo.

Gaswat kan tuh ya, walaupun utangnya cuman seratus perak, tetap aja gak boleh masuk surga ya. Sehingga, itulah alasannya ya kenapa perkara utang ini bukan perkara main-main bagi saya, soalnya urusannya kelak di akhirat nanti ya. Saya ingin masuk surga dong ya.

Sesungguhnya kalau gak penting-penting bingit saya gak mau ya minjem duit sama teman, tapi saat itu penting bingit ya, coba dibayangin aja ya, dulu ya pada saat sedang musim batu akik di kantor tempat saya bekerja, uang gaji saya langsung ludes lo saya beliin batu akik yang sesuai dengan zodiak saya. Yah saat itu saya rada khilaf kali ya, saya gak kuasa menahan diri ketika Sulaeman membujuk saya untuk membeli batu akik yang sesuai dengan zodiak saya yang dibawanya itu yang harganya sebulan gaji saya. Alhasil, untuk hidup saya sehari-hari ya saya terpaksa mesti minjem duit dong ya sama teman, inget lo dulu kan pada saat ngantor saya ngekos ya bukan tinggal di rumah orang tua.

Nah, karena saya punya sedikit pengalaman mengenai minjem duit sama teman, sehingga saya tertarik nih buat mengulas topik ini di sini. Mungkin gak akan seseru nonton film komedi atau seasyik membaca novel komedi kali ya, tapi gak apa dong ya saya membahas perkara minjem duit sama teman ini di sini. Setuju ya.

Supaya lebih fokus ulasannya, saya sesuaikan dengan judul aja ya: beberapa alasan minjem duit ke teman yang patut direnungkan. Akan tetapi selain saya yang menjadi aktor utama dalam ulasan kali ini, pun ada beberapa pemeran pembantunya ya yang sama-sama pernah ngalamin minjem duit sama temen. Sip ya.

Inilah beberapa alasan minjem duit ke teman yang patut direnungkan:

1. Uang gaji udah ludes

Saya menyarankan untuk mendingan jujur saja alasan kamu mau minjem duit itu karena apa, sebab saya pun dulu begitu ya. Saya jujur saja ya sama teman kalau saya mau minjem duit gara-gara uang gaji saya udah ludes sebab dibeliin batu akik.

"Bro, bisa kasbon dulu gak, uang gaji bulan depan dibayar dulu setengahnya, gimana?" Itu saya sedang dalam rangka pinjem duit sama Bos saya. Dan ia tahu kalau uang gaji saya ludes akibat dibeliin batu akik, karena sebelumnya saya ngomong itu ya.

"Kalo lu belum kaya kayak gue, mendingan lu jangan dulu bergaya dulu deh Bro, gak usah beli batu akik yang mahal dulu deh, yang murah meriah aja dulu," jawab Bos saya. Itu ia sedang nyindir saya tapinya becanda ya.

"Iya, gue khilaf Bro, sekhilaf Bro ngajak Nova karokean," ini juga saya sebenarnya becanda ya.

"Okey deh Bro, lu bisa kasbon dulu."

Tuh kan berhasil ya. Itu karena kejujuran saya lo, bukan karena saya menyinggung Nova ya hehe.

2. Buat beli susu anak

Nah, kalau poin ini mungkin sudah ada yang tahu kali ya, iya ini tentang Sulaeman ya yang minjem duit sama saya. Ini kejadiannya sebelum Sulaeman membawa batu akik yang sesuai zodiak saya ya, sehingga saat itu walau masih rame batu akik tapi saya belum tergiur untuk beli batu akik sama Sulaeman sehingga dompet saya masih tebal ya saat itu.

3. Buat beli token listrik

Ini juga mungkin sudah ada yang tahu ya kejadiannya. Jadi gak usah saya perjelas lagi aja deh ya untuk menghemat waktu.

4. Belum gajian

Yaa, ini alasan umum orang minjem duit sama temen kayaknya ya.

5. Ini silahkan dipikirkan kira-kira apa ya, soalnya ini bisa bikin temen-temen kreatif lo, saya sarankan cari aja di internet ya kalau masih bingung


Kembali ke perkara minjem duit yang kata ustadz ya, nah saking pentingnya perkara utang ini bagi saya, saya serius ya sampai kepikiran untuk nempelin daftar orang-orang yang apabila saya minjem duit sama dia maka saya akan tempelkan fotonya di kamar saya, ditempelin di kertas gabus misalnya, soalnya biar inget terus ya, bahaya kan kalau sampai lupa bayar utang ya, tarohannya surga lo.

Sip ya. Segitu aja ya. Semoga bermanfaat ya.

Terima kasih udah mau nyimak dan semoga sukses selalu ya! :)

Insert foto: aktor Italia yang sedang main di film Italia kayaknya ya.. :)

Comments
16 Comments

16 komentar

Alhamdulillah enggak pernah minjem temen mas :D
kalau minjem ke ortu aja, ntar kalau pas mau dibalikin ortu paling bilang "udah enggak usah" wkwkwkwk :D

hutang gak dibayar tetep di tagih juga di akhirat kata pak ustad sih. emang ada duit ya di akhirat??? bukan pake duit tapi pake pahala yang sudah kita kumpulin waktu di dunia. itu kata pak kyai

iya dah nanti di cari di internet alasan klasik buat ngutang.

Yang jelas hutang harus tetap dibayar.

Kalo pinjam uang langsung jarang sih, yang agak sering titip makan terus ntar kalo pesenan dateng baru di bayar..

Biasanya temen minjam alasannya buat spp atau bayar Kosan mendadak Kesian dengernya...

paling banyak belum gajian atao habis gajihnya.
kalo ga ortu sakit

alasan macam apa nih Tokem Listrik :D

Memang betul mas, hutang itu akan selalu ditagih sekalipun kelak di persidangan akhirat.

Bahkan dalam satu hadits disebutkan amal seseorang dapat ludes atau habis dikarenakan membayar untuk melunasi hutangnya.

Sampai sekarang masih banyak teman saya yang belum bayar. Entah mereka melalaikannya atau karena lupa. Yang jelas kita harus memilih siapa yang patut dipinjamkan dan sebaiknya juga kita tak meminjam karena boleh jadi kita takut ga bisa mengembalikannya.

Mudah-mudahan keberkahan selalu ada di dalam hidup kita, aamiin

@Eksa: hahaha, iya siap mas, iya mendingan pinjem ke ortu aja ya, hehehe :)

@Mbak Ifrod: Iya kayaknya enak tuh ya Mas eksa... hehe :)

Iya setuju Mbak apa kata pa ustadz dan pa kyai, iya ya di akhirat ada duit gak ya ?? hehehe :)

Iya dong utang harus dibayar biar nanti gak terhalang masuk surga, hehehe :)

Iya kesian ya kalo temen pinjem duit apalagi kalo buat spp atau bayar kosan,,, hehehehehehehehehehe :)

Iya paling banyak kayak gitu ya alasannya.. :)

Ini fiktif mas Irwin, jadi bebas ya, hahahahaha :)

Amin Kang,,, Iya kalo punya utang harus bayar ya Kang, soalnya urusannya kebawa sampai akhirat ya... :)

Nah itu jadi gak tega, yah meskipun minjeminnya gak sebanyak uang spp atau Kosan sih..


EmoticonEmoticon