Tuesday, September 8, 2015

Seperti Sitkom Kejar Tayang: Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Sumber gambar: blog.libero.it
Tips Menghadapi Wawancara Kerja ini disinggung oleh saya di sini sebab dulu waktu saya ngantor, saya ditunjuk langsung oleh Bos saya untuk menjadi pewawancara pada saat kantor kami sedang mengadakan rekrutmen untuk posisi Penulis Artikel dan Posting. Dan saya tidak sendirian yang menjadi pihak pewawancara, melainkan bersama Senior.

Yang keterima cuman satu ya, dan yang melamar ternyata ada lima orang, empat orang laki-laki dan satu orang perempuan. Karena ini untuk menempati posisi penulis artikel dan posting maka selain seleksi wawancara pun nanti akan diadakan seleksi menulis artikel minimal 500 kata.

Untuk lolos wawancara kerja di kantor kami, paling tidak inilah Tips Menghadapi Wawancara Kerja di kantor kami, sesungguhnya ini tips dari Senior saya ya di mana bukan dari hasil perenungan Senior sendiri melainkan hasil penelusuran dari berbagai sumber di kolom pencarian google, ini dia:

1. Paling tidak kenali posisi yang akan ditempati

Nah, maksudnya di sini adalah posisinya itu apa yang sedang dibutuhkan oleh kantor atau perusahaan. Nah, kalau di kantor kami, berarti posisi yang sedang dibutuhkan adalah penulis artikel dan posting. Ada baiknya paling tidak kenali dulu ya posisi penulis artikel dan posting itu gimana tupoksinya, ya informasi tersebut bisa kamu cari di internet, soalnya sekarang zaman udah maju ya.

Wawasan mengenai posisi yang akan ditempati ini penting dimiliki untuk mengantisipasi pertanyaan dari pihak pewawancara yang berkaitan dengan posisi yang sedang dibutuhkan, dan juga sebagai masukan untuk kamu sendiri apakah skill kamu mampu untuk melakoni pekerjaan yang entar bakalan kamu hadapi seandainya jadi keterima.

2. Paling tidak kenali kantor yang akan mewawancarai

Yah seharusnya poin ini menjadi poin yang pertama ya, ah akan tetapi tanggung ya saya kadung menulis poin satunya yang di atas itu, tapi ya sudahlah ya gak apa-apa hal ini jadi poin yang kedua juga.

Wawasan mengenai kantor atau perusahaan yang panggil kamu wawancara ini penting dimiliki untuk mengantisipasi pertanyaan dari pihak pewawancara yang berkaitan dengan profil kantor atau perusahaan.

Nah, karena kebetulan kantor kami bergerak di bidang website, maka tentunya profil kantor kami ada di internet ya. Sehingga ada baiknya calon pelamar yang lima itu sudah tahu setidaknya sedikit saja mengenai kantor kami, sebab saya dan Senior akan bertanya mengenai ini nih. "Apa yang saudara tahu tentang kantor kami ini?"

3. Tentu dong ya mesti berbusana yang sopan dan rapi

Kalau ingin masuk ke dunia kantoran, penting ya memperhatikan penampilan, nah oleh karena itu penting juga memperhatikan busana yang akan dikenakan pada saat akan menghadapi wawancara kerja.

Pakaian yang sopan dan rapi misalnya: mengenakkan kemeja dan celana panjang bagi pria, sementara bagi wanita mengenakkan apa ya kira-kira yah sama kali ya mengenakkan kemeja atau busana kantor untuk wanita seperti apa ya banyak contohnya di internet bisa dilihat aja sendiri ya tapi ingat bila mengenakkan celana rok jangan sampai menggunakan rok mini ya karena itu berbahaya bisa-bisa mengaburkan pandangan yang mewawancara lo kecuali yang mewawancarainya sama-sama wanita.

Okey ya. Mungkin penjelasannya agak menjelimet, tapi semoga mengerti aja ya.

4. Tentu dong ya mesti latihan terlebih dahulu sebelumnya

Tapi hal ini sesungguhnya terserah aja ya mau dilakukan mau enggak, tapi ini menurut hemat saya aja ya. Sebelum wawancara kerja dilangsungkan, ada baiknya latihan dulu lo. Supaya apa coba? Ya supaya terlatih dong ya, jadi pada saat wawancara kerja dilangsungkan, nanti ada kemungkinan gak akan canggung.

Latihan wawancara kerja bisa dilakukan secara sendirian bisa pula dengan minta bantuan teman atau siapa aja yang mau bantu kamu. Kalau gak ada yang mau bantu kamu, ya lakukan sendiri aja dengan berkaca di cermin ngomong sendiri bagaikan orang gila. Sementara materi untuk bahan latihannya bisa kamu cari di internet aja ya, banyak lo contoh pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja yang bertebaran di internet.

5. Apalagi ya?

Yah ada baiknya bilamana kamu serius ingin sukses wawancara kerja, menurut hemat saya ada bagusnya kamu berupaya lebih keras dong ya di dalam rangka mencari informasi mengenai wawancara kerja ini. Cari tahu lebih banyak lagi di internet aja ya.


Okey ya. Sebenarnya, tujuan saya menulis topik ini, sederhana saja ya, saya ingin mengenalkan pegawai baru yang menempati posisi di divisi bagian penulis artikel dan posting, yakni rekan baru saya, yah di antara lima calon pelamar, hanya satu yang keterima dan ia seorang cewek ya sebut saja namanya.. mendingan mana mending Patricia apa Nova? Okey ya mending sebut saja Nova ya. Dan tentu saja Nova adalah nama samaran. Sip ya.

Waduh udah capek-capek saya dan Senior menyeleksi, tapi yang keterima ternyata tetap saja sesuai instruksi dari Bos ya. Sebelum saya dan Senior mengumumkan hasilnya, saya dan Senior dipanggil terlebih dahulu oleh Bos ke ruangannya.

"Kayaknya kantor kita ini lebih membutuhkan karyawati ketimbang karyawan.. Oleh karena itu apapun hasil seleksinya saya minta yang diterima bekerja ya yang namanya Nova saja mendingan.. Gimana?"

"Yah terserah Bos aja ya.." Ini kata saya.

"Tapi kenapa tidak sedari awal persyaratan khusus wanita?" Nah, ini yang ngomong Senior. Kritis. Maklum menyangkut profesionalisme Senior selalu ingin yang terdepan ya, walaupun pernah ketangkap basah tidur mendengkur di jam kantor.

"Yah itu biar gaya aja ya.. Supaya kantor kita ini punya prestise yang bagus di mata para pelamar.."

Okey ya. Saya kok merasa ini seperti sitkom kejar tayang ya. Iya soalnya saya kayak dikejar-kejar kudu posting gitu lo demi blog ini supaya tetap eksis ya.

Nah, itulah Brosis Tips Menghadapi Wawancara Kerja yang sebaiknya dipikirkan kembali bilamana mau mempraktekan apa yang saya sampaikan itu, sebab menurut hemat saya mendingan menuruti website yang punya reputasi yang bagus di dalam dunia karir dan pekerjaan saja ya, soalnya blog ini bukan mengenai seputar dunia karir dan pekerjaan ya. Ini blog yang isinya hanya peristiwa fiktif belaka, termasuk peristiwa yang barusan saya sampaikan di atas.

Terima kasih udah mau nyimak dan sukses selalu ya! :)

Insert foto: Apa iya busana yang dipake model Italia itu busana ngantor ya? Tapi kok ya gitu ya? Tapi ya saya sih seneng-seneng aja ya liatnya hehe.. :)

Comments
27 Comments

27 komentar

Kalau pria yang diwawancarai wanita dengan rok mini, jadi gimana ya Kang.

klo yg diwawancarai sperti cewek diatas, pasti langsung di terima,
atau itu neng nova ya..

Kalau saya pas diwawancara jawabnya mending singkat singkat gan, Soalnya pengalaman dulu jawab panjang malah gak selesai selesai.. Jhahaha

Bermanfaat sekali buat saya yang belum pernah melamar pekerjaan :D

kalo pelamarnya seksi mah pastinya balik dilamar dong yah sama si bos.hehe
ya saya juga ngalamin lamar kerja kesana-kemari capek juga ya mas, jadi pas dapet review usahakan harus maksimal :)

Kenali posisi yang sedang dicari dan dibutuhkan, siapkan mental serta berdoa tentunya hehe...

Dalam prosesi formil seperti wawancara, jawaban singkat dengan jelas rasanya lebih tepat ketimbang panjang lebar yang akhirnya memusingkan ya :D

Yang berbahaya itu hemat saya bukan rok nya kang tapi isinya ya kan? :)
kenapa ya dari awal sampai akhir itu banyak kata ya, apa karena mas anang bilang yes? heu

brarti kudu deket bosnys dulu dong kang kalo begituh. hehehehehe

kalo cewe yang melamar kaya yang di foto langsung deh ane terima tuh tanpa perlu wawancara hahaha :D

satu lagi,,, upayakan ada orang dalem hahahahaha

Tips selanjutnya kenal Mas Diar juga penting lho hehehe

Iya gimana ya Kang? Kok saya gak sampai kepikiran kayak gitu ya.. hehehehehehehehe :) pertanyaan yang bagus kang Jati.. :)

Iya pasti langsung diterima ya mas kalo ceweknya kayak insert foto di atas hehehe.. apa iya ya itu neng nova? hehehehehehehehehehehehehehehehe :)

@Mas Eksa: iya ada baiknya jawabnya singkat, padat, jelas, memuaskan, hehehehehehe :)

@Kang Kips: Yup betul bingit Kang Kips.. :)

Iya Mbak Arum, tapi ada bagusnya cari-cari informasi di tempat lain lagi ya Mbak, kalo serius nanti mau melamar pekerjaan dan berkesempatan dipanggil untuk wawancara kerja.. hehehehehe :)

ada kemungkinan ke depan karyawati baru itu bakalan digoda sama bos lo Kang Hendri, sstttttt Kang, jangan bilang siapa-siapa ya.. hehehehehe :) Waahhh tolong ya Kang Hendri jangan sambil curhat di sini ya mengenai capek ngelamar kerja kesana kemari hehehehehehe becanda Kang... Siiippp :)

Betul Kang, jangan lupa berdoa.. Siippppp :)

Haha iya isinya Kang Awan hahaha iya kenapa ya banyak ya.. soalnya dikejar tayang kang jadi saya lupa menghapus ya yang kebanyakan itu.. hehehehe :)

Kayaknya gitu ya Mangs.. hehehehehehe :)

Hehehehehe.. Iya saya juga akan berpikir seperti itu Chisana.. tunggu sebentar kamu itu cowok ya Chisana? hehehehehehehehe :) Kirain Chisana Sekai nama cewek hehehehehehehehe :) becanda ya Chisana :)

Iya mas irwin upayakan ada orang dalam ya hehehehehehehe :) kata orang dalam, "Wani piro?" hahahahahahaha :)

Oh iya dong Mbak Amri, apalagi ke depan diprediksi nama saya akan terkenal ya hahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha :) Amin hehehehehe :)

Iya, akan aku inget baik baik nasehat kakak Diar.. :-)

saya kira karena mas anang bilang yes :D

heuheu, ya gpp lah kang habis mau curhat ke mamah dedeh suka terlambat, saya bangunnya kesiangan terus mas, kan tayang mamah dedeh pagi banget atuh

Dulu sempet ditunjuk untuk mewawancarai pelamar, yang bikin lucu cukup banyak pesan didapat dari pelamar ketika berpamitan "tolong dipanggil ya pak". Begitu 2 hari kemudian saya malah mendadak mengundurkan diri haha...


EmoticonEmoticon