Wednesday, September 9, 2015

Seperti Sitkom Kejar Tayang: Beberapa Jajanan Enak yang Patut Dicoba Apalagi Kalau Gratisan

Sumber gambar: www.ibnlive.com
Beberapa Jajanan Enak yang Patut Dicoba Apalagi Kalau Gratisan ini saya sampaikan di sini tentunya saya ingin kasih tahu ya mengenai jajanan yang enak yang harganya bisa dibilang murah meriah lo. Dan selain itu memang ada peristiwa yang langka terjadi saat saya ngantor dulu yang berkaitan dengan jajanan yang enak ini.

Dulu saya betah ya bekerja di kantor, selain memang karena ada Asri yang wangi, tapi secara over all orang-orang di sini pada baik-baik ya malahan suka tidak lupa untuk sholat dulu pas jam istirahat. Nah, salah satu kebaikannya itu adalah suka bagi-bagi jajanan untuk dimakan bersama-sama.

Dan mendingan saya sharing dulu ya mengenai jajanan yang biasa dimakan bersama-sama itu apa saja, di mana biasanya yang bayar cuman satu orang tapi yang makannya banyakan. Itu dalam rangka sedekah aja ya. Keseringannya sih Bos saya ya yang bawa jajanan untuk kami makan bersama-sama, namun yang lainnya juga pernah melakukan apa yang dilakukan oleh Bos saya itu, yang lainnya bagai sudah mendapatkan dakwah dari ustadz Yusuf Mansur ya. Ini dia Beberapa Jajanan Enak yang Patut Dicoba Apalagi Kalau Gratisan:

1. Gehu

Gehu kalau saya gak salah itu adalah singkatan dari: toge dan tahu. Jadi gehu ini adalah toge dan tahu yang ada di dalam terigu yang cara masaknya itu digoreng. Saya rasa enak ya gehu ini apalagi saat lagi panas-panas. Makannya sambil ditiup-tiup dulu karena masih panas terus dicocolin ke sambal gowang, wuih mantap pokoknya.

Dan dengan seiring perkembangan zaman, begitu pula dengan gehu ini, dengan kreatifitas dan inovasi yang dimiliki oleh manusia khususnya pedagang gehu, selanjutnya jadi ada yang namanya gehu pedas, sehingga gehu pedas ini gak harus dicocolin ke sambal gowang juga rasanya udah wuih wuenak tenan ya. Ya, silahkan dicoba aja ya gehu. Kalau di Jawa Barat banyak lo yang jualan gehu, harganya juga murah lo, beli sepuluh ribu bisa dapat dua puluh biji jika harga satu bijinya yaitu 500 rupiah, ya kalau harganya seribuan maka dapetnya sepuluh biji ya. Okey ya.

2. Bala-Bala

Bala-bala ini saya gak tahu ya apakah hanya di tanah sunda namanya itu bala-bala ataukah sudah secara nasional, tapi yang pastinya saya tahu menyangkut bala-bala ini adalah: terigu terus isinya itu ada banyak ya ada wortel, ada kol, ah tapi dengan irisan wortel dan irisan kol terus diaduk dengan terigu sudah bisa ya disebut bala-bala, dan cara masaknya digoreng ya.

Sebagaimana gehu, begitupula bala-bala, sehingga sudahlah ya gak usah saya perinci lagi. Okey ya.

3. Cireng

Cireng ini sepanjang pengetahuan saya singkatan dari ini ya, aci digoreng. Terkadang Cireng ini ada yang pake oncom di dalamnya, terkadang juga enggak. Dan khusus saya ya, saya kalau makan cireng lebih suka yang di dalamnya gak ada oncoman, tapi bukan berarti saya gak suka cireng yang ada oncoman ya.

Selebihnya mengenai Cireng ini, penjelasan berikutnya hampir serupa ya dengan Gehu maupun Bala-bala, sehingga penjelasan mengenai Cireng cukup sampai di sini aja ya.

4. Es Buah

Nah, kalau gehu dan bala-bala dan cireng adalah jajanan enak berupa makanan, sementara es buah adalah jajanan yang enak berupa minuman ya. Es buah di sini maksudnya beda dengan juice ya, ini kalau gak salah pembuatannya gak diblender ya, jadi isi es buah itu sebagai berikut: ada irisan alpukat, ada irisan melon, ada irisan anggur, dan lain rupa irisan yang termasuk kepada kategori buah.

Sudah ya segitu saja mengenai ulasan bab es buah. Oh iya lupa, saya suka ngasih buah sama Asri lo, yah sebagai ungkapan terima kasih saya pada Asri karena telah mau dengan sabar jadi mentor saya saat saya baru awal-awal masuk ngantor ya.

5. Es Cincau

Nah, kalau es cincau, termasuk kepada minuman ya sebagaimana es buah. Ini juga enak lo, malahan ini jajanan kesukaan saya dulu waktu di SMA lo.

Okey ya, selebihnya penjelasannya hampir samalah ya dengan es buah, namun yang beda, isinya cuman cincau aja ya yang dicampur es dan cairan yang manis yang mana cairan tersebut saya tidak tahu apa namanya, barangkali cairan itu namanya cairan gula ya dari tanaman tebu, mungkin ya.


Nah lalu inilah maksud saya mengapa sampai mau gitu ya ngasih tahu mengenai jajanan yang enak kepada netizen semua. Dulu saat di kantor, sebelum saya tahu Sobirin ternyata menaruh hati sama Asri dan sebelum kedatangan karyawati baru yang bernama sebut saja Nova, ada peristiwa yang termasuk sial ya yang menerpa Senior saya di kantor.

Akan tetapi sebelum saya kasih tahu mengenai nasib sial yang menerpa Senior, sebelumnya saya ingin ngasih tahu dulu ini: sudah bagai tradisi di kantor ya kalau suka saling nraktir satu sama lain, jadi misalkan Bos saya bawa sebungkus gehu untuk kemudian dimakan rame-rame sambil ngobrol-ngobrol.

"Asri.. itu makan dulu gehu yu.." ajak saya sama Asri ketika tahu Bos saya bawa sebungkus gehu.

"Senior.. Makan dulu gehu yu ah.." saya pun gak lupa mengajak Senior di ruangannya.

Jadilah kemudian kami semua, ngumpul bareng di ruang tamu untuk sama-sama makan gehu. Tentu dong ya, saat sedang makan gehu itu happy aja ya sebab tahu kalau gehu yang dimakan adalah gratis.

Sering ya kejadian kayak gitu. Bukan hanya Bos saya aja yang suka sedekah jajanan enak, tapi juga yang lainnya, termasuk jika ada tamu ya. Biasanya tamu juga suka bawa makanan ke kantor, dan makanan itu dimakan rame-rame.

Nah, suatu ketika datanglah tamu, di mana tamu tersebut adalah kenalannya Sobirin, dan tamu itu membawa jajanan yang baru ya, yakni: tahu isi aci terus ada butiran sambal gowang di dalamnya. Yah sebut saja baso tahu pedas ya, tapi dimakannya kayak gehu atau bala-bala jadi gak pake piring dan bumbu sebagaimana umumnya baso tahu. Baso tahu pedas bawaannya tamunya Sobirin ini rasanya memang mantap abis pokoknya, tapi saya makannya belakangan itu juga cuman kebagian satu.

"Asri.. itu dicoba baso tahu pedasnya.." ajak Sobirin sambil rada malu-malu maklum kan Sobirin naksir Asri ya.

Aneh ya, Sobirin gak nawarin saya lo. Setelah menawari Asri ia kembali ke ruang tamu di mana di situ tersaji baso tahu pedas. Nah, Asri yang ngajak saya, akan tetapi saya tanggung dulu ya, soalnya kerjaan saya udah mau beres nih. Asri sendiri menghampiri Sobirin untuk nanti makan baso tahu pedas.

Gak lama kemudian Asri balik lagi ya, sambil tersenyum ia bilang gini. "Eh, ternyata bayar ya.. Kirain gratis lo."

"Oh bayar ya.." kata saya.

"Iya.."

Waduh kalau bayar, ah jadi saya mendingan konsen dulu aja sama kerjaan ya, tapi saya inget dong ya sama Senior saya. "Asri kasih tahu Senior ada baso tahu pedas.."

"Oh iya.." Asri sambil jalan ke ruangannya Senior untuk kasih tahu ada baso tahu pedas di ruang tamu.

Kalau saya perhatikan, kayaknya Senior udah bangun tidur tuh ya, serta merta terbangun pas Asri kasih tahu ada baso tahu pedas. "Mana baso tahu pedas mana?" Senior tampak semangat sekali walaupun baru bangun tidur lo.

Nah selanjutnya.. Dari meja kerja saya, kelihatan ya Senior tampak begitu girang  ya, ia menyapa dengan santun tamunya Sobirin sambil tidak lupa mencomot baso tahu pedas. Waduh tampaknya Senior suka banget ya sama baso tahu pedasnya, saya perhatikan Senior belum mencapai sepuluh detik sudah nyomot lagi ya baso tahu pedasnya seraya ngobrol sama tamunya Sobirin dan Sobirin yang masih ada di situ. Barangkali apa yang dibicarakan Senior pada tamunya Sobirin adalah tentang manfaat push up ya atau tentang lagu-lagu Indonesia yang enak dinyanyikan atau lagu-lagu barat yang enak didengar atau bisa jadi juga ya ngomongin resep masak telur yang enak. Bisa jadi juga mengenai manfaat nonton film komedi romantis.

Oleh karena itu, saya pun jadi kepingin ikutan ngobrol dulu di sana sambil yah jajan baso tahu pedas.

"Waduh tinggal satu lagi nih.." kata saya rada kecewa.

"Iya Kang tinggal satu lagi.. Habis sama Senior.. Kalo saya itung-itung Senior tadi makannya dua puluh biji ya.. Ayo silahkan Kang satu lagi harganya tiga ribu.."

Mendengar tamunya Sobirin ngomong gitu, tiba-tiba saja Senior keselek ya. Pasti Senior sangka itu baso tahu pedas gratisan ya, padahal bayar ya. Sehingga Senior nyomotnya banyak-banyak, emang dulu juga Senior tuh ya yang suka ngabisin jajanan yang gratisan, nah khusus kejadian ini Senior ibaratnya sedang ketiban sial ya. Dua puluh biji, harganya tiga ribuan, berati harus bayar: enam puluh ribu. Senior jadinya tekor sepuluh ribu ya soalnya ia biasa diberi bekal oleh istrinya lima puluh ribu per hari.

"Yang sepuluh ribu ngutang dulu gak apa-apa?.." Kalau lihat mimik muka Senior, hatinya pasti ngamuk gini: tolong kasih saya topeng, saya malu nih. hehe.

Okey ya. Itulah Beberapa Jajanan Enak yang Patut Dicoba Apalagi Kalau Gratisan. Gimana peristiwanya seperti sitkom kejar tayang gak? Kalau enggak pun gak apa ya. Semoga terhibur aja ya. Dan peristiwa di atas hanya fiktif belaka.

Terima kasih udah mau nyimak dan sukses selalu ya! :)

Insert foto: Amitabh Bachchan itu main di film apa ya? Apakah Zorro India?.. :)

Comments
24 Comments

24 komentar

Nomor satu dan nomor dan dua baru dengar namanya. Masih asing buat saya tuh makanan.

Gehu sama bala bala ??
Kok baru denger ya saya :D
Kyak apa sih mas??

Bala-bala nggak sama ya dengan mbak Bakwan? hehe saya ngiler abis waktu baca paparan si gehu hehehw

hahahahahahah kasiannya senior ini.
ada untngnya telat coba kalo duluan mungin lebih dari 20 tuh

makanan yang di tulis emang kesukaan saya tuh mas

nama_nama makanan itu bergitu sulit dan aneh

saya suka bala-bala. gehu. weah enak bner tuh. plus sambel atau cengek lah

itu seniornya bisa- bisa abis makan langsung muntah endengar kata bayar :D

sudah cireng sama es buah yang saya sadap duluan ini wkkw :D.
gehu toge dan tahu, berarti sama kaya tahu campur gitu ya wkwk

Eta mah makanan sehari-hari si sayah pisan atuh kang heu...

Toge didalam tahu, tapi skrg tahu yang digoreng terbungkus tepung yang isisnya gak ada togenya juga dibilang gehu ya mas haha..

Haha.. makanan saya juga itu mang, kirim-kirim dong kemari :D

Tah, eta si cengek yang bikin mantep ya haha..

hehe, saya juga suka gehu kang, sekarang gehu ada terobosan terbaru loh kang, namanya gehu pedas, rada enakan karna ada irisan cabe rawitnya sih..

Gehu itu tahu isi bukan ya?

Bala bala itu tampak seperti bakwan atau ote ote atau mungkin juga weci yang jelas ote ote dan weci itu sama :-)

Jajanannya semua kesukaaan kami Kang, Mamamia olala, menyantap jajanan selagi lapar menambah nikmat

bala bala? ditempatku nggak ada:3 mungkin ada tapi namanya beda haha

Hahahahahaha ..... No coment just laugh, ( I love You Asri)

masalah kirim-mengirim mah gampang kang.
tp bayar dulu :D

Tagoni juga ada mas, tahu goreng makroni :D

Ternyata si senior lahap juga makannya, cukup tahu aja atuh kitu mah
gx pake toge
bisi jadi gehu :D

Okey ya teman-teman terima kasih banyak udah bikin rame, gak dibalas satu-satu ya gak apa-apa ya, hehehehehe, terima kasih kunjungannya dan komentarnya ya.. yang gak tau gehu dan bala-bala ada lo gambarnya di internet.. Sip ya... Sekali lagi terima kasih banyak.. asli udah jam 1 malem nih ya hehehehehehehehehehehe :)


EmoticonEmoticon