Monday, September 28, 2015

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Saat Tidak Punya Uang Tapi Sedang Butuh Uang

Tags

Sumber gambar: www.vebidoo.de
Beberapa hal yang bisa dilakukan saat tidak punya uang tapi sedang butuh uang ini saya jadikan topik di sini karena saya tertarik ya untuk mengulasnya di sini. Kayaknya bakalan seru ya seseru nonton Persib dan yang menang Persib dong atau nonton Juventus yang menang Juventus atau nonton Qatar City tapi yang menang West Ham United.

Hampir semua orang pernah mengalami tidak punya uang tapi butuh uang, saya yakin itu, tidak terkecuali saya sendiri, akan tetapi topik ini yang menjadi aktor utamanya bukanlah saya ya melainkan teman saya yang sebut saja namanya Sulaeman ya. Sulaeman yang bekerja jadi pegawai lapangan di salah satu perusahaan leasing jadi marketing, dan selain itu ia pun punya usaha sampingan sebagai penjual batu akik keliling.

Perasaan sering ya saya dengar Sulaeman mengeluh tentang. "Duh, gak punya uang, tapi gue lagi butuh uang nih sekarang." Malahan pada saat ia baru seminggu gajian pun suka ya ngeluh kayak gitu, ia beralasan, uang gajinya habis ia serahkan sama istri, ia bisa beli sebatang dua batang rokok dan sebungkus kopi dari ladang jual batu akik keliling, yang uang labanya suka ia sembunyikan dari istrinya. Malang ya bagi para penjual batu akik keliling seperti Sulaeman, sebab saat-saat sekarang ini batu akik sudah gak rame lagi gak kayak dulu yang pernah rame dalam kehidupan ini.

Nah, maka sudah menjadi situasi yang wajar ya bilamana Sulaeman kerap didera kesulitan ekonomi seperti ini: tidak punya uang tapi sedang butuh uang. Wajar lo ya, Sulaeman kan ditambah lagi udah punya anak yang kembar itu lo yang masih butuh asupan susu dan aneka gizi lainnya. Sulaeman kan belum termasuk kepada kategori orang sukses di usia muda secara materi ya lantaran profesinya yang masih seperti itu.

Okey ya, dan apa yang ingin saya beritahukan merupakan langkah upaya daripada Sulaeman ketika mengalami situasi: saat tidak punya uang tapi sedang butuh uang. Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan saat tidak punya uang tapi sedang butuh uang:

1. Minjam

Iyaa, minjam ya. Bila butuh uang tapi gak punya uang maka bisa berupaya dengan ini ya: minjam uang.

Usahakan kalau mau minjam uang mendingan jangan ke lintah darat ya, pinjamlah uang pada orang yang soleh ya yang baik hatinya, pinjamlah uang kepada orang yang mengerti kalau meminjamkan uang itu akan berbuah kebaikan dan gak mengharapkan laba ya niat meminjamkan uang semata-mata untuk nolongin, maka jika kamu ketemu sama orang seperti itu jangan sungkan untuk minjam uang bilamana kamu butuh uang tentunya dengan catatan orang yang baik hatinya sedang punya uang ya. Nah, tidak ada salahnya makanya marilah kita berdoa supaya orang yang soleh yang baik hatinya senantiasa agar punya uang terus ya, amin, dan semoga lintah darat hidupnya melarat ya hehe.

Begitupula dengan Sulaeman ya, kebetulan Sulaeman punya teman yang baik hatinya ya, eh sebentar, saya mau ngasih contohnya waktu Sulaeman pinjam duit sama saya nih ya, tapi dengan begitu otomatis saya akan muji diri sendiri dong ya, menyebut diri saya ini baik hatinya atau soleh ya, ini kan jadi akan terkesan tidak baik ya, bisa-bisa saya dituduh narsis ya, waduh tadi saya salah bikin kalimat pembukanya nih ya untuk poin ini.

Okey ya gini aja deh. Karena contoh orangnya itu saya sendiri sehingga pada intinya saya bukan lintah darat ya dan tapi saya pun gak soleh-soleh amat ya, yah tapi kalau saya punya uang terus ada teman yang mau pinjam uang ya tidak ada salahnya ya saya ngasih pinjaman tanpa bunga lo.

Yah sudah sering ya Sulaeman pinjam duit sama saya, dulu pernah waktu saya jalan pulang bareng sama Asri, pulang ngantor tuh ya saya dicegat Sulaeman dengan kepentingan Sulaeman ingin pinjam uang buat beli susu anaknya yang kembar.

"Bisa pinjam uang seratus ribu gak Bro?" Padahal utang yang dulu belum ia bayar lo.

"Buat apa lagi Bro?"

"Beli token listrik."

2. Minta

Dibanding minjam, minta mungkin ini termasuk hina ya, soalnya kayak anak kecil aja ya minta uang. Yah tapi itulah ya salah satu hal yang bisa dilakukan pada saat tidak punya uang tapi butuh uang.

3. Berdoa

Bener bingit. Jika kamu dalam situasi tidak punya uang tapi butuh uang, mungkin itu teguran dari Tuhan ya supaya kamu segera mendekatinya. Tunggu apalagi. Go a head. Berdoa ya sama Tuhan. Adapun nanti kok sudah berdoa tapinya tetap gak punya uang, silahkan konsultasikan lebih lanjutnya sama ustadz aja ya. Sip ya.


Nah, itulah mungkin ya beberapa hal yang bisa dilakukan saat tidak punya uang tapi sedang butuh uang. Yah semoga uraian di atas bisa menjadi masukan yang berarti aja ya. Sebab saya kok curiga ya, Sulaeman adalah kebanyakan ya di negara ini, sehingga ini akan menjadi sangat bermanfaat dong ya untuk negara ini, yah semoga saja ya, amin, hehe. Okey ya.

Terima kasih udah mau nyimak dan semoga sukses selalu ya! :)

Insert foto: aktor komedi Italia dan barangkali itulah ekspresi Sulaeman saat disuruh beli token listrik sama istrinya padahal lagi gak punya duit ya.. :)

Comments
22 Comments

22 komentar

satu lagi gan, sedekahin uang yang masih tersisa didompet,,,menurut banyak pengalaman sih, itu mancing duit banget hehe

doa paling simple kayaknya, meski entah kapan dikabulnya :)

Kasian pak sulaiman baru gajian udah labil ekonomi... minjem uang tak semudah yang diharapkan, apalagi minta uang.
Kalau kasih pinjam uang ke orang sering, Tapi orang yang minjem, kebanyakan lupa dengan utangnya. kan kampret yah...
Mending berdo'a meminta ditambahkan rezekinya, siapa tau dijalan nanti nemu uang 1 karung... Amin :D

sebagai seorang markiting unline saya juga setuju tuh dengan cara berdoa kang. :)
karena kata pak ustad jua kekuatan kata-kata itu lebih kuat dibanding peluru.

nambah 1 lagi,, USAHA,,, usaha juga ada dua,, usaha minjem uang dan usaha minta uang.... itu aja sih tambahan saya :D

cara paling ampuh untuk memancing uang itu katanya siah dengan berdoa dan bersadaqoh, tinggal seberapa beraninya kita bersadaqoh di saat menghadapi tingkat kesulitan yang paling tiinggi, dan biasanya pertolongan itu akan cepat datang lewat jalan yang tidak di duga-duga Mas. he,,he,, he,,

berdoa meminta kepada tuhan ya kang, saya juga suka berdoa agar dimudahkan rejeki mas, agar selalu diingatkan bahwa uang saya ga semuanya milik saya, tapi ada hak orang lainnya juga :)

Pengen nyobain minjem uang sama orang sholeh yang baik hati, seperti kata Mas Diar di artikel ini, hehehe...

Minjam dan minta sudah merupakan ikhtiar ya kang, selebihnya berdoa. Sip!

Dalam hal ini saya sangat sependapat, Insya Allah tepat :-D

Kalo saya berdoa dan meminta. soalnya profesi saat ini masih mahasiswi jadi belum bisa menghasilkan uang sendiri.

Semoga ortu dan saudara saudara saya banyak uangnya.. hehehe

apalagi nih kalo udah akhir bulan, dilema

manding jadi orang soleh biar didoain disini, biar banyak duit terus tuh.

Hehehe iya Mbak, wah mbak kayaknya muridnya ustadz mansur ya, hehehehehehehehehehehe,,, situasinya ini di dompet gak ada duit yang tersisa, bahkan seratus perak,,, wkwkwkwkwkwkwkwkw, oh iya jual sandal ya, terus hasil penjualannya dimasukin ke kencleng masjid.. :)

Hahahaha iya kampret tuh ya Mas Achmad pinjam duit tapi suka lupa akan utangnya hehehehehehehehehehehehehe :)

Hehehehe yups kata-kata pa ustadz lebih kuat dibanding peluru hehehehehehehehe SAVE SOBIRIN wkwkwkwkwkw :)

heuheu, adzan ua haji juga lebih kuat dibanding peluru kayaknya kang :D

iya, setuju dengan Eksa Studio... usaha jangan lupa, tapi usaha apa dan bagaimana ya...?hihihi


EmoticonEmoticon