Sunday, August 30, 2015

Manfaat Membaca Novel Bagi Kawula Muda

Sumber gambar: www.pinterest.com
Manfaat Membaca Novel Bagi Kawula Muda dulu ya untuk postingan kali ini. Untuk sekedar sharing aja ya. Saya mulai suka membaca novel sejak muda, jadi bukan sejak kecil saya suka membaca novel. Tapi kalau gemar membaca, harus saya akui saya sudah mulai suka membaca sejak SD kelas 4 ya, membaca tabloid anak-anak yang biasa dibawakan ayah sepulang ia ngantor. Selanjutnya terus berkembang ya, bukan hanya tabloid anak-anak yang pernah saya baca melainkan tabloid dewasa juga pernah saya membacanya, namun khusus untuk tabloid yang suka ada gambar aduhainya itu saya bacanya tatkala saya sudah beranjak dewasa di mana saya sudah mulai punya kumis dan juga jenggot.

Okey ya. Kegiatan yang positif tentunya akan berbuah yang bermanfaat, termasuk membaca novel yang notabene termasuk kepada kegiatan yang positif walaupun terkesan seperti pemalas: cuman duduk atau cuman gogoleran dan lain sebagainya. Karena tidak akan enak jika harus baca novel sambil lari-lari. Gimana setuju kan ya dengan analisa saya di atas?

Dulu waktu SMA, saya punya pacar yang gemar membaca novel, ia ngakunya sudah mulai gemar membaca novel sejak masih SMP, sebagai pacarnya dulu saya percaya ya terhadap apa yang menjadi pengakuannya tersebut. Dan seperti kebetulan, pacar saya yang waktu kuliah pun hobinya membaca novel malahan pacar saya yang beda sembilan tahun dengan saya ini pernah ngaku pada saya bahwa ia ingin jadi penulis novel. Okey ya. Jadi ini berdasarkan apa yang saya alami dan rasakan sesuai dengan apa yang pernah terjadi dulu di saat SMA maupun di saat kuliah yang berkaitan dengan membaca novel, sebab tidak bisa dipungkiri pacar saya yang dua itu yang tapinya beda masa itu memberikan pengaruh juga terhadap diri saya yang kemudian jadi hobi membaca novel.

Nah, saya pikir, kegiatan membaca novel itu ada manfaatnya lo. Okey ya gak usah ngomong panjang-panjang lagi mendingan langsung dikasih tahu aja ya inilah Manfaat Membaca Novel Bagi Kawula Muda:

1. Mampu berbicara secara terstruktur terus terbayang

Maksudnya di sini adalah orang yang gemar membaca novel, kalau ngomong atau bicara itu dapat dimengerti ya dalam sekali ngomong. Demikian terbukti pada saat saya sedang ngobrol dengan pacar saya yang beda sembilan tahun, saat ia sedang menerangkan tentang kisah hidupnya yang sudah mandiri sejak SMP, saya kok mendengarnya langsung ngerti ya, malahan berkat ceritanya itu saya kok jadi terbayang ya mengenai peristiwa-peristiwa yang dikemukakan oleh pacar saya itu.

Beda halnya kalau saya sedang ngobrol dengan orang yang gak gemar membaca novel atau yang malahan belum pernah sama sekali baca novel, misalnya dengan Sobirin ya yang bagaimanapun juga saya pernah ngobrol sama Sobirin lo, contohnya saat Sobirin lagi menerangkan tentang bagaimana cara backlink yang alami yang katanya sebagai salah satu dari teknik SEO, sumpah gak ngerti ya apa yang diomongin sama Sobirin itu, gak sekali ngomong langsung terbayang gitu, nah itulah bukti nyata dari kelemahan orang yang gak gemar membaca novel atau yang malahan belum pernah sama sekali baca novel.

2. Mampu berimajinasi

Ini contoh kongkretnya mendingan saya aja ya, soalnya saya juga suka baca novel, dan saya kok merasa berkat saya gemar membaca novel saya jadi mampu berimajinasi ya. Dan mampu berimajinasi, menurut saya, adalah sesuatu yang bermanfaat ya.

Dengan saya mampu berimajinasi saya jadi bisa membayangkan tentang masa depan saya misalnya ya. Pacar saya yang membina hubungan dengan saya yang paling lama yaitu sekitar lima tahunan adalah sebut saja namanya Anya ya, ah anya yang kemudian putus sama saya karena dijodohkan sama orang tuanya itu lo, ah tapi sudahlah ya, kita fokus dulu aja aduh ya, sebelum saya putus sama Anya, saya sempat punya impian mau pinang Anya jadi istri setelah saya sukses jadi penulis novel, ah tapi ternyata naskah novel saya ditolak ya, waduh inget Anya dan inget naskah novel saya yang ditolak kok saya ini jadi terbawa emosi ya, beneran nih saya jadi rada sedih juga nih ya. Oleh karena itu, terserah aja ya, mau percaya mau enggak, bahwa manfaat membaca novel salah satunya adalah mampu berimajinasi. Okey ya.

3. Mampu menghilangkan stress

Serius nih ya, bahwa dengan membaca novel sama derajatnya dengan pergi ke tempat karaoke untuk nyanyi-nyanyi ngalor ngidul yang penting happy ya. Yupz, dengan membaca novel itu bisa menghilangkan stress lo.

Tentu bagi yang sudah gemar membaca novel sebelumnya, maka membaca novel yang belum dibaca sebelumnya akan punya sensasi tersendiri, barangkali sensasinya seperti gak sengaja melihat foto Stephanie Seymour di internet yang lagi liburan di pantai, waduh itu pemandangan yang bikin seneng lo. Nah, membaca novel itu bisa bikin seneng lo apalagi yang dibaca adalah novel yang bergenre komedi. Sehingga dengan rasa seneng itu, apakah stress akan hilang? Iya dong, dan bakalan hilang dengan sendirinya. Mudah-mudahan ya.

4. Mampu menambah wawasan

Membaca novel tak ubahnya membaca buku pada umumnya, yakni mampu menambah wawasan. Okey setuju ya, sehingga saya tidak perlu bahas panjang-panjang lagi mengenai ini ya.

5. Mampu menghasilkan uang jika sudah berhasil jadi penulis novel yang sukses

Okey ya. Kita sepakati bersama aja ya, bahwa kecenderungan orang yang gemar membaca novel, kebanyakannya akan punya mimpi ingin menjadi penulis novel. Ini bagai situasi yang lumrah ya. Selumrah orang yang hobi nyanyi ingin jadi penyanyi. Selumrah orang yang hobi main bola ingin jadi pemain bola seperti Mario Balotelli yang punya mobil mewah berkat main bola.

Nah, maka saya tidak salah dong ya bahwa salah satu manfaat lainnya membaca novel adalah ini: mampu menghasilkan uang jika sudah berhasil jadi penulis novel yang sukses.


Gimana Brosis setuju gak dengan apa yang saya sajikan di atas? Bilamana gak setuju pun gak apa ya, sebab berbeda pendapat itu bagus juga untuk kelangsungan hidup di dunia ini, jadi kita tahu bahwa perbedaan pendapat itu merupakan sesuatu yang wajar, yang penting kita harus saling menghargai pendapat orang lain ya.

Ok Brosis. Segitu aja ya Manfaat Membaca Novel Bagi Kawula Muda yang bisa saya sampaikan. Adapun, bilamana ada peristiwa yang sempat disinggung di atas secara disengaja demi kepentingan artikel ini, maka itu adalah peristiwa fiktif belaka ya, jangan sampai ada yang ngira kalau saya pernah mengirimkan naskah novel ke penerbit dan ditolak hehe.

Ok Brosis. Sukses selalu ya! :)

Insert foto: bagai bingung. "Baca jangan ya?!"

Comments
13 Comments

13 komentar

Sekarang ini kami sudah jarang nulis cerita Roman Picisan Kang.
Bacaan sudah hampir tergeser popularitasnya dengan media elektronik

Yang jelas jadi tambah pengetahuannya dan imajinasinya, tapi jangan sok ya!

Betul itu ya, dgn membaca (tidak hny novel lo ya) bisa menambah wawasan dan imajinasi yg membaca lebih hidup tentunya ya, hehehehe ... Ngemeng2 nie mas diar fans beratnya Mario Baloteli ya ???

Komik dan novel sama sma suka gan,asal gak tubel aja tu novel :D

Yah saya mah baca novel juga cuma liat gambarnya hehehe gak baca isinya

banyak sekali ya manfaat membaca bagi anak muda, sebenarnya saya tipe pembaca yang hanya ingin membaca apa yang ingin saya ketahui atau yang seru dibacanya.kalo saya kurang ingin mengetahuinya saya rada males juga bacanya, kecuali dipaksa atau ditodong, saya mau deh bacanya.heuheu

Memang mas, saya sendiri suka menuliskan cerita, apalagi kalau bikin prosa lebih puitis. Dan novel sampai saat ini sangat laku dipasaran jadinya pasti akan bertambah.

Makasih banget mas udah menebarkan manfaatnya jadi orang makin suka baca buku.

banyak yah manfaat baca novel, tapi saya lebih suka baca komik dari pada novel :D

saya ma setuju lah, apalagi mengenai mampu menghilangkan setres, baca yang humor ma setidaknya ada senyum-senyum manja kitu kang :)

#save sobirin

hahaa saya kalo baca novel, pasti nyari yang ada gambarnya :D. kalo ga ada gambarnya kurang gimana gitu ..

Semua bermula dari membaca, siapa pun pasti suka membaca. "Membaca keadaan" hehehe
Membaca hilagin setres aku setuju.

kalo yang biasa embaca sih membaca novel bisa jadi hilang stressnya. kalo yang g biasa baca akan bilang tulisannya banyak bnerrrrrrrrrr


EmoticonEmoticon